Skip to main content
Menu

Membuka Usaha Kecil Dengan Modal Kecil dan Hasil Melimpah

Membuka Usaha Kecil Dengan Modal Kecil dan Hasil Melimpah

Ditengah-tengah meningkatnya harga kebutuhan pokok sekarang ini, apakah bisa membuka usaha kecil dengan modal kecil menghasilkan banyak uang?

Baca Juga

Ditengah-tengah meningkatnya harga kebutuhan pokok sekarang ini, apakah bisa membuka usaha kecil dengan modal kecil menghasilkan banyak uang? Tentu saja bisa, selama ada keinginan dan niat meskipun dengan modal kecil atau bahkan pas-pasan, bisa saja mewujudkan semua itu.

Membuka Usaha Kecil Dengan Modal Kecil dan Hasil Melimpah

Saat ini semua harga kebutuhan pokok seperti beras, gula, bawang merah, bawang putih dan minyak goreng sangat mahal. Bahkan orang kaya pun juga mengeluh mahalnya harga-harga kebutuhan pokok tersebut. Mau tidak mau, yang tidak mampu pun semampunya membeli dan seadanya yang terpenting apa yang bisa dibeli tetap dilakukan untuk kebutuhan keluarga.

Terlepas dari mahalnya harga kebutuhan pokok ini, setidaknya kita masih bisa berpikir kreatif untuk menghasilkan uang. Dengan mencari ide bagaimana cara menghasilkan uang meskipun tidak banyak tapi cukup untuk kebutuhan keluarga setiap hari.

Misalkan menghasilkan uang Rp 100 ribu, Rp 200 ribu atau bahkan sampai Rp 500 ribu setiap hari itu adalah sebuah penghasilan yang sangat besar untuk kalangan kecil, bukan kalangan menengah atau menengah keatas.

Darimana mendapatkan penghasilan rutin setiap hari sebesar Rp 100 ribu atau Rp 200 ribu setiap hari? Tentunya sangat susah juga, apalagi dengan kebutuhan yang semakin banyak tapi harga bahan pangan juga semakin melambung harganya, sangat mahal.

Memang kalau dipikir terus seperti itu tanpa ada ide, tanpa ada kreatifitas, tentunya tidak akan memberikan solusi. Oleh karena, ditengah himpitan harga kebutuhan pangan yang semakin mahal, alangkah baiknya mencari ide untuk membuka usaha untuk menghasilkan uang.

Usaha Kecil Dengan Modal Kecil

Jika Anda ingin membuka usaha kecil dengan modal kecil bahkan pas-pasan tapi bisa menghasilkan uang setiap hari secara rutin, dibawah ini ada beberapa ide usaha kecil yang bisa Anda gunakan menghasilkan uang.

Tidak perlu khawatir, semua usaha kecil dibawah ini sangat diminati oleh semua orang, mulai dari anak-anak, ibu-ibu, remaja dan orang tua sangat menyukai makanan dan minuman dibawah ini.

Beberapa usaha makanan dan minuman dibawah ini jika dilihat memang hanyalah makanan dan minuman dengan harga yang sangat terjangkau, sangat murah. Misalkan harga minuman antara Rp 1.000 sampai Rp 10.000. Begitu juga harga makanan antara Rp 500 sampai Rp 10.000.

Sangat murah, bahkan penghasilan setiap makanan dan minuman tidak lebih antara Rp 200 sampai Rp 3.000. Memang penghasilannya sedikit tapi dibalik itu semua yakinlah usaha kecil dibawah ini bukanlah usaha abal-abal karena usaha kuliner seperti makanan dan minuman ini adalah favorit semua orang.

Apalagi jika usaha yang dilakukan ini ditempatkan di tempat yang sangat strategis yang banyak orang disana, banyak anak-anak, dan banyak yang ingin duduk istirahat sambil menikmati jualan Anda.

Berikut beberapa usaha kecil dengan rincian biaya atau modal yang dibutuhkan:

  1. Bahan atau produk jualan

    Dibawah ini ada beberapa produk yang bisa dibuat sendiri untuk dijual. Anda bisa menjual sesuai dengan modal dan kemampuna yang Anda miliki. Semua bahan atau produk jualan ini dipilih dan disesuaikan dengan produk yang lainnya yaitu:

    • Es teler, es degan, es campur, Jus buah, Es teh, dan gorengan
    • Snack, air dingin seperti alamo, aqua, teh rio, kopikap, gorengan, rokok, dan bensin
    • Gorengan, ketan, kopi, teh, rokok, kerupuk dan bensin
    • Rujak, bakso, es teh, kopi, es jeruk, rokok, gorengan, kerupuk dan bensin
    • Nasi goreng, mie goreng, lalapan, gado-gado, es teh, es jeruk, teh hangat
    • Pentol tahu, pentol, cilok, cilok tahu, sosis goreng, mie kuah, mie sedap, gorengan, mie telur gulung, teh hangat, es teh, kopi, es jeruk, es jeruk
    • Gorengan ini adalah pisang goreng, jemblem, ote-ote, tahu goreng, ketela gorengan dan aneka gorengan dengan harga terjangkau.

    Dari semua daftar bahan menu makanan diatas, Anda bisa menentukan sendiri sesuai dengan modal yang Anda miliki. Semua daftar menu makanan dan minuman diatas memiliki banyak peminatnya dan banyak disukai oleh semua orang.

    Misalkan Anda ingin menjual es teler, berikut beberapa bahan untuk membuat dan menjual es teler:

    1 buah alpukat
    1 buah kelapa muda
    Buah nangka
    Buah melon
    Buah naga
    Jelly atau agar-agar
    Biji mutiara
    Biji selasih
    Biji kolang kaling
    Gula pasir (dicairkan)
    Susu krimer
    Susu bubuk
    Santan kara
    Es batu
    Gelas plastik
    Sendok plastik
    Kresek plastik

    Dari bahan-bahan diatas, Anda bisa memilih bahan yang sesuai dengan modal yang Anda miliki sekarang ini. Atau bisa juga disediakan semua bahan-bahan tapi dalam jumlah kecil.

    Misalkan bahan yang dibutuhkan adalah buah alpukat, jelly, buah naga, buah melon, biji selasih, gula pasir, susu krimer, santan kara, es batu, gelas plastik ukuran sedang, sendok plastik dan kresek.

    Dari bahan-bahan ini setidaknya modal yang dibutuhkan sekitar Rp 300.000 sampai Rp 500.000. Jika tahap awal jualan, setidaknya Anda membutuhkan modal Rp 300.000 terlebih sambil melihat jumlah pembeli di hari pertama jualan.

  2. Harga Kios Kontainer dengan Roda atau Tanpa Roda

    Jika membutuhkan kios untuk jualan di pinggir jalan atau ditempat-temat tertentu, modal yang dibutuhkan untuk membuat kios jualan dari bahan kontainer ini kurang lebih Rp 3 juta - Rp 5 juta.

    Harga kios kontainer unutk jualan Rp 3 juta - Rp 5 juta ini sudah paket lengkap, mulai dari nama kios untuk jualan dan daftar menu jualan yang ditempel.

    Dari total semuanya, perkiraan modal yang dibutuhkan untuk jualan es teler sekitar Rp 5.500.000. Untuk sebagian orang, uang ini terlalu besar untuk memulai sebuah usaha. Namun jika memang membutuhkan penghasilan tambahan, setidaknya modal ini juga tidak terlalu besar apalagi jika melihat potensi penghasilan yang akan didapatkan setiap harinya.

  3. Lokasi atau Tempat Jualan

    Agar jualan dengan usaha kecil ini laris manis, salah satu strategi yang wajib Anda lakukan adalah menentukan lokasi yang tepat. Beberapa tempat yang banyak orang berlalu-lalang adalah:

    • Sekolah

      Lokasi ini sangat bagus untuk berjualan apa saja karena mulai dari pagi sampai sore banyak sekali anak-anak sekolah dan bahkan orang tua yang menemani anaknya atau jemput anak-anak mereka pulang sekolah.

      Tapi perlu dicatat, jangan jualan didalam sekolah karena untuk saat ini jualan didalam sekolah sudah dilarang. Jadi Anda harus menentukan lokasi yang tepat yang ada disekitar sekolah.

    • Sekitar masjid

      Sama halnya dengan di sekolah, tentukan lokasi yang tepat yang tidak mengganggu aktivitas masjid atau tidak berjualan didepan pintu gerbang masjid karena akan mengganggu orang yang akan beribadah.

      Memilih lokasi disekitar masjid ini tentunya masjid-masjid yang berada dipinggir jalan yang banyak digunakan oleh orang-orang yang bepergian keluar kota. Karena masjid-masjid yang ada dipinggir jalan ini pastinya banyak sekali orang yang berhenti untuk beribadah.

    • Perkantoran

      Meskipun didalam lokasi kantor sudah ada yang berjualan, tidak menutup kemungkinan mereka memilih untuk kaluar kantor saat jam istirahat untuk makan minum atau merokok.

    • Tempat belanja atau pertokoan

      Misalkan di swalayan atau tempat perbelanjaan bisa dijadikan sebagai tempat untuk jualan karena tempat ini merupakan tepat pusat orang melakukan aktivitas jual beli.

    • Pasar

      Tentukan lokasi yang tepat untuk berjualan di tempat ini, biasanya tempat yang banyak orang keluar masuk pasar adalah di tempat parkir kendaraan.

    • Pinggir jalan

      Berjualan di pinggir jalan memang sangat direkomendasikan dari beberapa tempat yang disebutkan diatas. Dengan memilih tempat yang strategis dipinggir jalan akan memberikan peluang jualan Anda laris.

      Jika memilih lokasi jualan di pinggir jalan, selain memilih tempat yang strategis, tikungan, pertigaan atau perempatan menjadi pilihan kedua yang bisa digunakan untuk jualan.

    Dari ulasan diatas, jika Anda ingin membuka usaha kecil tetap membutuhkan modal yang memang sangat besar. Karena usaha jualan ini sama dengan usaha-usaha yang lainnya yang dimulai dari awal yang tentunya membutuhkan modal yang cukup banyak, jadi jangan heran kalau semuanya harus dimulai dengan banyak hal dan membutuhkan banyak waktu dan pengorbanan.

    Selain membutuhkan modal awal yang sangat besar, strategi dalam usaha kecil ini juga perlu dilakukan seperti yang sudah dijelaskan diatas. Semoga terbantu dan tetap semangae mencari rupiah berjuang untuk keluarga.

Untuk menemukan artikel lainnya, gunakan kolom pencarian :

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]

Artikel Terbaru

Baca Juga Artikel Lainya: