Skip to main content
Menu

Apakah Menghapus atau Menghilangkan ?m=1 Meningkatkan SEO?

Apakah Menghapus atau Menghilangkan ?m=1 Meningkatkan SEO?

Dulu sih, ga tau sekarang ini apakah masih ada yang ingin menghapus atau menghilangkan ?m=1 ini. Kode ?m=1 ini merupakan parameter URL Blogger

Baca Juga

Dulu sih, ga tau sekarang ini apakah masih ada yang ingin menghapus atau menghilangkan ?m=1 ini. Kode ?m=1 ini merupakan parameter URL Blogger yang akan tampil saat blog diakses menggunakan ponsel.

Apakah Menghapus atau Menghilangkan ?m=1 Meningkatkan SEO?

Jika menggunakan komputer atau laptop atau dalam versi desktop, parameter url ?m=1 ini tidak akan tampil. Jadi secara otomatis, kode ini akan hilang dan muncul sesuai dengan akses yang digunakan.

Versi mobile atau ponsel parameter URL akan memiliki tautan dengan penambahan kode ?m=1

https://www.digitaloin.com/?m=1
https://www.digitalpoin.com/2021/04/cara-mengatasi-tidak-bisa-login-ke-aplikasi-my-orbit.html?m=1

Saat pengguna seluler mengakses blog ini, mereka akan menemukan parameter ?m=1 di URL dibagian browser ponsel mereka. Tampilan URL atau link ini merupakan tampilan default yang sudah ditetapkan oleh Blogger. Kecuali Anda menggunakan platform lainnya, mungkin aturannya berbeda.

Meskipun pengguna tidak merasa terganggu dengan tampilan parameter URL ini, tidak dengan pemilik blog itu sendiri. Banyak blogger atau mungkin sudah sisa beberapa yang masih ingin menghilangkan kode ?m=1 ini.

Dengan menghapus atau menghilangkan kode ?m=1 ini dari URL blog, ada 2 anggapan yang selama ini saya dapatkan yaitu;

1. Tampilan URL Lebih Terlihat Bagus

Bisa dibilang terlihat profesional katanya yang seakan-akan blog tersebut tidak menggunakan platform Blogger. Wait! Apakah profesionalitas blog hanya dilihat dari tampilan URL (link)?

Bagus tidaknya blog atau sebuah website tidak hanya dinilai dari URL atau link yang digunakan akan tetap seberapa bergunanya konten atau artikel yang ada didalam website atau blog tersebut.

2. Meningkatkan SEO Blog

Blogger menggunakan parameter URL ?m=1 agar pengguna bisa membedakan saat menggunakan blog dengan platform Blogger. Kode ?m=1 ini mengidentifikasikan kalau blog sedang diakses melalui ponsel. Sedangkan dari faktor SEO, menghilangkan kode ?m=1 tidak ada pengaruhnya dengan SEO. Apa alasannya? yuk Baca dibawa ini...

Apakah Menghapus atau Menghilangkan ?m=1 Meningkatkan SEO?

Untuk menghapus kode ?m=1 ini tidak serta merta bisa langsung dihapus saja, karena kode ini adalah kode default yang sudah diberikan oleh Blogger. Untuk menghapus kode ini harus menggunakan kode script khusus yang harus dipasang kedalam kode template blog.

Jika parameter URL ini dihilangkan dengan menggunakan script maka akan menurunkan kecepatan dan kinerja blog tersebut sehingga akan berdampak negatir pada SEO. Padahal kecepatan sebuah blog sangat penting dan mempengaruhi peringkat blog dalam mesin pencarian.

Daripada menghilangkan ?m=1 malah memperburuk SEO blog karena pengaruh penambahan kode script yang memperlambat kecepatan blog, lebih baik gunakan kreatifitas untuk mempercepat blog Anda. Alih-alih ingin memiliki tampilan yang bagus dan meningkatkan SEO dengan menghilangkan kode ?m=1 malah memperburuk nilai SEO blog Anda.

Untuk meningkatkan SEO blog lebih baik gunakan cara sederhana berikut ini dan terbukti sangat ampuh:

  1. Mengoptimalkan penggunaan Meta Tag

    Untuk menggunakan meta tag dalam kode template blog, Anda bisa menggunakan kode meta tag yang sudah kami share pada artikel sebelumnya Meta Tag SEO Friendly

  2. Update blog secara rutin

    Jangan pernah meninggalkan blog Andadalam keadaan kosong dengan artikel-artikel terbaru, unik dan original agar mesin pencari tetap merayapi blog Anda secara rutin.

  3. Check up blog secara rutin

    Apa sih ini? Silahkan baca lengkap ulasannya diartikel yang sudah kami share sebelumnya di Check up blog secara rutin. Sangat penting untuk diketahui dan harus dilakukan sebelum terlambat untuk perkembangan blog dan meningkatkan SEO blog Anda.

  4. Ikuti perkembangan algoritma SEO

    Apa sih yang diinginakan oleh mesin pencari terhadap blog Anda? Apakah perlu untuk mengikuti perkembangan algortima SEO? Dengan mengikuti perkembangan ini, akan memudahkan melakukan optimalisasi SEO blog lebih baik.

Bagaimana Cara Menghilangkan Kode ?m=1?

Jika ingin menghilangkankode ini, silahkan gunakan cara berikut ini:

  1. Langkah 1: Masuk ke dasbor Blogger Anda.
  2. Langkah 2: Buka menu Tema dan klik Edit HTML.
  3. Langkah 3: Gunakan Ctrl + F atau gulir ke bawah dan cari kode </body> tag.
  4. Langkah 4: Pastekan kode skrip dibawah ini tepat diatas kode </body> tag.
  5. Langkah 5: Klik Save/Simpan.
<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
var uri = window.location.toString();
if (uri.indexOf("%3D","%3D") > 0) {
var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("%3D"));
window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);
}
var uri = window.location.toString();
if (uri.indexOf("%3D%3D","%3D%3D") > 0) {
var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("%3D%3D"));
window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);
}
var uri = window.location.toString();
if (uri.indexOf("&m=1","&m=1") > 0) {
var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("&m=1"));
window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);
}
var uri = window.location.toString();
if (uri.indexOf("?m=1","?m=1") > 0) {
var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("?m=1"));
window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);
}
//]]>
</script>

Menghapus parameter URL ?m=1 dari situs Blogger bukanlah solusi tepat untuk mengoptimalkan SEO dan meningkatkan pengalaman pengguna dengan pengaruh kecepatan blog yang mungkin akan berkurang.

Daripada menghapus kode ?m=1 lebih baik gunakan cara lain atau cara sederhana yang sudah kami sebutkan diatas untuk meningkatkan loading blog dan SEO blog Anda. Dengan mengambil langkah yang tepat, Anda dapat mencapai keseimbangan optimal antara optimasi SEO dan pengalaman pengguna di situs Blogger Anda.

Untuk menemukan artikel lainnya, gunakan kolom pencarian :

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]

Artikel Terbaru

Baca Juga Artikel Lainya: