Skip to main content
Menu

Apa Saja Syarat Menjadi Kurir Jasa Ekspedisi?

Apa Saja Syarat Menjadi Kurir Jasa Ekspedisi?

Ingin menjadi kurir jasa ekspedisi? Penuhi dulu syarat yang harus Anda persiapkan sebelum menjadi jasa pengantar barang ini

Baca Juga

Ingin menjadi kurir jasa ekspedisi? Penuhi dulu syarat yang harus Anda persiapkan sebelum menjadi jasa pengantar barang ini. Sekilas jika dilihat untuk menjadi kurir jasa ekspedisi ini hanya membutuhkan kendaran, baik itu kendaraan roda dua atau roda empat.

Apa Saja Syarat Menjadi Kurir Jasa Ekspedisi

Sekilas memang terlihat mudah alias gampang, tapi setelah dilakukan Anda akan mengalami banyak kesulitan. Salah satu paling utama yang menjadi kendala seorang kurir adalah mengetahui lokasi pengiriman barang yang menjadi tanggungjawabnya.

Nah ini, selain menjaga barang bawaan yang wajib diantar sesuai alamat, dalam melaksanakan pekerjaannya ini seorang kurir juga memiliki tanggungjawab wilayah.

Maksudnya gini, mereka itu bekerja sesuai wilayah yang sudah menjadi tanggungjawab mereka. Misalkan dalam satu kecamatan ada 15 desa, paling tidak mereka memegang 5 desa.

Baca Juga: Cara Memilih dan Menggunakan Jasa Ekspedisi yang Bertanggungjawab

Dan setiap desa tersebut harus mereka ketahui batasan-batasannya mulai nama dusun, RT, RW, patok desa, jalan desa, atau lainnya. Hal ini sangat dibutuhkan karena akan berhubungan dengan alamat penerima barang yang akan diantar oleh si kurir.

Oleh karena itu syarat menjadi kurir jasa ekspedisi itu tidak semudah yang kalian bayangkan, selain melaksanakan pekerjaan sesuai dengan visi misi perusahaan, mereka juga dihadapkan beberapa hal yang tidak pernah mereka duga sebelumnya.

Mereka akan menghadapi teriknya siang hari, kehujanan, dan sikap konsumen yang kadang tidak mau tahu jika barang kiriman yang mereka terima tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Syarat Menjadi Kurir Jasa Ekspedisi

Syarat menjadi kurir jasa ekspedisi bisa bervariasi tergantung pada perusahaan ekspedisi yang bersangkutan. Jadi dibawah ini adalah beberapa syarat yang umumnya digunakan untuk menjadi kurir pengiriman barang yaitu;

  1. Usia

    Biasanya, seorang calon kurir harus berusia minimal 18 tahun atau sesuai dengan ketentuan perusahaan ekspedisi tersebut.

  2. Kesehatan Fisik

    Kondisi kesehatan yang baik sangat penting karena pekerjaan kurir dapat melibatkan aktivitas fisik seperti mengangkat dan memindahkan barang. Beberapa perusahaan ekspedisi juga dapat memerlukan pemeriksaan kesehatan sebelum diterima sebagai kurir.

  3. Surat Izin Mengemudi (SIM)

    Sebagian besar perusahaan ekspedisi membutuhkan calon kurir untuk memiliki SIM dan biasanya minimal memiliki SIM A/B untuk kendaraan roda dua dan SIM C untuk kendaraan roda empat.

  4. Kendaraan

    Jika Anda akan menggunakan kendaraan pribadi sebagai kurir, biasanya Anda harus memiliki kendaraan yang memenuhi syarat, seperti motor atau mobil, sesuai dengan kebutuhan perusahaan ekspedisi.

  5. Kemampuan Komunikasi

    Kemampuan berkomunikasi yang baik sangat diperlukan, baik dalam hal berinteraksi dengan pelanggan maupun dengan tim di perusahaan ekspedisi.

  6. Pengetahuan Navigasi

    Kemampuan dalam navigasi dan pemahaman terhadap peta atau aplikasi navigasi digital sangat diperlukan untuk memastikan pengiriman barang dilakukan dengan tepat dan tepat waktu.

  7. Kedisiplinan dan Tanggung Jawab

    Seorang kurir harus dapat bekerja secara mandiri, mematuhi jadwal pengiriman, dan bertanggung jawab terhadap barang yang diamanahkan kepadanya.

  8. Pelatihan

    Beberapa perusahaan ekspedisi dapat mengharuskan calon kurir untuk mengikuti pelatihan dasar sebelum mulai bekerja.

Setiap perusahaan ekspedisi dapat memiliki persyaratan tambahan yang spesifik sesuai dengan kebijakan internal dan kebutuhan operasional mereka.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menghubungi perusahaan ekspedisi tertentu secara langsung untuk mengetahui persyaratan lengkap yang diperlukan untuk menjadi kurir di perusahaan tersebut.

Manfaat Jasa Ekspedisi

Adanya jasa ekspedisi memberikan berbagai manfaat dan kemudahan dalam proses pengiriman barang, baik secara lokal maupun internasional. Berikut adalah beberapa manfaat utama yang didapat dengan adanya jasa ekspedisi:

  1. Kemudahan Pengiriman

    Jasa ekspedisi menyediakan solusi lengkap untuk pengiriman barang, mulai dari pengambilan barang dari lokasi pengirim hingga pengantaran ke lokasi penerima. Ini membuat proses pengiriman menjadi lebih mudah dan efisien.

  2. Jangkauan Pengiriman yang Luas

    Perusahaan ekspedisi memiliki jaringan pengiriman yang luas, baik secara lokal maupun internasional. Ini memungkinkan pengirim untuk mengirimkan barang ke berbagai lokasi di dalam negeri maupun ke negara lain dengan mudah.

  3. Keamanan Barang

    Jasa ekspedisi memiliki pengalaman dalam menangani dan mengemas barang secara aman untuk pengiriman. Mereka juga biasanya menawarkan asuransi barang untuk melindungi barang dari kerusakan atau kehilangan selama proses pengiriman.

  4. Pilihan Layanan

    Perusahaan ekspedisi menyediakan berbagai jenis layanan pengiriman sesuai dengan kebutuhan pengirim, mulai dari pengiriman kilat hingga pengiriman reguler. Ini memberikan fleksibilitas kepada pengirim untuk memilih layanan yang sesuai dengan waktu dan anggaran mereka.

  5. Pelacakan Barang

    Jasa ekspedisi biasanya menyediakan layanan pelacakan barang yang memungkinkan pengirim dan penerima untuk melacak posisi barang secara real-time selama proses pengiriman. Hal ini memberikan transparansi dan memudahkan untuk memonitor status pengiriman.

  6. Pengelolaan Dokumen

    Jasa ekspedisi juga dapat membantu dalam pengelolaan dokumen yang terkait dengan pengiriman barang, termasuk dokumen bea cukai dan dokumentasi pengiriman lainnya, terutama untuk pengiriman internasional.

  7. Efisiensi Biaya

    Meskipun biaya pengiriman mungkin diperlukan, menggunakan jasa ekspedisi seringkali lebih efisien secara biaya daripada mencoba mengatur pengiriman sendiri. Perusahaan ekspedisi memiliki infrastruktur dan jaringan yang mapan, yang dapat membantu mengoptimalkan biaya pengiriman.

Baca Juga: Aplikasi Jasa Ekspedisi Terbaik di Indonesia

Dengan demikian, adanya jasa ekspedisi memberikan banyak manfaat bagi pengirim dan penerima dalam hal kemudahan, keamanan, fleksibilitas, dan efisiensi dalam proses pengiriman barang.

Bayarana atau Gaji Kurir Jasa Ekspedisi

Berapa bayarana menjadi kurir pengiriman barang di perusahaan ekspedisi? Dibawah ini kami hanya menjelaskan mengenai gajinya saya bukan secara nominal.

Gaji menjadi kurir pengiriman barang di perusahaan ekspedisi bisa bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk perusahaan ekspedisi yang Anda pilih, jenis layanan yang Anda jalani, dan negara tempat Anda bekerja.

Sebagian besar perusahaan ekspedisi memberikan gaji tetap atau pembayaran per jam kepada kurir mereka, sementara yang lain mungkin memberikan kompensasi berdasarkan jumlah pengiriman yang berhasil diselesaikan.

Gaji atau kompensasi kurir biasanya ditentukan oleh sejumlah faktor, seperti tingkat pengalaman, jam kerja, tanggung jawab pekerjaan, dan lokasi geografis.

Dalam beberapa kasus, kurir juga bisa mendapatkan bonus atau insentif tambahan berdasarkan kinerja mereka, seperti pengiriman yang tepat waktu atau jumlah pengiriman yang tinggi.

Perusahaan ekspedisi seringkali memiliki kebijakan dan prosedur yang jelas terkait dengan pembayaran kurir, dan penting untuk memahami secara detail hal ini sebelum memutuskan untuk bekerja sebagai kurir di perusahaan tertentu.

Jika Anda tertarik untuk menjadi kurir di perusahaan ekspedisi, disarankan untuk menghubungi perusahaan tersebut secara langsung untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai bayaran dan kompensasi yang ditawarkan.

Itulah mengenai syarat menjadi kurir jasa ekspedisi termasuk gaji kurir dan manfaat jasa ekspedisi yang bisa Anda ketahui. Menjadi kurir dengan perhitungan gaji seperti itu, mungkin menjadi pilihan bagi Anda yang suka dengan tantangan.

Untuk menemukan artikel lainnya, gunakan kolom pencarian :

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]

Artikel Terbaru

Baca Juga Artikel Lainya: