--> Skip to main content
Menu

Posisi Menggendong Yang Membuat Bayi Nyaman

Posisi Menggendong Yang Membuat Bayi Nyaman

Bagaimana posisi menggendong bayi yang benar sehingga membuat bayi nyaman? Pertanyaan yang muncul bagi yang baru memiliki momongan

Bagaimana posisi menggendong bayi yang benar sehingga membuat bayi nyaman? Salah satu pertanyaan yang selalu muncul bagi kalian yang baru memiliki momongan. Tentu saja untuk pertama kali akan merasa kaku dan bahkan merasa khawatir.

Rasa khawatir itu timbul karena takut terjadi apa-apa dengan adek bayi. Khawatir posisi gendongannya tidak nyaman, cara gendong yang kurang benar, dan sebagainya. Bahkan saking khawatirnya, ada seorang ayah yang merasa takut untuk menggendong anaknya yang masih mungil tersebut.

Padahal jika sudah bisa menggendong bayi dengan baik dan benar, maka terasa sangat menyenangkan lho selalu bersama adek bayi itu. Manfaat menggendong bayi itu sangat bagus, selain membuat bayi nyaman, juga untuk mempererat ikatan orang tua dengan sang buah hati.

Posisi Menggendong Yang Membuat Bayi Nyaman

Bagaimana Posisi Menggendong Bayi yang Benar?

Untuk menggendong yang benar dan nyaman itu sebenarnya bukan dari seberapa kuat tangan orang tua. Atau seberapa kuat pundak menahan beban gendongan. Tapi ada tata cara yang harus diketahui agar orang tua juga sangat nyaman dan tidak mudah lelah, sakit, pegel atau apapun.

Untuk membuat bayi nyaman dalam gendongan baik itu secara langsung atau menggunakan bantuan alat, ada beberapa syarat yang harus diketahui oleh orang tua. Beberapa syarat tersebut antara lain:

  1. Dalam keadaan bersih. Pastikan orang yang akan menggendong dalam keadaan bersih. Baik itu orang tua ataupun bukan. Hal ini dilakukan agar bati terhindar dari bakteri atau kuman.
  2. Pastikan orang tua menentukan posisi yang nyaman saat menggendong. Nyaman buat orang tua dan nyaman untuk sang bayi.
  3. Hati-hati menggunakan gendongan, meski terlihat mudah namun resiko tidak nyaman pada bayi tetap ada. Bayi kejepit gendongan atau bayi susah bergerak.

Oiya perlu diperhatikan, ketika menggunakan gendongan, tidak hanya gendongan saja yang perlu diperhatikan tapi kondisi bayi juga. Mulai dari pakaian yang digunakan serta popok bayi. Penggunaan popok bayi juga sangat perlu diperhatikan.

Jangan biarkan bayi tidak nyaman ketika digendong hanya gara-gara popok. Gunakan popok bayi yang nyaman untuk bayi Anda.

Dengan memahami beberapa cara menggendong yang benar, maka keselamatan, kenyamanan dan keamanan bayi selalu tetap terjaga. Perlu diingat juga, setiap menggendong ini juga dibiasakan dengan aktivita yang dilakukan. Jadi tidak dalam keadaan diam saja, perhatian orang selalu terjaga.

Namun ketika melakukan aktivitas ringan, perhatian orang tua tetap fokus pada bayi jika sambil menggendong bayi.

Memang menggendong bukan hal yang sulit dilakukan, tetapi menggendong bayi tidak boleh dilakukan secara asal. Menggendong tidak hanya dilakukan sebagai kegiatan biasa saja, tetapi menggendong memiliki berbagai manfaat.

Selain membuat bayi aman dan nyaman, tujuan utamanya adalah ikatan kuat antara bayi dengan orangtua, untuk itu biarkan gendong bayi ketika ia menangis. Sangat wajar bila bayi mencari gendongan ibunya karena akan membuatnya merasa nyaman.

Meskipun terkadang ibu merasa pegal menggendong si kecil lama, tetapi hal ini hanyalah sementara. Saat ia besar nanti ibu akan merindukan masa ini.

Lantas posisi seperti apa agar menggendong tetap aman dan nyaman buat sang bayi?

Terdapat beberapa posisi gendong bayi yang disarankan untuk kenyamanan dan kesehatan bayi. Berikut ini ada beberapa posisi yang bisa digunakan:

  1. Posisi Membuai

    Letakkan bayu di kedua lengan dengan posisi lengan menekuk. Seimbangkan posisinya dengan bagian bawah lengan bayi dan tangan Bunda. Posisi ini membuat bayi merasa aman dan nyaman karena posisi bayi mirip posisi janin dalam kandungan, sehingga sering digunakan untuk bayi yang baru lahir.

  2. Posisi Duduk di Lengan

    Posisikan punggung bayi di dada Bunda dengan cara meletakkan satu lengan Bunda di bawah bokongnya dan lengan Bunda yang lain di depan dada si kecil. Posisi ini sangat cocok untuk si kecil yang suka melihat keadaan di sekitarnya.

  3. Posisi Menggendong di Bahu

    Ketika menggunakan posisi ini, bayi berada dalam posisi 'berdiri' dengan tangan Bunda berada di bawah bokongnya. Tapi bila dilakukan dengan salah, posisi ini bisa mengakibatkan postur buruk pada bayi, karena melemahkan otot punggungnya. Untuk mencegahnya, pastikan bagian atas tubuh bayi lurus dan tidak menekuk.

  4. Posisi Astronot

    Posisi ini adalah pilihan tepat bila Bunda sedang lelah menggendong si kecil. Duduklah dan letakkan bayi Bunda di atas pangkuan Bunda dengan kepalanya di bagian lutut Bunda dan kakinya di perut Bunda. Posisi ini juga akan membantu Bunda berinteraksi dengan si kecil.

Agar si Kecil semakin nyaman dalam gendongan ibu, gunakanlah popok yang nyaman untuknya. Gunakan popok Merries yang memberikan kenyamanan lewat permukaan yang lembut dan bersirkulasi udara. Popok Merries akan menemani hari si Kecil menjadi lebih nyaman.

Kenapa Menggunakan Popok Merries Saat Menggendong Bayi?

popok merries

Setiap orang tua, bunda dan ayah pasti akan menyiapkan segala kebutuhan untuk sang buah hati yang baru lahir. Termasuk salah satunya bagaimana posisi menggendong bayi yang nyaman, pasti sebelumnya bunda atau pun sanga ayah mencari tahu caranya.

Selain belajar menggendong bayi yang tepat dan benar, persiapan lainnya adalah pakaian dan peralatan buat bayi. Susu, makanan bayi, baju, sepatu, kaos tangan, bedak, selimut, dan yang paling sering digunakan adalah popok.

Popok bayi yang digunakan harus memiliki kualitas terbaik. Kenapa? Karena bunda pasti tahu kalau kulit adek bayi masih sangat sensitif, mudah iritasi dan terjadinya ruam karena penggunaan jenis popok yang tidak sesuai.

Oleh karena itu, untuk menggunakan popok bayi yang aman dan nyaman, pilihan saya itu adalah popok Merries. Kenapa memilih popok Merries?

Popok Merries itu sangat aman digunakan karena sudah menjadi brand terkenal di Jepang, yaitu perusahaan Kao. Popok ini menggunakan bahan yang sangat aman dan nyaman. Begitu juga penggunaanya yang menggunakan perekat memudahkan bunda untuk mengenakannya pada si kecil.

Begitu juga dengan ukurannya, popok ini memiliki banyak ukuran sesuai dengan usia atau berat badan bayi. Beberapa ukuran popok yang digunakan untuk bayi baru lahir yaitu:

  • Newborn (anak dengan berat 0-5 kg)
  • L (anak dengan berat 4-8 kg)
  • M (anak dengan berat 6-11 kg)
  • L (anak dengan berat 9-14 kg)

Sedangkan dari bahan yang digunakan, popok ini memiliki 3 lapisan dengan sirkulasi udara yang membuat kulit bayi tetap, nyaman dan bebas iritasi. 3 lapisan tersebut yaitu:

  1. Permukaan yang lembut dan bergelombang sehingga udara bebas mengalir melalui celah-celah gelombang tersebut. Selain itu permukaan bergelombang ini juga membantu mencegah kotoran tidak menyebar dan bocor.
  2. Lapisan penyerap. Meskipun berfungsi sebagai penyerap, lapisan ini tetap dilalui udara sehingga kulit bayi tetap terjaga.
  3. Lapisan terluar melepas dan tidak menyimpan kelembapan.

Satu lagi yang bikin popok ini semakin banyak digunakan adalah popok Merries ini tidak mudah bocor. Meskipun menggunakan perekat, karet yang digunakan adalah karet elastis sehingga mampu mencegah dari kebocoroan.

Yuks beralih ke Popok Merries agar bayi Anda tetap aman dan nyaman.

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]