Skip to main content
Menu

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Google AdSense?

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Google AdSense?

Saat ini menggunakan Google AdSense adalah salah satu cara mendapatkan uang di internet. Beberapa layanan dari produk Google AdSense yang digunakan

Saat ini menggunakan Google AdSense adalah salah satu cara mendapatkan uang di internet. Beberapa layanan dari produk Google AdSense yang digunakan untuk menghasilkan uang yaitu Blogger dan YouTube. Untuk menghasilkan uang dari Google ini, Anda harus memiliki akun dan mendaftarkan akun tersebut.

Pada artikel kali ini, ada beberapa langkah sederhana dan cara termudah untuk mendapatkan uang dari Google Adsense yang bisa dijadikan panduan. Namun kami tidak menjamin meskipun mudah, belum tentu pendaftaran Anda disetujui atau di approved.

Sejak beberapa tahun silam banyak orang mulai tertarik untuk mendapatkan uang secara online. Salah satu sebabnya antara lain karena terdapat banyak platform periklanan digital seperti Google AdSense yang mampu memberikan pendapatan besar bagi para publisher.

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Google AdSense?

Ada banyak tips dan trik yang bisa kamu gunakan supaya bisa mendapatkan uang dari platform periklanan seperti Google AdSense. Untuk memudahkan kamu dalam melakukannya, pada artikel kali ini sudah kami rangkum tips dan trik bagaimana langkah yang tepat membuat website menggunakan WordPress hosting agar bisa rutin payout setiap bulan dari pendapatan iklan AdSense.

Apa Itu Google AdSense?

Sebelum mengenal lebih dalam terkait cara kerja dan kiat-kiat cara mendapatkan uang dari Google AdSense, sebaiknya kamu mempelajari terlebih dahulu terkait apa itu Google AdSense dan bagaimana sejarah asal-usulnya.

Pada dasarnya, Google AdSense merupakan satu di antara sekian banyak platform jaringan periklanan digital yang berfungsi untuk mempertemukan publisher dengan advertiser.

Sebagai produk perusahaan teknologi raksasa Google, AdSense memungkinkan para blogger untuk bisa mendapatkan penghasilan dengan cara memasang iklan PPC, yang artinya sebagai pemilik blog kamu akan mendapatkan uang ketika ada orang yang mengklik banner iklan.

Menilik dari sejarahnya, platform Google AdSense sendiri pertama kali didirikan pada tahun 2003 dengan tujuan untuk mendukung para publisher yang memiliki konten berbahasa inggris. Seiring perkembangannya, saat ini Google AdSense sudah menerima para blogger dengan website bahasa Indonesia untuk masuk kedalam jaringan iklan mereka.

Cara Kerja Google AdSense

Cara kerja Google AdSense kurang lebih sama seperti platform jaringan periklanan pada umumnya. Jika kamu memiliki website berkualitas, kamu bisa mendaftar sebagai publisher Google AdSense sehingga bisa mendapatkan penghasilan dengan cara memasang iklan banner PPC (Pay Per Click).

Sejak pertama kali diperkenalkan sampai dengan saat ini, Google AdSense mampu menarik banyak minat publisher karena menawarkan rate per click yang relatif tinggi. Untuk pasar Indonesia misalnya, rata-rata kamu akan mendapatkan nilai per click sebesar Rp300 - Rp2,000, angka pastinya tentu saja berbeda-beda tergantung niche website, serta jenis iklan yang diklik oleh pengunjung.

Nah, agar kamu bisa mendapatkan nilai klik yang besar, sebaiknya mulai dengan melakukan riset terkait niche yang tergolong dalam High Paying Keyword (HPK), contohnya seperti niche website asuransi, kesehatan, perbankan, otomotif, teknologi, dan banyak lagi.

Selain menentukan niche, kamu juga harus pintar dalam menjalankan SEO Campaign sehingga konten artikel yang kamu buat bisa masuk kedalam halaman pertama Google.

Baca juga : Hosting murah untuk SEO

SEO atau Search Engine Optimization sendiri merupakan salah satu kunci kesuksesan para publisher dalam mendapatkan earning secara rutin. Karena dengan menguasai teknik SEO yang efektif, maka kamu bisa mendapatkan traffic organik secara berlimpah dan tertarget.

Cara Optimal Mendapatkan Uang dari Google AdSense

1.Membuat Niche Blog yang Punya Nilai PPC Tinggi

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan supaya bisa mendapatkan uang dari Google AdSense adalah dengan melakukan riset topik blog dengan nilai PPC tinggi. Cara melakukan riset niche atau topik blog sendiri saat ini sudah sangat mudah berkat adanya tools SEO berbayar seperti Ahrefs, Semrush maupun Ubersuggest.

Agar hasilnya bisa lebih cepat dan efektif, kamu bisa mulai melakukan riset dengan cara memperhatikan brand atau industri yang sedang berkembang di ranah digital. Sebagai contoh, di era pandemi seperti sekarang banyak perusahaan kesehatan yang jor-joran untuk membakar uang melalui promosi digital.

Kamu bisa memanfaatkan celah ini sebagai peluang agar bisa memperoleh pendapatan besar dan konsisten untuk membiayai pengembangan blog.

2.Memasang Jenis Iklan yang Tepat

Setelah berhasil menemukan niche atau topik website yang tepat, selanjutnya kamu perlu melakukan eksperimen untuk mendapatkan jenis iklan yang tepat. Perlu diketahui, saat ini Google AdSense memiliki beberapa jenis iklan yang bisa dipilih oleh para publisher.

Beberapa jenis iklan tersebut di antaranya seperti iklan banner kotak, iklan banner horizontal, iklan banner vertikal, iklan text, iklan interstitial yang tampil di antara perpindahan halaman, dan masih banyak lagi lainnya.

Sebagai blogger, kamu bisa melakukan eksperimen atau A/B Testing terkait lokasi penempatan iklan, pemilihan ukuran, serta jenis iklan yang paling efektif mendatangkan pemasukan. Namun, agar akun AdSense tetap aman, pastikan kamu juga mempelajari tentang kebijakan yang ada.

3.Manfaatkan Fitur Iklan Penelusuran

Iklan penelusuran mungkin masih belum banyak digunakan oleh para publisher di Indonesia, padahal potensi pendapatan yang diperoleh dari memasang fitur ini juga tidak kalah besar dari iklan standar, lho!

Kamu bisa memasang fitur iklan penelusuran di website, sehingga setiap pengunjung yang melakukan pencarian akan melihat iklan juga.

4.Menerapkan Strategi SEO

Terakhir namun tidak kalah penting yakni mengoptimalkan strategi SEO atau Search Engine Optimization. SEO sangat penting bagi para pemain Google AdSense, karena bisa mendatangkan traffic organik ke website secara gratis. Semakin jago ilmu SEO yang kamu miliki, maka semakin besar pula untuk menguasai keyword berkualitas di mesin pencari.

Itulah beberapa tips cara mendapatkan uang dari Google AdSense yang bisa kamu jadikan sebagai rujukan. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat ya!

Baca Juga Artikel Lainya:

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]