--> Skip to main content
Menu

Apakah Backlink Komentar Masih Bagus untuk SEO?

Apakah Backlink Komentar Masih Bagus untuk SEO?

Apakah Backlink Komentar Masih Bagus untuk SEO? Pertanyaan ini muncul ketika ada sebuah group Whatsapp yang menyebutkan kalau memasang link web

Apakah Backlink Komentar Masih Bagus untuk SEO? Pertanyaan ini muncul ketika ada sebuah group Whatsapp yang menyebutkan kalau memasang link web atau blog di komentar tidak ada pengaruhnya. Apaka iya tidak ada pengaruhnya sama sekali?

Akhirnya saya pun mencari berbagai sumber artikel yang membahas tentang SEO yang satu ini. Backlink komentar adalah salah satu tehnik SEO yang selama ini digunakan oleh banyak blogger.

Apakah Backlink Komentar Masih Bagus untuk SEO

Dulu tehnik ini sangat digandrungi karena cara yang digunakan sangat mudah yaitu hanya dengan memasang alamat link blog di form kolom komentar ataupun menyematkannya didalam konten komentar itu sendiri.

Namun yang menjadi pertanyaan saat ini, dulu tehnik ini sangat disukai oleh semua blogger karena mudah dilakukan. Dan sekarang, Apakah tehnik SEO dengan backlink komentar ini masih bagus untuk SEO? Apakah masih bagus untuk meningkatkan SEO blog atau website?

Ternyata ada 2 pendapat yang saya temukan dari penjelasan yang membahas tentang backlink komentar ini yaitu:

Pendapat pertama, pendapat ini menyebutkan kalau memasang link di form komentar atau pun didalam konten komentar sudah tidak memiliki manfaat sama sekali. Link blog atau website yang dipasang disana sudah tidak mempengaruhi SEO blog tersebut.

Pendapat pertama ini menyimpulkan dengan menghubungkan perubahan algortima Google, bahwa link yang baik bukan hanya sekedar memasang begitu saja. Algortima Google juga menyebutkan hanya memberikan prioritas pada link-link yang relevan.

Sedangkan link yang dipasang di komentar bukan lah link yang relevan dengan blog atau website yang dioptimasi. Sehingga dengan cara seperti ini akan menyebabkan sebagai tindakan spam. Dengan memasang link seperti itu akan menyebabkan peringkat blog atau website menurun.

Alasan lainnya karena banyak blogger yang hanya sekedar memasang link blognya tanpa memperhatikan kesesuain topik. Dalam artian tidak ada relevansi antara link yang dipasang di form kolom komentar ataupun didalam konten komentar dengan artikel yang ditulis di blog tersebut.

Pendapat kedua, pendapat ini menyebutkan kalau meninggalkan link didalam komentar blog orang lain masih termasuk kedalam tehnik SEO yang berlaku. Link yang dipasang bisa memiliki pengaruh yang baik dalam meningkatkan peringkat blog.

Namun ada kriteria yang harus diperhatikan agar link blog yang dimasukkan kedalam komentar benar-benar dapat meningkatkan SEO blog Anda. Kriteria yang harus dipenuhi yaitu:

1. Blog komentar dofollow

Carilah blog yang memiliki kolom komentar dofollow yaitu blog yang membiarkan kolom komentarnya terpasang link terbuka agar robot search engine mengikuti link tersebut.

2. Blog memiliki Domain Authority (DA) tinggi

Blog dengan domain authority yang memiliki nilai lebih baik dari blog Anda akan memberikan pengaruh terhadap blog Anda tersebut. Namun tetap perhatikan konten yang ada di blog dengan DA tinggi tersebut.

Jangan hanya asal memiliki nilai DA yang tinggi ternyata isi kontennya malah berisi hal-hal yang tidak baik.

3. Kualitas komentar sesuai dengan topik artikel

Ketika Anda akan menulis komentar, perhatikan isi komentar Anda. Jangan hanya asal mengisi dengan kalimat-kalimat yang tidak jelas seperti "Artikelnya sangat menarik, terimakasih!". "Terimakasih, jangan lupa kunjungi blog saya" dan sebagainya.

Apalagi berisi kalimat-kalimat promosi, tentunya ini sangat tidak baik untuk blog Anda. Malah akan menyebabkan blog Anda dinilai sebagai blog spammer.

Oleh karena itu, lebih baik buat kalimat komentar tentang topik yang dibahas didalam artikel blog tersebut. Jika komentar yang ditulis sesuai, maka Anda juga bisa menyematkan link blog Anda jika memiliki topik yang sama.

Jangan menyematkan link kedalam kolom komentar jika tidak ada hubungannya dengan pembahasan yang ada didalam artikel. Karena jika ini dilakukan, maka link blog Anda akan dihapus oleh pemilik blog.

Contohnya seperti ini:

Misalkan ada blog atau website atau mungkin disebuah forum blogger, ada sebuah artikel yang membahas tentang Travel. Dan blog Anda juga membahas tentang travel, maka Anda bisa memberikan tambahan informasi didalam kolom komentar dan bisa menyematkan link blog Anda juga.

4. Konten blog relevan dengan topik blog Anda

Memang relevansi tetap diutamakan dalam hal apapun termasuk memasang link blog didalamnya. Begitu juga jika Anda ingin memasang link blog kedalam komentar. Pastikan konten blog tersebut memiliki topik yang sama dengan blog Anda.

Dengan memiliki kesamaan topik dalam konten blog, maka membantu menaikkan peringkat blog Anda dan tentunya akan menaikkan nilai SEO blog.

5. Komentar aktif

Blogger atau orang yang membaca artikel akan lebih tertarik pada sebuah artikel dalam blog jika artikel tersebut ramai dengan komentar. Dan biasanya artikel yang ramai dikomentari memiliki tingkat views yang tinggi sehingga artikel tersebut menjadi artikel populer.

Ke 5 poin diatas saling berhubungan. Jadi jika Anda ingin melakukan tehnik SEO dengan cara meninggalkan jejak link blog didalam komentar blog orang lain, Anda harus memperhatikan ke 5 poin diatas.

Dengan memperhatikan keempat poin diatas, maka blog Anda akan memiliki backlink yang baik dan bisa membantu peringkat blog Anda.

Dari penjelasan diatas, Anda tentunya sudah dapat menyimpulkan sendiri mengenai backlink komentar. Apakah backlink komentar masih bagus untuk SEO? Kalau saya sendiri, tetap menggunakan komentar sebagai salah satu strategi SEO blog ini.

Bagaimana dengan Anda? Terserah Anda saja wis bagaimana menanggapinya, karena setiap blogger yang ingin mengembangkan blognya memiliki cara tersendiri yang dianggapnya lebih tepat.

2 komentar

  1. Ikrom Zain
    saya lebih senang memberi komentar yang relevan dan malah ga pernah kasih link dan menurut saya engga baik juga
    • Roni
      iya mas, karena dengan memberikan komentar yang sesuai terkadang akan memberikan dampak timbal balik yang baik juga. Salah satunya adalah akan mencari tahu profil si pemberi komentar
    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]