Skip to main content
Menu

Akun Gmail Dinonaktifkan Tanpa Tahu Penyebabnya

Akun Gmail Dinonaktifkan Tanpa Tahu Penyebabnya

Pernah nggak kalian mendapatkan notifikasi saat login ke gmail Anda ternyata akun gmail dinonatifkan tanpa tahu penyebabnya

Pernah nggak kalian mendapatkan notifikasi saat login ke gmail Anda ternyata akun gmail dinonatifkan tanpa tahu penyebabnya. Saat login ini, selain memasukkan captcha juga ada keterangan kalau akun tidak tersedia atau sedang ditangguhkan. Padahal email dan password yang dimasukkan sudah benar, namun ada keterangan akun tidak bisa digunakan dan disarankan untuk melakukan banding.

Akun Gmail Dinonaktifkan Tanpa Tahu Penyebabnya

Jika ada yang pernah mengalami hal yang sama yaitu tiba-tiba akun Gmail dinonaktifkan, mungkin akan merasa kaget jika tidak melakukan hal-hal yang dilarang oleh Google. Dalam aturan yang ditetapkan oleh Google, akun yang dinonaktifkan karena digunakan untuk hal-hal yang melanggar kebijakan Google.

Dan kejadian akun dinonaktifkan ini akhirnya saya alami sendiri, akun yang tidak pernah digunakan untuk hal-hal yang dilarang, akun yang masih baru dan benar-benar baru, tapi sudah tidak bisa digunakan dikarenakan sudah dinonaktfikan oleh Goolge.

Kaget, pastinya iya. Tanpa ada kesalahan apapun, tidak merasa bersalah dan tidak pernah melakukan apapun, tiba-tiba akaun gmail saya yang masih baru dibuat sudah dinonaktifkan oleh Google. Merasa aneh saja dan bertanya-tanya, kok bisa akun ini dihapus?

Sampai artikel ini dibuat pun masih heran dan bertanya-tanya, apa ya penyebab akun gmail dinonaktifkan secara sepihak oleh Google? Saya mengatakan sepihak karena tidak ada pemberitahuan letak kesalahan dari penggunaan akun ini. Meskipun Google sudah membuat Kebijakan atau Syarat Ketentuan menggunakan produk-produk Google.

Meskipun Google sudah membuat Syarat dan Ketentuan sedemikian rupa untuk semua penggunaan produknya, setidaknya jika ada pengguna yang dianggap melakukan pelanggaran, setidaknya ada pemberitahuan dan detail rincian pelanggaran yang sudah dilakukan.

Ini kan nggak, tanpa ada sebab musabab tiba-tiba sudah tidak bisa mengakses akun gmail saya. Bukan tidak bisa login, login sudah bisa tapi tidak bisa masuk kedalam akun. Artinya masih ditahan dan disuruh mengajukan banding.

Untuk mengajukan banding ini kan aneh, tidak tahu apa masalahnya apa malah disuruh mengajukan banding. Apa yang mau digugat? Banding karena tidak bisa mengakses akun? Padahal login bisa? Banding masalah? Masalahnya saja tidak tahu.

Karena masih berharap akun saya kembali dan bisa di akses, saya pun mengajukan banding dengan menuliskan beberapa kalimat jujur. Dan hasilnya, ternyata sesuai dugaan saya, akun sudah tidak bisa dikases tapi masih bisa login.

Penyebab Akun Gmail Dinonaktifkan

Untuk menggunakan sebuah layanan, baik itu secara online atau offline pasti ada yang namanya Syarat dan Ketentuan penggunaan. Begitujuga dengan layanan-layanan yang disediakan oleh Google seperti YouTube, Blogger, Gmail, dan sebagainya sebelum menggunakan layanan tersebut, semua pengguna sudah harus membaca semua Kebijakan, Syarat dan Ketentuan.

Jika Anda pengguna salah satu layanan dari Google ini, tentu pernah membaca kebijakan yang sudah disampaikan yang harus dibaca dan dipahami sebaik-baiknya. Meskpun syarat dan ketentuan tersebut sangat banyak, wajib bagi pengguna untuk membaca dan memahaminya.

Jika hanya sekedar melihat dan langsung mengklik tombol setuju, itu artinya pengguna sudah setuju dan memahami semua yang telah disampaikan oleh Google. Baik itu ditulis secara jelas ataupun yang tersirat yang butuh pemahaman lebih dalam lagi.

Jika dikemudian hari ada hal-hal yang merugikan Anda, kemungkinan besar Anda tidak benar-benar membaca dan memahami Kebihakan yang sudah dibuat oleh Google. Karena apapun itu keadaannya, pasti ada syarat yang tersirat yang harus benar-benar dipahami.

Seperti yang saya alami, mungkin akun yang saya buat memiliki atau mengandung hal-hal yang termasuk dalam kategori pelanggaran yaitu: Peniruan identitas ∧ representasi identitas yang keliru. Mungkin ini yang menjadi penyebab akun saya dinonaktifkan, mungkin dikira menggunakan nama orang lain atau perusahaan orang lain.

Berikut beberapa hal yang menyebabkan akun dinonaktifkan oleh Google:

  • Melanggar persyaratan Google, https://www.google.com/policies/terms/
  • Melanggar kebijakan Goolge.
  • Melakukan peretasan akun atau menggunakan akun orang lain, yang biasanya dilakukan diluar IP yang biasa digunakan sehingga terdeteksi oleh Google.
  • Melakukan panggilan otomatis.
  • Melakukan pelanggaran kode etik di beberapa layanan Google, https://policies.google.com/terms/service-specific. Layanan khusus ini harus benar-benar diperhatikan karena Google sering melakukan update persyaratan dan kebijakan.
  • Melakukan pelanggaran dengan membuat konten eksploitasi terhadap anak.
  • Melakukan atau membuat identitas palsu atau meniru identitas orang lain.

Dan beberapa pelanggaran yang umum terjadi namun hampir semua pengguna layanan Google sudah memahaminya sehingga mereka tidak melakukan hal tersebut.

Jadi sebelum benar-benar membuat akun atau menggunakan layanan milik siapapun secara online, baca dan pahami semua syarat dan ketentuan yang sudah menjadi Kebijakan dari layanan tersebut. Jangan pernah merasa dirugikan jika kedepannya ada hal-hal yang tidak pernah Anda harapkan sebelumnya.

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]

Artikel Terbaru

Baca Juga Artikel Lainya: