Skip to main content
Menu

Apa itu Skor Kredit Pinjaman?

Apa itu Skor Kredit Pinjaman?

Jika Anda pernah melakukan pinjaman di bank atau koperasi tentu pernah mendengar tentang skor kredit pinjaman. Skor kredit ini bisa Anda ketahui

Jika Anda pernah melakukan pinjaman di bank atau koperasi tentu pernah mendengar tentang skor kredit pinjaman. Skor kredit ini bisa Anda ketahui dan juga tidak wajib untuk dicari tahu selama proses pinjam-meminjam yang Anda lakukan berjalan lancar.

Apa itu Skor Kredit Pinjaman?

Namun sangat berbeda jika Anda memiliki pinjaman di bank atau koperasi dan selalu mengalami masalah dalam pembayaran atau pelunasam. Misalkan sering telat bayar atau nunggak, bahkan tidak bayar sama sekali sehingga meninggalkan jejak pinjaman yang sangat buruk.

Membicarakan tentang skor kredit ini sebenarnya bisa memberikan pengetahuan penting tentang histori pinjaman yang pernah dilakukan oleh diri kita sendiri atau orang lain. Apakah Anda memiliki histori pinjaman yang baik atau tidak, tetap membutuhkan pemahaman tentang skor kredit ini.

Apa itu Skor Kredit Pinjaman?

Skor kredit merupakan angka numerik yang dimiliki oleh setiap orang yang dinilai oleh lembaga keuangan yang ditulis sebagai perilaku dalam memberikan peringkat kredit seseorang.

Skor ini memberikan gambar sebagai penilaian yang diberikan oleh pihak bank atau lembaga keuangan untuk menilai seberapa besar resiko kredit yang akan diberikan kembali kepada peminjam atau debitur.

Dengan kata lain, semakin besar atau semakin tinggi nilai skor kredit, semakin baik kualitas kreditnya. Dalam artian, peminjam atau debitur dengan kategori seperti ini akan lebih taat bayar tepat waktu atau sebelum waktunya.

Dan jika Anda memiliki pinjaman yang tidak baik, bayar selalu telat, selalu bermasalah dengan pihak bank atau tagihan maka skor kredit yang Anda miliki akan rendah. Dan hal ini akan menjadi pertimbangan pihak bank atau koperasi kedepannya untuk memberikan Anda pinjaman kembali.

Hal-hal yang Perlu Diketahui Tentang Skor Kredit

Mungkin keadaan atau kondisi dibawah tidak berlaku untuk bank-bank ternntu akan tetap alangkah baiknya Anda memikirkan agar bisa memberikan keputusan terhadap diri sendiri sebelum melakukan pinjaman.

Kondisi dibawah ini berhubungan dengan riwayat pinjaman yang menjadi penilaian saat Anda melakukan pinjaman kembali. Skor kredit akan muncul ketika Anda sudah melunasi pinjaman Anda. Dan skor kredit ini akan muncul setelah Anda melakukan pinjaman kembali.

  1. Faktor Penilaian Skor Kredit

    Penilaian skor kredit ini didapatkan dari riwayat pinjaman Anda, bukan hanya berapa besar jumlah pinjaman yang Anda lakukan. Akan tetapi mulai dari riwayat pembayaran tagihan, lama pinjaman, jenis pinjaman lain atau yang pernah dilakukan.

  2. Nilai Skor Kredit

    Seperti yang sudah dijelaskan diatas, semakin tinggi skor yang didapat semakin baik penilaian yang diberikan. Nilai inilah yang menentukan apakah Anda bisa mengajukan pinjaman kembali dengan penilaian yang baik atau tidak.

  3. Penilaian dari Kreditur

    Lembaga keuangan dan kreditur atau pemberi pinjaman akan memeriksa skor kredit untuk menilai risiko kredit sebelum memberikan pinjaman kembali.

  4. Keputusan Peminjaman

    Besar kecilnya skor kredit yang didapat akan mempengaruhi persetujuan atau penolakan pengajuan pinjaman berikutnya.

  5. Suku Bunga

    Meskipun bunga pinjaman sudah ditentukan oleh lembaga keuangan, akan tetapi beberapa bank juga memiliki aturan tersendiri. Misalkan menaikkan suku bunga dari skor kredit yang dimiliki oleh debitur atau peminjam.

    Jadi jangan heran, ketika Anda melakukan pinjaman kembali ternyata suku bunga sudah berubah atau lebih tinggi dari sebelumnya. Hal ini bisa saja berhubungan dengan skor kredit yang Anda miliki.

Cara Meningkatkan Skor Kredit

Sebenarnya caranya sangat mudah dan tidak ruwet, namun karena beberapa hal, cara ini menjadi ruwet. Misalkan keuangan yang kurang atau terbatas sehingga mengalihkan tanggungan pinjaman dan lebih memilih memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Nah itulah ruwetnya ketika Anda memiliki pinjaman (baca: hutang), ketika kebutuhan sehari-hari mulai berkurang, Anda juga dituntut untuk membayar hutang. Sedangkan keuangan sangat minim.

Terlepas dari itu semua, ketika Anda suda memiliki pinjaman atau hutang ke bank, agar skor kredit Anda tetap terjaga, berikut 2 cara agar skor kredit tetap baik:

  1. Membayar tagihan tepat waktu

    Poin penting ketika Anda memiliki hutang atau pinjaman adalah bayarlah hutang tepat waktu. Bukan hanya ke pihak bank atau koperasi, jika Anda punya hutang ke teman atau orang lain dan jika dibayar tepat waktu akan membuat nama Anda tetap baik.

    Begitu juga dengan pinjaman di bank, jika Anda membayar tagihan tepat waktu, skor kredit Anda akan tetap terjaga dengan baik.

  2. Mengurangi jumlah utang

    Sangat penting untuk tidak terjebak dalam pinjaman berulang, apalagi digunakan untuk menutupi pinjaman yang lainnya. Jika ini terjadi, maka kondisi hidup Anda akan benar-benar terpuruk!

Oleh karena itu, jika Anda memiliki pinjaman yang masih berjalan, jangan melakukan pinjaman lagi sebelum pinjaman lama lunas. Segenting apapun kebutuhan uang Anda, jangan sekali-kali melakukan pinjaman ganda.

Lebih baik Anda membaca artikel berikutnya tentang Tips Pinjaman Uang Agar Jadi Kaya Raya yang akan membuka cara berpikir dalam menyikapi pinjaman dan kebutuhan uang Anda menjadi jauh lebih baik dan bahkan terbebas dari hutang!

Itulah sekilas tentang skor kredit pinjaman dan beberapa hal yang menjadi faktor utama yang menjadi aturan dalam pinjaman. Lebih baik jangan memikirkan skor kredit, tapi pikirkan lah agar Anda tidak terjebak dalam pinjaman!

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]

Artikel Terbaru

Baca Juga Artikel Lainya: