Skip to main content
Menu

Bila Mempunyai Start-Up Wajib pake Domain .Tech ini

Bila Mempunyai Start-Up Wajib pake Domain .Tech ini

Jika menggunakan domain .tech untuk startup anda, maka segera gunakan domain ini untuk website startup anda

Dari judul artikel ini, tentunya anda agak bingung mengartikannya, startup dan domain .tech. Apa sih ini? Agar anda tidak bingung mengartikan isi artikel dari judul diatas, ada pembahasan-pembahasan menarik yang sangat anda butuhkan didalam artikel ini.

Bila Mempunyai Start-Up Wajib pake Domain .Tech ini

Khususnyaa bagi anda yang sudah memiliki usaha atau bisnis dan ingin mengembangkan bisnis tersebut, namun dengan cara yang berbeda tapi tetap memberikan manfaat terhadap bisnis utama yang sedang anda jalani.

Domain

Domain merupakan alamat unit sebuah website di internet yang biasanya disebut URL (Uniform Resource Locator) atau link URL. Link ini digunakan untuk mengidentifikasi sebuah website.

Jadi domain ini merupakan alamatnya website, sehingga untuk mengakses sebuah website yang dibuka atau yang diakses adalah alamat domainnya atau link domain. Contoh domain yang bisa diakses di internet adalah google.com. niagahoster.com, digitalpoin.com dan sebagainya

Untuk penggunaannya, nama domain memiliki berbagai macam ekstensi atau akhiran yaitu .com (dibaca: dot com), .id, .net, .org, .info dan yang terbaru yang saat ini sering digunakan adalah domain .tech (dibaca: dot tech).

Apa sih manfaat domain?

Jika anda sebagai pemilik usaha atau bisnis, baik itu online atau offline, keberadaan sebuah domain sangat penting untuk perkembangan bisnis anda. Dengan adanya domain, maka akan ada identitas unik untuk bisnis anda dan untuk meningkatkan efektifitas bisnis anda. Berikut beberapa manfaat domain untuk bisnis anda:

  • Sebagai identitas bisnis anda di internet.
  • Mudah diakses dan dikenal banyak orang khususnya melalui internet.
  • Meningkatkan profesionalisme bisnis anda.
  • Meningkatkan kredibilitas bisnis anda.
  • Menarik perhatian calon pelanggan.
  • Sebagai promosi gratis di internet.

Lantas bisnis apa yang harus menggunakan domain?

Semua bisnis! Apapun bentuk dan model bisnis yang ada miliki, jika layak untuk dikembangkan, maka mulai sekarang anda sudah beripikir untuk mengembangkan bisnis tersebut dengan memiliki alamat domain. Dengan adanya domain, maka semua aktivitas dan profil bisnis anda sangat mudah diketahui oleh banyak orang.

Jika sudah diketahui oleh banyak orang maka ada interaksi yang sangat bagus, mulai dari kerja sama, pembelian produk, peningkatan produktifitas dan tentunya promosi secara terus-menerus bahkan saat anda sedang tertidur, bisnis anda tetap berjalan terus jika sudah memiliki website untuk domain produk bisnis anda tersebut.

Nah, dimasa milenial ini, muncul generasi-generasi kreatif yang menuntut segala sesuatunya berubah secara menarik, dinamis, mudah dan penuh konsep sehingga mampu memberikan hasil yang maksimal, yaitu sukses. Namun ada kalanya kraetifitas yang mereka buat hanya sedikit yang memberikan hasil.

Misalkan kita sering melihat ada sekelompok pemuda yang mendirikan sebuah usaha, baik itu dalam bidang kuliner, busana, hingga konten kreator yang tidak hanya dilakukan secara offline, tapi sudah lebih banyak ke dunia internet atau dunia online. Dengan adanya kreatifitas seperti itu, anda bisa menggunakan nama domain untuk bisnis-bisnis yang anda jalani tersebut.

Dan juga, dari hasil kreatifitas ini akhirnya muncul istilah rintisan dalam sebuah usaha atau bisnis. Cikal bakal inilah yang akhirnya memunculkan istilah Startup.

Sebenarnya tidak hanya dari sekelompok pemuda yang memulai kreatifitas dalam bisnis ini tapi beberapa perusahan sudah melakukannya sejak dulu. Hal ini dilakukan bukan untuk menjual produk atau layanan yang ada pada perusahann tersebut. Tapi berfokus pada promosi agar produknya lebih banyak dikenal orang.

Dengan adanya konsep seperti itu, akhirnya muncul berbagai nama startup dari industri atau perusahaan. Mulai dari industri pakaian, konten media, pendidikan, kesehatan, makanan, keuangan, transportasi, jasa dan lain sebagainya.

Dari penjelasan diatas, apa sih sebenarnya StartUp itu?

Startup merupakan perusahaan yang awalnya hanya sebagai suatu proses pengembangan untuk beberapa produk yang dipasarkan. Jika proses ini berjalan dengan baik maka akan dikembangkan menjadi perusahaan dengan pangsa pasar yang lebih luas.

Dengan kata lain bisa dikatakan kalau startUp ini hanya sebagai suatu cara yang digunakan untuk menguji suatu produk atau layanan, apakah bisa diterima oleh masyarakat atau tidak. Jika respon masyarakat sangat baik, maka dikembangkan lah menjadi perusahaan yang sesungguhnya.

StartUp di Indonesia

Beberapa contoh perusahaan yang sebelumnya hanya sebagai usaha rintisan yaitu Gojek, Traveloka, HaloDoc, RuangGuru dan sebagainya yang kini menjadi perusahaan besar dan dibutuhkan oleh masyarakat.

Jika anda ingin memiliki dan membangun sebuah startUp maka anda harus memiliki sebuah bisnis atau layanan. Tentunya bisnis atau layanan yang benar-benar sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan sangat mudah untuk dikelola. Namun, selain anda harus memiliki kemampuan dalam mengelola bisnis atau layanan yang akan dijadikan bisnis start up, ada hal penting yang tidak boleh anda biarkan yaitu sebuah website atau domain.

Kenapa bisnis Start Up harus menggunakan domain?

Sebenarnya tidak hanya bisnis ini saja yang harus menggunakan domain. Bisnis-bisnis yang lainnya juga harus menggunakan domain atau website jika bisnis anda ingin benar-benar cepat berkembang, karena saat ini semua kemudahan untuk bisa terkenal bisa dilakukan melalui internet.

Berikut manfaat domain untuk bisnis anda:
  1. Menjadi identitas bisnis online
  2. Mudah diingat oleh pengujung atau konsumen
  3. Membangun citra profesionalisme
  4. Meningkatkan kredibilitas
  5. Menciptakan image yang unik
  6. Menarik perhatian calon pelanggan
  7. Meningkatkan peringkat di mesin pencarian Google
Lalu domain apa yang cocok untuk bisnis startUp?

Seperti yang sudah disebutkan diatas, beberapa domain dengan ekstensi seperti .com, .net, .info, .org dan beberapa ekstensi lainnya sudah terlalu umum digunakan. Tentunya jika anda menggunakan ekstensi-ekstensi tersebut untuk domain nama startup anda saat ini tentunya sudah sangat sulit untuk didapatkan.

Jika anda ingin menggunakan domain untuk nama startup anda sehingga bia diguanakn sebagai alamat websitenya, maka ada 1 domain yang kedudukan sama dengan domain-domain dengan ekstensi .com, .net, .org, .info, yaitu domain dengan ekstensi .tech

Apa itu Domain .TECH?

.TECH (dibaca dot tech) atau domain .tech adalah top level domain atau TLD yang khusus digunkan dibidang teknologi. Jadi domain ini merupakan domain khusus website tentang teknologi yang bisa digunakan untuk pribadi, perusahaan, atau lainnya.

Jadi jika anda memiliki bisnis startup dan membuat webiste untuk bisnisnya tersebut, maka domain yang cocok digunakan adalah .tech

Sama halnya dengan domain yang lainnya, domain ini sudah mulai banyak digunakan untuk website mereka yang saat ini sudah online. Bagaimana dengan bisnis Start_Up? Apakah bisa menggunakan domain dengan ekstensi .tech ini? Tentu saja sangat bisa. Karena dengan menggunakan domain ini ada beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan.

Keuntungan Domain .TECH Untuk Startup

  1. Lebih Mudah Menemukan Nama Startup Anda di Domain .TECH

    Jika ada memulai sebuah bisnis dan ingin digunakan sebagai nama domain untuk website anda, maka domain .tech sangat direkomendasikan untuk digunakan. Kenapa? Jika menggunakan ekstensi lain pada domain yang digunakan maka sangat susah untuk didapatkan.

  2. Sangat Cocok untuk Startup Teknologi

    Sesuai namanya yaitu TECH, technology. Memang sangat cocok untuk bisnis anda dalam bidang teknologi. Apakah hanay untuk website tekonlogi saja? Tentu saja tidak, website personal pun juga sangat bisa menggunakan ekstensi ini.

  3. Membantu Branding Startup Anda

    Dengan menggunakan domain yang sesuai dengan produk anda, maka secara tidak langsung akan meningkatkan branding bisnis anda tersebut.

  4. Potensi Sama Besarnya dengan Domain Populer Lain

    Doamin dengan ekstensi .tech ini sama populernya dengan domain .com dan Google juga sudah memberikan prioritas pada ekstensi yang satu ini. Jadi anda tidak perlu khawatir unutk menggunakan domain .tech untuk website anda. Baik itu website bisnis ataupun personal.

  5. Bisa Ikut ke Startup League

    Inilah salah satu keistimewaan jika anda menggunakan .tech, yaitu website anda bisa didaftarkan ke Startup League. Jika website anda terpilih, maka website anda akan dipromosikan oleh media-media besar secara gratis. Mau? Gunakan saja domain .tech pada website anda dan segera publikasikan!

Kesimpulan

Dengan adanya keuntungan yang didapatkan jika menggunakan domain .tech untuk startup anda, maka segera gunakan domain ini untuk website startup anda. Dimana cara mendapatkan domain ini?

Beli saja di Niagahoster, sebab saat ini sedang mengadakan promo domain .Tech dengan harga termurah jika dibandingkan dengan penyedia domain lainnya.

Silahkan kunjungi halaman cek domain murah di Niagahoster untuk mendapatkan nama domain .tech untuk startup anda.

Baca Juga Artikel Lainya:

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]