Skip to main content
Menu

Cara Mengetahui Blogger Versi 1 dan Versi 2

Cara Mengetahui Blogger Versi 1 dan Versi 2

Dan untuk teman-teman blogger, seperti yang sudah disebutkan diatas, tidak perlu mencari tahu cara mengetahui Blogger versi 1 dan versi 2 dari blog

Baca Juga

Cerita singkatnya, pada awalnya Blogger dikenal dengan istilah "Blogger Classic" dan "Blogger Beta" bukan "versi 1" dan "versi 2" seperti sekarang ini. Kedua versi ini adalah versi utama dari platform blogging Blogger yang dikembangkan oleh Pyra Labs dan kemudian diakuisisi oleh Google pada tahun 2003 dan untuk versi Beta ini sudah tidak ada.

Cara Mengetahui Blogger Versi 1 dan Versi 2

Blogger memang memiliki versi awal yang terkadang disebut sebagai versi 1 dan 2. Namun, sebutan ini tidak resmi dan lebih kepada perbedaan antar versi Blogger di masa awal peluncurannya, tahun 1999 dan tahun 2003.

Dan Saat ini, Google tidak lagi menggunakan sistem penomoran versi untuk Blogger. Fokus mereka adalah update berkala untuk menghadirkan fitur dan perbaikan terbaru.

Blogger Classic (Blogger Versi 1)

Blogger Classic adalah versi asli dari Blogger yang diperkenalkan oleh Pyra Labs. Versi ini memiliki antarmuka sederhana dan fitur dasar blogging. Blogger Classic memiliki banyak keterbatasan dan kurangnya fitur yang memadai dibandingkan dengan platform blogging modern saat ini.

Saat ini, Blogger versi 1 sudah tidak digunakan karena sudah tidak kompatibel dengan versi terbaru Blogger. Kalau pun Anda masih menggunakan versi lama ini, seharusnya Anda sudah beralih menggunakan versi terbaru Blogger yaitu versi 2.

Blogger Beta (Blogger Versi 2)

Blogger Beta adalah pembaruan besar dari Blogger Classic yang diperkenalkan oleh Google pada tahun 2006 yang hingga saat ini sudah menjadi Blogger versi 2. Blogger versi 2 ini adalah versi resmi yang menawarkan antarmuka yang lebih modern, fitur yang lebih baik, dan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Blogger versi 2 ini memperkenalkan beberapa fitur baru seperti label (tags), tata letak template yang disempurnakan, dan integrasi yang lebih baik dengan produk Google lainnya.

Apakah ada Blogger versi 3? Sepengetahun yang saya baca, untuk saat ini Google sudah tidak memberikan penomoran versi pada Blogger. Versi 2 adalah versi penomoran yang digunakan hanya untuk membedakan dari versi sebelumnya. Bahkan jika Anda masih menggunakan versi 1, Google secara otomatis akan memigrasikan semua blog yang masih menggunakan versi 1 ke versi 2.

Cara Mengetahui Blogger Versi 1 dan 2

Seperti yang sudah disebutkan diatas, tidak ada cara langsung untuk memastikan versi spesifik yang Anda gunakan di dalam platform Blogger itu sendiri. Tapi perlu diingat, Blogger versi 1 sudah tidak bisa digunakan lagi karena sudah dihentikan sejak tahun 2009.

Saat ini, Blogger cuma beroperasi dengan satu versi, yang dianggap sebagai versi 2. Versi ini terus menerima update dan perbaikan. Jadi, jika saat ini Anda menggunakan Blogger itu artinya Anda menggunakan versi 2.

Jika masih penasaran untuk mengetahui Blogger versi dan versi 2, berikut beberapa perbedaan yang bisa ditemukan:

  1. Tampilan Antarmuka:
    • Versi 1: Memiliki tampilan yang lebih sederhana dengan tata letak dua kolom. Kolom kiri berisi daftar blog dan kolom kanan berisi konten blog.
    • Versi 2: Memiliki tampilan yang lebih modern dengan tata letak yang lebih fleksibel. Anda dapat menambahkan widget dan mengubah tata letak sesuai keinginan.
  2. Fitur:
    • Versi 1: Fitur yang tersedia lebih terbatas, seperti editor teks sederhana, opsi template yang sedikit, dan statistik blog yang minim.
    • Versi 2: Memiliki fitur yang lebih lengkap, seperti editor teks yang lebih kaya fitur, pilihan template yang lebih banyak, dan statistik blog yang lebih detail.
  3. Kemudahan Penggunaan:
    • Versi 1: Tampilannya yang sederhana membuatnya lebih mudah digunakan bagi pengguna baru.
    • Versi 2: Fitur yang lebih lengkap membutuhkan waktu belajar untuk dapat menggunakannya secara maksimal.
  4. Update versi:
    • Versi 1: Dirilis pada tahun 2003 dan tidak lagi menerima update sejak tahun 2009.
    • Versi 2: Dirilis pada tahun 2009 dan masih terus dikembangkan hingga saat ini.

Kenapa Didalam Kode Template Blogger terdapat Version 2?

Jika Anda membuka kode template blog dalam mode HTML, Anda akan melihat kode "version 2". Kode ini yang menentukan versi Blog yang digunakan termasuk versi Widget pada blog tersebut.

Selain itu ada beberapa alasan utama kode Version 2 ini tertulis dalam kode template blogger yaitu:

  1. Kompatibilitas

    Kode template Blogger versi 2 dirancang untuk kompatibel dengan versi terbaru platform Blogger. Dengan menggunakan versi yang terbaru ini akan membuat blog Anda tetap berfungsi dengan baik dan akan otomatis terupdate.

    Meskipun blog Anda menggunakan template custom atau bukan bawaan Blogger, pasti akan ada penambahan kode-kode template terupdate yang akan tersemat didalamnya.

  2. Fitur

    Versi 2 kode template Blogger memiliki beberapa fitur tambahan yang tidak tersedia di versi sebelumnya. Contohnya, widget yang lebih canggih dan opsi tata letak yang lebih fleksibel.

  3. Dokumentasi

    Dokumentasi resmi Blogger sering merujuk pada "version 2" kode template. Hal ini untuk membantu pengguna memahami dan menggunakan fitur-fitur yang tersedia.

    Untuk mengetahui perkembangan dari versi Blogger ini bisa Anda pantau melalui link https://support.google.com/blogger/

Meskipun Google tidak memberikan penomoran versi secara resmi, "version 2" di dalam kode template Blogger membantu membedakan versi terbaru dari versi sebelumnya.

Dan untuk teman-teman blogger, seperti yang sudah disebutkan diatas, tidak perlu mencari tahu cara mengetahui Blogger versi 1 dan versi 2 dari blog yang kalian gunakan, karena saat ini semua template blogger adalah yang terbaru. Kecuali blog ANda sudah tidak update sejak 10 tahun yang lalu, Anda perlu melakukan update secara manual yaitu dengan cara mengganti template blog yang terbaru.