--> Skip to main content
Menu

Cara Mempersiapkan dan Menghemat Biaya Pernikahan

Cara Mempersiapkan dan Menghemat Biaya Pernikahan

Cara Mempersiapkan dan Menghemat Biaya Pernikahan - Pernikahan adalah salah satu momen terindah yang hanya bisa terjadi satu kali dalam kehidupan setiap orang. Ya, semua pasti menginginkan hanya satu kali dan itu artinya menjalin hubungan dengan orang terkasih selamanya.

Namun untuk mewujudkan itu semua bukan lah sesuatu yang mudah dilakukan, butuh proses panjang dan pengorbanan. Bukan hanya sekedar menjalin pacaran atau pendekatan dengan orang yang anda suka, lalu tunangan dan menikah. Tidak seperti itu.

Ketika anda pacaran atau tunangan sekian tahun belum tentu akan menjadi orang yang benar-benar menemani hidup anda selamnya. Pernikahan tidak hanya sekedar dimulai dari itu semua. Tapi ada hal-hal khusus yang wajin anda ketahui.

Begitu juga pernikahan tidak hanya sekedar merayakan dalam suasana mewah dengan biaya mahal. Perayaan yang sederhana terkadang lebih sakral daripada yang mewah-mewah. Karena terkadang kemewahan hanya menampilkan pamer tanpa meresapi makna yang sebenarnya dari acara pernikahan tersebut.

Namun dari kedua perayaan ini, sama-sama membutuhkan biaya pernikahan yang tidak sedikit. Karena semuanya tetap membutuhkan kebutuhan yang tidak sedikit dan harus dipenuhi. Oleh karena itu, sebelum merayakan acara ini, anda dan pasangan anda harus benar-benar memahami kondisi keuangan kalian.

Kondisi keuangan ini tidak hanya dipersiapkan saat perayaan dilaksanakan. tapi sebelum dan sesudah acara dilaksanakan, kondisi keuangan tetap stabil. Khususnya pra acara atau sebelum perayaan dilaksanakan yang tentunya membutuhkan biaya lebih banyak daripada sesudah acara.

Beberapa biaya yang harus dipersiapkan untuk kebutuhan acara pernikahan yaitu:

  • Sewa tempat (jika tidak ada lokasi)
  • Biaya peralatan seperti terop, kursi, dan soundsystem
  • Sewa gaun pengantin dan tata rias
  • Biaya katering
  • Biaya undangan
  • Biaya souvenir
  • Biaya selametan atau walimah
  • Dan biaya lainnya yang mmenyesuaikan dengan adat atau kebiasaan dari masing-masing daerah atau tradisi keluarga dalam merayakan pernikahan.

Oleh karena itu, jika anda memang benar-benar ingin merayakan acara ini maka jauh hari sebelumnya semuanya sudah benar-benar matang dipersiapkan. selain itu beberapa persiapan lainnya juga perlu diperhatikan, mulai dari desain undangan, siapa saja yang akan diundang, bagaimana tata letak dan konsepnya dan sebagainya.

Ribet? Tentu saja iya, maka dari itu, acara seperti ini memang harus dipersiapkan secara matang dan benar-benar fokus. Begitu juga dari orang-orangnya, setiap orang yang terlibat dengan acara ini harus sabar dan sabar.

Agar tidak ribet dan masalah biaya teratasi dengan baik, berikut beberapa tips mempersiapkan dan menghemat biaya pernikahan agar acara dan perayaan dapat dilaksanakan sesuai dengan keinginan dan semua kebutuhan terpenuhi dengan baik:

1. Menentukan Hari Pernikahan

Menentukan hari baik untuk merayakan acara yang sangat penting bagi sebagian adat daerah dan kebiasaan setiap keluarga sangat diperhatikan. Begitu juga dengan acara pernikahan. Banyak orang yang menentukan waktu acara ini tidak hanya dalam 1 bulan atau 6 bulan.

Bahkan ada yang menentukan jauh-jauh hari sebelumnya, ada yang 1 tahun sebelumnya sudah merencanakannya. Kelamaan? Tentu saja tidak. Mereka menentukan hari itu bukan hanya lama atau sebentarnya pelaksanaan dilakukan tapi ada banyak hal yang perlu dipersiapkan.

Termasuk masalah biaya. Sekalipun orang tua anda kaya raya, pasti akan menentukan waktu jauh-jauh hari sebelumnya. Meskin faktor biaya bukan menjadi masalah tapi ada hal lain yang akan dipersiapkan.

Sedangkan bagi anda yang memiliki biaya minim, maka menentukan hari acara pernikahan sangat penting dilakukan. Memeprsiapkan segala kebutuhan yang diperlukan hingga perayaan dilaksanakan.

2. Utamakan Konsep Pernikahan

Apa sih yang paling utama dalam acara pernikahan tersebut? Tentu yang paling utama adalah pasangan pengantin. Seperti apa konsepnya? Mulai dari gaunnya, tata riasnya, dan tempatnya. Sebelum yang lainnya utamakan dulu konsep pengantinya.

Setelah itu barulah mengkonsep hal-hal yang menjadi bagian dalam perayaan tersebut. Mulai dari tata letak ruang, pintu masuk dan keluar, tempat kue, tempat makan para tamu, kursi dan menja tamu, dan taman hias.

Memang semua itu yang menata biasanya adalah pemilik alat atau event organizer namun semua konsep awal berasal dari keluarga anda atau anda dan pasangan yang menentukannya. Pihak EO hanya melaksanakan apa yang dikehendaki oleh tuan rumah.

Agar konsep ini terlaksana dan tersedia dengan baik ka abuatlah daftar untuk menentukan semuanya. Mulai dari yang benar-benar sangat penting dan hal-hal yang menjadi pelengkapnya.

3. Tabungan Pernikahan

Mulai lah menabung untuk persiapan pernikahan anda. Meskipun biaya yang dikeluarkan mungkin dari orang tua anda, namun setidaknya anda juga setidaknya memberikan atau menyisihkan uang hasil kerja anda untuk semua itu.

Bahkan jika anda dan pasangan saling melengkapi, maka biaya ini bisa dilakukan secara bersama-sama yaitu dengan membuka buku tabungan khusus untuk pernikahan kedepannya. Tentunya hal ini harus dibicarakan secara baik-baik dan saling percaya.

Dengan menabung sejak dini maka harapan untuk merayakan pernikahan sesuai dengan keinginan akan menjadi kenyataan dan hasilnya sesuai dengan yang diharapkan.

4. Hemat

Mau menikah kok masih hura-hura sama teman-teman? Boleh senang dengan mereka namun itu dulu karena sekarang ini anda akan memulia hidup baru besama pasangan anda. Apalagi ada niatan untuk merayakan pernikahan, maka kurangi mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak penting.

Meskipun biaya yang dibutuhukan mungkin masih tergantung pada orang tua, setidaknya anda memiliki uang untuk acara anda tersebut. Setidaknya anda memiliki simpanan sebagai persiapan nantinya.

Daripada uang yang ada saat ini digunakan untuk kumpul-kumpul bersama teman-teman anda. Lebih baik di tabung sebagai persiapan dana nikah anda.

Karena dana nikah itu sewaktu-waktu bisa berubah, mungkin saat ini sudah ada dana Rp 100 juta namun ketika hari H, mungkin dana tersebut akan membengkak lebih. Dan bahkan tidaks esuai dengan perhitungan sebelumnya. Oleh karena itu, berhemat untuk mewujudkan impian anda adalah cara terbaik yang harus dilakukan dan diperhitungkan.

5. Jasa Teman

Coba anda ingat-ingat atau bertanya ke teman-teman yang lainnya, adakah yang memiliki jasa pernikahan? Jasa katering, jasa undangan atau jasa tata rias pernikaha. Jika ada, cobalah untuk menggunakan jasanya karena dengan menggunakan jasa mereka akan banyak keuntungan yang sama-sama saling didapat.

Keuntungan pertama, biasanya dengan menggunakan jasa teman akan ada harga khusus yang akan diberikan. Nah jika hal ini terjadi, setidaknya akan mengurangi atau menghemat biaya pernikahan anda. Namun jika tidak atau lebih mahal, pertimbangkan kembali.

Keuntungan kedua, dengan menyewa jasa mereka maka setidaknya secara tidak langsung mengenalkan jasa mereka ke orang lain selama pernikahan anda. Pasti ada yang bertanya, "tata riasnya siapa kok bagus?", "kuadenya milik siapa ini, sangat indah dilihat" dan sebagainya.

Jadi agar menghemat biaya pernikahan anda, tidak apa-apa jika menggunakan jasa teman anda dan mereka pasti juga akan sekali bisa membantu mereka dan menyewa jasa mereka meskipun dengan "harga teman".

Ning Deasy
Penulis:
Ning Deasy
Belajar untuk menjadi lebih baik lagi...

1 komentar

  1. AuL Howler
    Whewww, sebagai jomblo di usia menuju kepala tiga, info ini cocok banget nih buat aku hahahaha
    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]