--> Skip to main content
Lampu Marhaban Ya Ramadhan
Info Ramadhan

Cara Masuk Group Whatsapp Dengan Mudah

Cara Masuk Group Whatsapp Dengan Mudah

Cara Masuk Group Whatsapp Dengan Mudah - Gabung disebuah group Whatsapp (WA) terkadang menjadi dilema karena sebelum gabung dengan group tersebut harus diperhatikan terlebih dulu maksud dan tujuannya. Jika tujuan adanya group tersebut baik, maka anda mungkin bisa bertahan didalamnya. Namun jika tujuannya hanya untuk menumpuk sampah media di ponsel, lebih baik tinggalkan saja sekalipun group tersebut adalah group teman-teman anda.

Memang group di WA jika berisi teman-teman anda tidak selalu harus resmi, karena biasanya group-group seperti ini berisi postingan gambar atau foto-foto kenangan, atau berisi info-info berita penting. Namun tak jarang group seperti ini juga menjadi media promosi jualan berbagai produk yang mereka jual. Nah jika ujung-ujungnya seperti itu, lebih baik berpikir dua kali untuk berada di group tersebut.

Bergabung disebuah group sosial media memang ada untung ruginya. Untungnya adalah bisa lebih akrab dengan teman-tema lama dan tetap terjalin hubungan yang baik bahkan bisa melakukan silaturahim setiap waktu sesuai dengan jadwal yang biasanya disepakati bersama. Namun untuk menjadi bagian dari group tersebut, misalkan anda ingin masuk ke group alumni sekolah dan ternyata anda belum masuk didalamnya, mungkin butuh perjuangan untuk masuk group tersebut.

Baca Juga: Cara Gabung/Masuk Kembali Ke Grup WhatsApp Yang Sudah Keluar

Karena untuk menjadi member atau anggota group maka pertama-tama yang harus dilakukan adalah mencari tahu siapa pembuat atau admin group tersebut. Jika tidak kenal dengan admin, maka setidaknya ada harus kenal dengan salah satu anggota agar anggota tersebut yang nantinya meminta admin untuk menambahkan anda. Namun jika tidak kenal maka lupakan saja group tersebut!

Lhaa buat apa juga mau gabung group kalau tidak ada yang kenal? Kecuali group yang ingin anda ikuti adalah group bisnis atau yang berisi tips dan trik. Biasanya group seperti ini banyak tersedia di Telegram. Sedangkan di Whatsapp sendiri sangat jarang digunakan untuk group khusus tip dan trik. Yang paling banyak adalah group jualan.

Bagaimana Cara Masuk Group Whatsapp?

Seperti yang telah dijelaskan diatas, untuk masuk kesebuah group WA sebenarnya susah-susah gampang. Karena cara termudah untuk gabung itu hanya melalui admin group. Meskipun ada link atau tautan khusus bila admin selalu mengganti link tersebut maka akses pun juga tidak bisa. Dibawah ada beberapa cara untuk gabung di group WA yaitu:

1. Meminta Admin Agar Memasukkan ke Group

Salah hak khusus yang dimiliki oleh seorang admin group adalah mengendalikan semua yang ada di dalamnya. Salah satu kuasa admin adalah memasukkan setiap orang untuk gabung kedalam group yang dia kelola. Namun perlu diperhatikan juga setiap group memiliki admin lebih dari satu.

Agar admin group bisa memasukkan anda maka cara pertama yang harus dilakukan adalah memberikan nomor ponsel anda yang digunakan untuk WA agar disimpan oleh si admin. Dengan menyimpan nomor tersebut maka admin dengan mudah menambahkan anda. Atau bisa juga dengan mengundang anda menggunakan tautan group whatsapp tersebut.

2. Masuk Grup Whatsapp Menggunakan Tautan atau Link Group

Jika anda sebagai admin dan ingin memasukkan seseorang kedalam group yang ada kelola dengan menggunakan tautan atau link group maka caranya cukup mudah yaitu dengan membagikan link tersebut melalui nomer whatsapp mereka. Tapi bagaimana jika admin tidak tahu keberadaan link tautan tersebut?

Bagi anda yang ingin mengajak seseorang untuk gabung kedalam group melalui tautan dan ingin mengambil link tautan tersebut, caranya adalah:

  1. Buka group anda.
  2. Klik atau tab icon titik tiga dipojok kanan atas.
  3. Klik atau tab Info Group.
  4. Pada tampilan Info Group ini, scroll kebawah hingga anda mendapatkan menu Undang via tautan.
  5. Klik atau tab menu Undang via tautan tersebut.
  6. Pada tampilan Tautan undangan terdapat beberapa menu. Untuk mengirimkan tautan ini ada beberapa cara yang bisa digunakan yaitu:
    • Link tautan group. Contohnya: https://chat.wahtsapp.com/blabla
    • Kirim tautan via Whatsapp
    • Salin tautan
    • Bagikan tautan

Gunakan keempat poin ini untuk mengirimkan tautan dalam mengundang orang lain masuk ke group. Sedangkan opsi Kode QR bisa dilakukan jika orang tersebut berada didekat anda dengan membawa ponsel. Sedangkan Setel ulang tautan untuk mengganti kode tautan.

3. Masuk Group Whatsapp Menggunakan Code QR

Seperti yang sudah disebutkan diatas, Kode QR atau barkode Quick Response ini bisa digunakan untuk mengajak orang lain gabung kedalam group Namun untuk menggunakan kode qr ini, seseorang yang ingin diajak gabung harus berada dekat dengan admin group dan memiliki nomor sim card yang belum gabung dengan group sebelumnya.

Untuk mengetahui letak Code QR caranya mudah yaitu:

  1. Buka group WA.
  2. Klik atau tab tanda titik tiga dipojok kanan atas dan pilih Info group
  3. Scroll kebawah dan pilih menu Undang via tautan
  4. Ditampilan menu Tautan undangan ini ada beberapa menu pilihan yang bisa digunakan untuk mengundang orang menggunakan opsi tersebut. Salah satunya adalah Kode QR
  5. Klik atau tab pada Kode QR sehingga muncul barkodenya.
  6. Pindai barkode tersebut menggunakan kamera teman atau orang yang ingin gabung ke group tersebut menggunakan ponsel mereka.
  7. Jika berhasil dipindai, mereka akan otomatis langsung bergabung dengan group.

Sangat mudah bukan untuk gabung di grup? Namun perlu diperhatikan juga sebagai admin, anda harus hati-hati mengundang seseorang kedalam group. Jangan sampai semua orang tergabung dalam grup tersebut sedangkan dia bukan siapa-siapa.

Itulah cara masuk group Whatsapp yang bisa dilakukan dengan sangat mudah namun juga harus perlu pertimbangan untuk memasukkan atau mengundang orang lain bergabung. Semoga bermanfaat.

Roni
Penulis:
Roni
Tebarkan kebaikan walau hanya sedikit setidaknya itu berman…

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]