Skip to main content
Menu

Cara Daftar Asuransi yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengajukan

Cara Daftar Asuransi yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengajukan

Sebelum daftar asuransi lebih baik ketahui dulu cara-cara sebelum mengajukan pendaftarannya

Sebelum mengajukan atau mendaftar menjadi peserta asuransi lebih baik ketahui dulu cara-cara sebelum mengajukan pendaftarannya, baik itu asuransi kesehatan, pendidikan, asuransi jiwa, asuransi kendaraan, asuransi rumah, dan sebagainya. Cara daftar asuransi sebenarnya sangat mudah dilakukan yaitu dengan melihat profil dari perusahaan asuransi yang diinginkan atau mencari informasi dari teman-teman kerja Anda.

Asuransi bisa dimiliki oleh siapa saja, namun memiliki asuransi saat ini tidak bisa dimiliki oleh setiap orang karena beberapa hal seperti masalah finansial atau keuangan. Bagi yang mampu secara finansial, mungkin sangat mudah dalam membayarkan premi asuransi setiap bulannya.

Memiliki asuransi maka harus siap bertanggungjawab dengan premi atau angsuran yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Besarnya premi ini tergantung dari kebijakan dari perusahaan asuransi atau dari besarnya biaya asuransi yang dibebankan kepada peserta atau nasabah.

Cara Daftar Asuransi yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengajukan

Untuk yang masih baru dalam pengajuan asuransi mungkin akan terasa bingung atau bahkan memberatkan saat membaca atau mendengarkan beberapa persyaratan dalam asuransi. Untuk itu, sebelum mengajukan asuransi atau memilih perusahaan yang menginsuransikan hidup Anda dan keluarga Anda, alangkah baiknya mengetahui terlebih dulu cara daftar asuransi dibawah ini.

Dalam hal apapun, jaminan dalam kehidupan seperti menjaga aset harta benda sangat penting dilakukan. Dengan adanya jaminan tersebut akan memberikan rasa nyaman, aman dan pastinya terhindar dari kerugian-kerugian yang ditimbulkan karena beberapa faktor. Untuk itulah, jaminan ini dilakukan dalam bentuk asuransi.

Cara Daftar Asuransi yang Harus Diperhatikan

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengajukan asuransi untuk pertama kalinya:

1. Asuransi Sesuai Kebutuhan

Sebelum memilih asuransi yang digunakan, tentukan dulu asuransi apa yang paling utama dibutuhkan. Tidak semua jaminan dalam rumah tangga Anda diasuransikan karena semakin banyak harta benda yang diasuransikan maka semakin besar premi yang dikeluarkan setiap bulannya, kecuali Anda memiliki banyak modal untuk itu. Asuransi yang menjadi banyak pilihan keluarga Indonesia adalah asuransi kesehatan dan asuransi kendaraaan.

2. Kenali Produk Asuransi

Tak kenal maka tak tak tahu. Begitu juga saat memilih perusahaan asuransi. Mencari tahu beberapa perusahaan asuransi akan memberikan gambaran yang pasti akan produk asuransi yang mereka miliki. Dengan mengenali produk asuransi maka Anda akan mengetahui perusahaan asuransi tersebut.

3. Cari Asuransi Terpercaya

Jika sudah mengetahui perusahaan asuransi yang Anda pilih, cari tahu apakah perusahaan tersebut benar-benar menjamin kebutuhan Anda atau tidak atau hanya sekedar mencari untung tanpa memperhatikan nasabahnya. Tidak hanya itu, yang menjadi banyak pilihan dari peserta atau nasabah asuransi adalah proses klaim yang tidak berbelit-belit.

Jangan mudah percaya dengan para agen asuransi yang datang atau menelpon Anda meskipun dijanjikan banyak hal, jika Anda dihubungi agen asuransi tertentu lebih baik datangi perusahaan atau kantornya.

4. Dokumen Permohonan Asuransi

Sebelum menjadi tertanggung asuransi atau peserta asuransi, pelajari dan isi data tertanggung dan pertanggungannya. Didalam dokumen ini berisi poin-poin penting mengenai asuransi yang Anda dapatkan, termasuk polis atau premi. Dalam mengisi dokumen ini, pastikan semua data yang dibutuhkan sudah tertulis dengan benar sebelum Anda menandatanganinya.

5. Pelajari Isi Polis Asuransi

Jangan menandatangani atau menyetujui polis yang Anda terima meskipun dari pihak perusahaan telah menjelaskan tentang isi polis tersebut. Lebih baik baca sendiri, pahami sendiri dan tanyakan jika ada hal-hal yang tidak jelas dalam polis tersebut. Jika ada ketentuan yang tidak sesuai dengan kesepakatan asuransi, Anda bisa membatalkan pendaftaran tersebut.

6. Bayar Premi Asuransi

Besaran premi sesuai dengan polis asuransi yang Anda ambil. Jika Anda sudah menjadi peserta asuransi, bayarlah premi tepat waktu agar proses klaim juga lancar saat Anda membutuhkannya.

7. Lakukan Bersama Orang Terdekat

Untuk menjadi peserta asuransi, pastikan Anda melakukan bersama orang terdekat Anda, bersama suami atau istri atau orang tua Anda. Hal ini untuk memudahkan proses asuransi selanjutnya seperti pengajuan klaim dan hak-hak lainnya yang tetap diketahui oleh orang-orang terdekat atau keluarga Anda.

Cara mengajukan atau daftar menjadi peserta asuransi merupakan poin-poin penting yang perlu dilakukan, sedangkan untuk biaya pendaftaran pertama dan sebagainya bisa Anda tanyakan saat mengajukan sebagai peserta asuransi. Semoga bermanfaat.

Baca Juga Artikel Lainya:

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]