Skip to main content
Menu

Solusi Mengganti Struktur Data Template Blog yang Error

Solusi Mengganti Struktur Data Template Blog yang Error

sayangnya uji coba ganti template ini membuat saya tidak puas karena ada beberapa struktur data template blog yang error

Baca Juga

Beberapa hari ini saya mencoba untuk mengganti template blog lama dengan template baru dengan harapan tampilan blog ini memiliki tampilan yang baru dan berbeda dari tampilan sebelumnya. Namun sayangnya uji coba ganti template ini membuat saya tidak puas karena ada beberapa struktur data template blog yang error, padahal sebelumnya kode struktur data ini sudah fix semua.

Solusi Mengganti Struktur Data Template Blog yang Error

Mengganti template blog ini sebenarnya bukan karena bosen pada template sebelumnya, malah tetap suka dengan template sebelumnya hanya saja pergantian ini ingin menampilkan tampilan blog yang lebih dinamis saja, ternyata terlalu dinamis.

Jika dibandingkan dengan tampilan sebelumnya, tentunya lebih bagus tampilan yang baru ini. Saya sangat suka, totally sangat suka dan kesukaan saya ini tidak akan berubah dengan template ini meskipun ada beberapa struktur kode yang error.

Nah hanya karena adanya masalah ini, akhirnya saya kembali menggganti dan menggunakan template lama karena saya sudah males mau ganti-ganti kode struktur yang error di Google Search Console.

Kenapa Saat Ganti Template Blog Struktur Data Error?

Setiap template memiliki kode struktur yang berbeda, bahkan dengan template dari satu pembuat bisa memiliki struktur data yang error jika sudah dimodifakasi atau dengan pengaturan yang berbeda pada masing-masing dashboard akun blog tersebut.

Kode template blog error atau tidak valid mengacu pada kesalahan atau ketidaksesuaian dalam kode HTML, CSS, JavaScript, atau struktur data lainnya yang digunakan dalam desain dan fungsionalitas template blog.

Perbedaan ini bisa menyebabkan berbagai masalah, termasuk tampilan yang salah, fungsi yang tidak berfungsi, atau masalah pengindeksan oleh mesin pencari seperti Google.

Untuk masalah pengindeksan ini biasanya kesalahan akan diberitahu oleh Google Search Console sehingga pengguna bisa memperbaiki kesalahan-kesalahan tersebut.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu memeriksa dan memperbaiki kesalahan dalam kode template blog Anda. Anda dapat menggunakan alat seperti HTML validator, CSS validator, dan Google's Rich Results Test untuk membantu menemukan dan memperbaiki kesalahan dalam kode Anda. Dan untuk lengkapnya hasil error atau tidak bisa dilihat di Google Search Console.

Segera perbaiki jika ada kesalahan pada struktur data template blog karena dengan memperbaiki kesalahan atau ketidakvalidan ini sangat penting untuk memastikan tampilan dan fungsi blog Anda berjalan dengan baik, dan pengindeksan yang optimal oleh mesin pencari.

Mengganti Struktur Data Template Blog yang Error

Untuk mengganti template atau tema blog dan menemukan banyak kode error atau tidak valid yang disebabkan oleh banyak faktor ini sebenarnya bisa diperbaiki dengan beberapa cara yaitu:

  1. Instal Ulang Template Sebelumnya

    Jika sebelumnya di template yang lama tidak terjadi error dan setelah instal template baru muncul error, maka solusi terbaik adalah menginstal ulang template sebelumnya.

    Pastikan sebelumnya Anda sudalah melakukan backup blog untuk template blog yang lama agar Anda bisa dengan mudah melakukan instal kembali kode template sebelumnya.

  2. Periksa Kode Template Baru

    Sebelum memasang template baru, pastikan untuk memeriksa kode templat tersebut untuk memastikan bahwa kode tersebut valid dan tidak ada kesalahan.

    Periksa kode HTML, CSS, dan JavaScript dari template baru menggunakan validator khusus seperti HTML Validator, CSS Validator, dan JavaScript Validator.

  3. Pemeriksaan Kesesuaian dengan Platform Blog Anda

    Tidak semua template kompatibel dengan semua platform blog. Pastikan template yang Anda pilih kompatibel dengan platform blog Anda. Untuk mengetahui kompatiblenya atau tidak bisa dilihat dari versi blogger yang digunakan pada template tersebut, apakah versi 1 atau 2.

    Baca Juga: Cara Mengetahui Blogger Versi 1 dan Versi 2

  4. Konsultasi dengan Pembuat atau Pengembang Template

    Jika Anda tidak dapat menemukan atau memperbaiki masalah yang terjadi pada blog Anda karena adanya struktur data yang error, Anda bisa menghubungi pembuat atau pengembang template untuk meminta bantuan.

  5. Cari Bantuan Melalui Halaman Pencarian

    Dengan mencari solusi dari masalah struktur data template blog yang Error melalui mesin pencarian akan membuat belajar dari awal, sehingga kedepannya akan memudahkan Anda dalam mengatasi masalah yang sama.

    Akan tetapi dengan mencari sendiri solusi dari masalah ini, Anda akan menemukan berbagai panduan yang mungkin tidak sama dengan masalah yang Anda alami, meskipun sekilas terlihat sama.

Saat mengganti template atau tema blog dan menemukan banyak kode error atau tidak valid memerlukan langkah-langkah pemeriksaan dan perbaikan yang tepat agar struktur data template tetap terjaga dengan baik.

Jika struktur data template tidak valid atau error akan berpengaruh pada blog Anda, khususnya dalam pengindeksan oleh mesin pencarian seperti Google. Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakan template blog yang benar-benar valid atau tidak mengalami banyak error.