--> Skip to main content
Menu

5 Tips Mengatur Keuangan Agar Tidak Pernah Kehabisan Uang

5 Tips Mengatur Keuangan Agar Tidak Pernah Kehabisan Uang

5 Tips Mengatur Keuangan Agar Tidak Pernah Kehabisan Uang – Mencari uang memang sangat susah untuk mendapatkannya, namun tidak dengan menghabiskannya. Banyak orang dengan sangat mudah menghabiskan uang yang mereka dapatkan dengan susah payah.

Padahal cara menghabiskan uang tersebut hanya digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat. Membeli hal-hal yang tidak berguna atau hanya sekedar kongkow-kongkow bersama teman-teman, berfoya-foya. Padahal penghasilan yang didapat sangat terbatas.

Terbatas tidak sampai akhir bulan uang yang didapat sudah habis. Padahal satu-satunya penghasilan yang diharapkan hanya pada awal bulan saja. Tidak ada lagi penghasilan tembahan. Dan semuanya habis hanya untuk kesenangan sesaat atau bahkan karena bujuk rayuan teman-teman untuk berfoya-foya.

Keadaan tersebut mungkin pernah anda alami. atau biasanya sering dialami oleh mereka yang belum ada tanggungjawab. Misalkan masih jomblo sehingga apa yang dimilikinya hanya untuk dirinya. Padahal tanggungjawab keuangan mereka tidak hanya untuk dirinya sendiri.

Misalkan membantu keuangan orang tua, membantu biaya sekolah saudara, atau menabung untuk masa depan. Jadi masih banyak manfaat lain yang bisa dilakukan hanya sekedar untuk berfoya-foya.

Gunakan waktu sebaik mungkin untuk mencari uang dan gunakan sebaik-sebaiknya untuk kebutuhan masa depan.

Jika anda memiliki kebiasaan buruk menghabiskan uang, maka sudah saatnya anda melakukan perubahan mulai dari sekarang. Kalau tidak, anda akan selalu kehabisan uang. Namun jika ada melakukan beberapa tips mengatur keuangan ini, maka anda tidak akan pernah kehabisan uang :

1. Atur Budget Harian, Mingguan dan Bulanan

Dengan mengatur pengeluaran setiap harinya maka anda akan memiliki batasan untuk mengeluarkan uang anda. Sehingga bisa menekan kebutuhan yang tidak diperlukan untuk di beli. Namun anda harus benar-benar komitmen untuk melakukannya.

Karena untuk membatasi pengeluaran ini atau irit dalam menggunakan uang, banyak orang yang sulit untuk melakukannya. Mereka lebih memilih untuk menggunakan uang mereka sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

Selain itu, untuk mengatur budget harian ini tentunya juga sesuai dengan penghasilan yang anda dapatkan. Alasan lain setiap orang tidak bisa mengatur keuangan mereka adalah karena penghasilan mereka hanya bisa digunakan pada waktu itu juga. Jadi tidak ada sisa uang untuk ditabung.

Berapa hasil yang didapat, sebisa mungkin untuk menabung. Menabung tidak perlu ke bank, menyimpan di rumah asalkan ada komitmen dan berapapun uang yang ditabung akan berguna untuk masa depan.

Contoh Mengatur Budget:

Misalkan anda memiliki uang Rp 1 juta. Apakah bisa diatur pengeleuarannya? Tentu saja bisa jika anda masih hidup sendirian. Dengan mengatur setiap kebutuhan yang benar-benar diperlukan. Karena tentunya setiap hari setiap kebutuhan tidak sama dan tidak harus membeli sesuatu yang sama juga setiap harinya.

Bagaimana dengan yang sudah berumah tangga, apakah uang Rp 1 juta mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari? Jika setiap hari ada uang sejumlah ini, tentu saja juga lebih dari cukup. Dengan perhitungan seperti berikut ini:

  1. Beli beras 10 Kg = Rp 100.000 dan paling tidak kebutuhan ini sesuai dengan jumlah anggota keluarga. Misalkan ada 4 orang maka kurang lebih akan habis dalam 6 - 8 hari.
  2. Beli sayur dan ikan = Rp 50.000 dan tentunya ini juga akan menyisakan bahan-bahan yang bisa disimpan di kulkas.
  3. Kebutuhan kamar mandi Rp Rp 200.000. Sabun, Odol, Shampoo, Deterjen dan Sikat gigi adalah bahan-bahan yang tidak habis secara langsung.
  4. Kebutuhan anak membeli makanan Rp 20.000. Dan tentunya tidak setiap hari anak meminta uang sebesar ini, ini hanya total dari permintaan mereka.
  5. Tabungan Rp 100.000. Menabung satu hari dengan sejumlah uang ini sudah lebih dari cukup.
  6. Dari total kebutuhan diatas masih ada sisa uang Rp 530.000 dari Rp 1 juta. Apakah ada kebutuhan lainnya? Ternyata masih ada banyak sisa yang bisa digunakan untuk hal-hal lainnya yang mungkin belum masuk dalam daftar belanja.

Uang 1 juta mungkin tidak setiap hari anda dapatkan, mungkin hari hanya Rp 500 ribu, Rp 200 ribu atau bahkan tidak sama sekali. Namun saat ada uang 1 juta tersebut, anda sudah melakukan kalkulasi dengan tepat setiap kebutuhan yang diperlukan.

Dengan cara seperti ini, maka anda bisa meminimalkan pengeluaran dan memaksimalkan penggunaan uang untuk beperluan yang dibutuhkan.

2. Hemat Membeli Makanan atau Camilan

Ketika anda memiliki banyak uang, mungkin yang pertama terlintas adalah makanan dan makanan. Karena ketika sudah terlintas makanan akan ada teman yang bisa menemani. Jika sudah ada teman maka semuanya bisa lupa, lupa kalau pengeluaran sudah banyak yang ditambah dengan camilan atau makanan ringan.

Mungkin masih wajar dikatakan karena anda hanya sekali-kali saja melakukan itu. Namun jika anggapan itu mulai sering dilakukan maka akan menjadi kebiasaan buruk yang nantinya akan merugikan anda.

3. Manfaatkan Setiap Diskon dan Promo

Sebagai seorang konsumen, tentunya sikap bijak dalam berbelanja wajib dilakukan. Begitu juga dalam memanfaatkan waktu-waktu belanja. Pada waktu-waktu tertentu setiap supermarket akan melakukan diskon dan promo.

Nah, gunakan kesempatan ini untuk berbelanja. Biasanya waktu-waktu promo atau diskon diberikan pada setiap weekend, akhir bulan, hari-hari khusus seperti hari libur, hari perayaan dan sebagainya.

Disaat adanya potongan harga atau masa promo ini, biasanya banyak produk-produk yang dijual dengan harga terjangkau. Anda bisa membelinya sesuai kebutuhan tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

4. Hindari Berbelanja Secara Berlebihan

Tidak dapat dipungkiri, uang anda akan habis jika dibelanjakan secara berlebihan. Apalagi yang dibeli bukanlah kebutuhan utama. Mungkin hanya sekedar ingin punya saja asal ada dirumah padahal tidak dibutuhkan.

Prinsip seperti itu jangan dipertahankan, "beli barang asal punya tapi tidak dibutuhkan". Karena jika prinsip ini dipertahankan maka akan banyak barang-barang yang tidak berguna yang ada didalam rumah atau kamar anda yang nantinya bakalan masuk gudang.

Jangan menghabiskan uang untuk sesuatu yang tidak berguna, meskipun uang tersebut adalah uang anda sendiri yang bebas anda gunakan. Ingat, masa depan anda belum tentu sama dengan saat ini.

5. Cari Penghasilan Tambahan

Meskipun sudah ada pekerjaan utama yang memberikan anda hasil. Setidaknya ada usaha lain yang bisa dilakukan untuk menambah pundi-pundi keuangan anda. Untuk melakukan usaha lain ini, anda bisa bekerja sama dengan orang yang dipercaya untuk melakukannya.

Misalkan anda bekerja di kantoran dan anda memiliki sawah, maka pekerjakan orang untuk menggarap sawah tersebut. Atau membuka toko sembako, anda bisa mengajak saudara anda untuk menjaga toko tersebut.

Jadi anda tidak perlu melakukannya sendiri. Kecuali anda memiliki banyak waktu untuk melakukannya sendiri. Misalkan dengan jualan online, yang bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Itulah 5 tips mengatur keuangan agar tidak pernah habis yang bisa anda lakukan. Jika ada cara lain yang lebih, anda bisa juga melakukannya. Ingat, Menikmati hidup tidak harus selalu menghabiskan uang yang anda miliki. Meskipun uang tersebut adalah uang anda. Semoga bermanfaat.

Ning Deasy
Penulis:
Ning Deasy
Belajar untuk menjadi lebih baik lagi...

2 komentar

  1. Supriyadi
    Wah, keren nih. Saya juga sering membaca mengenai pola-pola dan tata cara mengatur keuangan. salah satunya yang 50 20 20 10. 50 persen kebeutuhan, 20 persen tabungan 20 persen kawajiban dan 10 persen sedekah.
    • Roni
      Nah itu mas, jadi menambah wawasan dengan pola seperti itu, terimakasih mas :)
    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]