Skip to main content
Menu

10 Rekomendasi POS Software Terbaik di Indonesia

10 Rekomendasi POS Software Terbaik di Indonesia

Apakah Anda sedang mencari POS Software terbaik yang bisa diintegrasikan dengan Software CRM dan Software ERP?

Baca Juga

Apakah Anda sedang mencari POS Software terbaik yang bisa diintegrasikan dengan Software CRM dan Software ERP? Jika iya, Anda adalah salah satu manager yang memahami tentang pentingnya penggunaan dari ketiga software ini.

10 Rekomendasi POS Software Terbaik di Indonesia

Karena implementasi Software ERP, CRM, dan POS yang tepat dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi semua pihak dalam perusahaan. Nah seorang manager perusahaan bisa memanfaatkan penggunaan ketiga aplikasi ini untuk mengatur dan meningkatkan pertumbuhan perusahaan.

Misalkan dalam mengatur efisiensi dan efektivitas operasi internal perusahaan, pengadaan sumber daya karyawan, mengelola hubungan dengan pelanggan, dan mengelola proses penjualan, manajemen stok barang, dan pelaporan.

Pertanyaannya, dimana bisa mendapatkan ketiga software yang benar-benar bisa digunakan untuk mendukung pertumbuhan bisnis di berbagai bidang industri dalam satu paket?

Dibawah ini ada beberapa layanan atau penyedia ketiga aplikasi tersebut, namun ada satu yang kami rekomendasikan yang benar-benar memberikan paket 3 in 1 dalam satu layanan yang ada di Indonesia yaitu POS Software HashMicro

10 Rekomendasi POS Software Terbaik di Indonesia

Di era digital ini, banyak sekali perusahaan-perusahaan menghadapi berbagai tantangan yang kompleks dan beragam, yang memerlukan pemahaman mendalam dan respons yang tepat. Di antara tantangan-tantangan tersebut adalah:

  1. Persaingan yang semakin ketat

    Dengan teknologi yang terus berkembang, masuknya pesaing baru, dan globalisasi yang semakin meningkat, persaingan di pasar juga menjadi semakin ketat.

    Dengan adanya tantangan ini, perusahaan harus mampu mengidentifikasi keunggulan kompetitif mereka dan terus berinovasi untuk tetap mampu bersaing dan bertahan di pasar bisnis.

  2. Tuntutan pelanggan yang semakin tinggi

    Konsumen modern memiliki harapan yang tinggi terhadap produk dan layanan yang mereka beli. Mereka menginginkan pengalaman yang personal, cepat, dan efisien. Oleh karena itu, perusahaan harus dapat memahami dan merespons kebutuhan serta preferensi pelanggan dengan cepat agar dapat mempertahankan dan meningkatkan loyalitas mereka.

  3. Kebutuhan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas

    Di tengah persaingan yang ketat, perusahaan perlu terus mencari cara untuk meningkatkan efisiensi operasional dan produktivitas kerja. Hal ini bisa dilakukan melalui penggunaan teknologi yang tepat, proses bisnis yang dioptimalkan, serta pengembangan SDM yang kompeten dan terampil.

Jadi, untuk menghadapi tantangan-tantangan ini, perusahaan harus memiliki strategi yang kokoh, fleksibel, dan responsif terhadap perubahan dalam lanskap bisnis yang dinamis dan terus berkembang.

Dengan demikian, perusahaan dapat tetap bersaing dan berkembang di era digital yang penuh dengan peluang dan tantangan ini.

Salah satu faktor yang wajib digunakan oleh sebuah perusahaan dalam menghadapi tantangan-tantangan yang disebutkan diatas, perlu adanya sebuah sistem yang bisa bekerjas secara otomatis.

Nah dengan adanya sistem dalam sebuah aplikasi atau softtware yang membantu perusahaan dalam mengatur strategi untuk menghadapi tantang tersebut ada dalam software atau aplikasi yaitu ERP, CRM, dan POS

Apa itu Software POS, CRM, dan ERP?

  • Software POS (Point of Sale)

    Software POS adalah software untuk mengelola penjualan dan transaksi di toko atau tempat penjualan. Software ini membantu perusahaan untuk mengotomatisasi proses penjualan, manajemen stok barang, dan pelaporan.

  • Software CRM (Customer Relationship Management)

    Software CRM adalah software untuk mengelola hubungan dengan pelanggan. Software ini membantu perusahaan untuk meningkatkan penjualan, retensi pelanggan, dan layanan pelanggan.

  • Software ERP (Enterprise Resource Planning)

    Software ERP adalah sebuah platform terintegrasi yang dirancang untuk mengelola berbagai proses bisnis dalam sebuah perusahaan atau organisasi.

    Software ini membantu perusahaan untuk mengintegrasikan berbagai departemen dan fungsi, seperti keuangan, manufaktur, rantai pasokan, sumber daya manusia, penjualan, dan lainnya.

Berikut beberapa penyedia layanan software manajemen bisnis dalam satu paket yang meliputi software POS, CRM, dan ERP yang ada di Indonesia:

  1. Koneksi

    Koneksi.co adalah perusahaan teknologi yang didirikan pada tahun 2002 dengan fokus menyediakan solusi perangkat lunak ERP (Enterprise Resource Planning) untuk berbagai industri di Indonesia.

    Koneksi

    Meskipun fokus di ERP, perusahaan ini juga menyediakan berbagai produk layanan yaitu:

    • ERP

      Untuk manajemen bisnis yang komples dengan sistem auto-pilot.

    • Manufacturing

      Untuk pengelolaan siklus produksi dengan biaya operasional yang lebih efisien.

    • Procurement

      Untuk proses procurement yang lebih mudah, cepat dan tidak ribet.

    • Supply Chain

      Untuk mengelola pasokan secara sistematis dalam dalam perubahan market change.

    • HRM

      Untuk pengelolaan dan pengadaan kebutuhan SDM dengan sistem online.

    • Accounting

      Untuk proses pembukuan yang dilakukan secara otomatis dan akurat.

    • Sales

      Untuk memanfaatkan setiap peluang closing dari setiap penjualan produk.

    • CRM

      Software CRM Koneksi ini membantu melakukan follow-up pada prospects dan memaksimalkan setiap konversi.

    • POS

      Point of Sale adalah sebuah software yang digunakan untuk kebutuhan transaksi online atau offline lebih cepat dan praktis.

    Bidang layanan yang dikelola oleh perusahaan ini antara lain bidang manufaktur, distribusi, ritel, layanan keuangan, kesehatan, pendidikan dan bidang lainnya yang mendukung pertumbuhan bisnis sebuah perusahaan.

    Untuk customer atau pengguna yang menggunakan layanan dari Koneksi ini sudah lebih dari 1700 perusahan atau pelaku bisnis. Mereka memilih Koneksi karea memiliki keunggulan yang lebih baikn dengan layanan yang lebih lengkap.

    Beberapa keunggulan Koneksi.co yang menjadi pilihan pelaku bisnis diantaranya yaitu:

    1. Software ERP yang terintegrasi dan komprehensif: Software ERP Koneksi dapat membantu perusahaan mengelola berbagai proses bisnis dengan satu software.
    2. Pengalaman yang luas: Koneksi telah berpengalaman lebih dari 20 tahun dalam menyediakan solusi perangkat lunak ERP untuk perusahaan di Indonesia.
    3. Tim yang profesional dan berpengalaman: Memiliki tim yang profesional dan berpengalaman yang siap membantu perusahaan memilih dan mengimplementasikan software ERP yang tepat.
    4. Layanan pelanggan yang terbaik: Memiliki komitmen untuk memberikan layanan pelanggan yang terbaik dengan tim yang responsif dan membantu.

    Koneksi.co telah membantu banyak perusahaan di Indonesia untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas, serta mencapai tujuan bisnis mereka. Untuk informasi lebih lanjut tentang software ERP

  2. HashMicro

    Perusahaan perangkat lunak berbasis IT multinasional yang mengembangkan software untuk manajemen perusahaan, juga dikenal sebagai Enterprise Resource Planning (ERP). Mereka menawarkan berbagai produk ERP yang disesuaikan untuk berbagai jenis industri.

  3. Moka POS

    Secara umum, Moka POS adalah sebuah aplikasi kasir digital berbasis cloud yang dirancang untuk membantu pelaku usaha, khususnya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), dalam mengelola bisnis mereka.

    Perusahaan ini memiliki beberapa fitur utama Moka POS seperti pencatatan transaksi penjualan, manajemen stok barang, laporan penjualan dan integrasi pembayaran dalam satu aplikasi.

  4. Zahir International

    Perusahaan software developer asal Indonesia yang berfokus pada pengembangan software ERP. Produk mereka yang terkenal adalah Zahir Accounting Software.

  5. Olsera POS

    Olsera POS, mirip dengan Moka POS yaitu Sistem Penjualan yang ditujukan untuk membantu pelaku usaha, khususnya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

    Layanan ini juga memberikan kemudahan untuk pelaku bisnis diantaranya menyediakan splikasi kasir multi-platform yang bisa digunakan di Android, iOS, dan Windows.

    Fitur yang dibrikan oleh layanan ini juga tergolong lengkap diantaranya pencatatan penjualan, manajemen stok, laporan penjualan dan bisa digunakan secara selama 14 hari.

  6. Pawoon POS

    Pawoon POS dikenal dengan kemudahan penggunaannya. Para pelaku usaha dapat dengan cepat mulai menggunakan aplikasi ini tanpa memerlukan keahlian teknis khusus.

    Pawoon POS, sama seperti Moka POS dan Olsera POS, adalah singkatan dari Point of Sales (POS) yang berarti Sistem Penjualan dalam bahasa Indonesia.

  7. iSeller

    iSeller adalah platform bisnis omnichannel yang membantu pelaku usaha menjalankan dan mengembangkan bisnis mereka secara online dan offline. Laynan ini juga memiliki fitur yang hampir sama dengan Moka POS.

    Namun dengan menggunakan iSeller memungkinkan untuk berjualan melalui berbagai channel, seperti: toko fisik, toko online dan marketplace dengan platform e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Lazada dll.

  8. Mekari Qontak

    Layanan ini menyediakan perangkat lunak atau software Customer Relationship Management (CRM) Omnichannel yang terintegrasi dengan berbagai saluran komunikasi.

    Salah satu fitur utama mereka adalah omnichannel, yang bisa digunakan dengan berbagai saluran komunikasi pelanggan seperti telepon, email, SMS, media sosial, dan chat dalam satu platform.

    Mekari Qontak cocok untuk berbagai jenis dan ukuran bisnis yang ingin meningkatkan hubungan pelanggan, mengelola prospek penjualan, dan meningkatkan efektivitas kegiatan pemasaran dan penjualan.

  9. Qasir

    Qasir berfokus pada fungsi Point-of-Sale (POS) untuk membantu bisnis mengelola penjualan dan transaksi. Namun, Qasir menawarkan integrasi dengan beberapa layanan ERM pihak ketiga seperti Mekari Jurnal dan Zahir Accounting.

  10. Majoo

    Majoo adalah perusahaan perangkat lunak berbasis cloud yang berasal dari Indonesia dan bergerak di bidang aplikasi kasir. Mereka menyediakan solusi terintegrasi untuk membantu pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mengelola dan mengembangkan bisnis mereka.

    Meskipun Majoo menyediakan fitur seperti akuntansi dan CRM, fitur tersebut mungkin tidak sekomprehensif seperti perangkat lunak ERM (Enterprise Resource Management) yang didesain khusus untuk perusahaan besar.

Dari 10 POS software terbaik diatas, tentunya Anda sudah memiliki gambaran yang cocok untuk digunakan dalam perusahaan Anda. Sangat penting untuk mengetahui masing-masing dari fitur layanan tersebut.

Karena dari setiap fitur yang diberikan tentunya disesuaikan dengan kebutuhan yang diperlukan dalam bisnis yang dijalani perusahaan Anda. Termasuk kemudahan dan kemanan yang diberikan. Semoga bermanfaat.

Untuk menemukan artikel lainnya, gunakan kolom pencarian :

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]

Artikel Terbaru

Baca Juga Artikel Lainya: