--> Skip to main content
Menu

Sinyal Telkomsel Orbit, ByU, dan IndiHome Tidak Terjangkau Di Desa

Sinyal Telkomsel Orbit ByU dan IndiHome Tidak Terjangkau Di Desa

Saat ini Telkomsel sudah memiliki berbagai layanan internet yang bisa digunakan oleh hampir semua daerah. Beberapa layanan internet yang saat ini sudah aktif adalah Telkomsel Orbit, ByU, dan yang tertua adalah IndiHome. Dari ketiga pilihan untuk digunakan berinternet tersebut adalah 2 layanan terbaru yaitu Orbit dan ByU. Banyak yang mengharapkan kehadiran layanan ini benar-benar menjadi solusi internet cepat yang disediakan oleh Telkomsel.

Sinyal kedua layanan internet tersebut diharapkan mampu menjadi solusi yang bisa menjangkau seluruh lokasi, khususnya di daerah pedesaan. Namun sayangnya, untuk banyak daerah dari kedua opsi tersebut, sinyal yang mereka berikan masih tidak menjangkau disemua daerah. Bahkan, Indihome yang sudah berpengalaman pun masih bermasalah dengan jangkauan sinyal ini.

Seperti yang sudah banyak diketahui, jangkauan Indihome saja masih sebatas kota-kota besar dan dipedesaan. Jikalau layanan Telkomsel merah ini memang untuk sebatas kota-kota besar atau hanya terjangkau sampai kecamatan, setidaknya 2 produk terbaru mereka yaitu Orbit dan ByU dikhususkan untuk daerah-daerah yang tidak bisa tercover oleh Indihome.

Tapi bagaimana mungkin, lha wong sekelas Indihome saja tidak bisa menjangkau, bagaimana dengan yang kedua ini. Padahal jaringan internet yang beredar semuanya tergantung dari BTS atau tower yang dipasang dibeberapa titik. Jika disuatu wilayah tidak memiliki koneksi sinyal yang lemah, maka sinyal internet di wilayah tersebut juga tidak kuat.

Begitu juga dengan sinyal Telkomsel Orbit, ByU dan Indihome yang tidak terjangkau di desa. Bukan semata-mata layanan koneksi yang diberikan oleh Telkomsel buruk. Tapi karena keterbatasan serta penempatan koneksi jaringan yang mereka pasang di BTS atau masing-masing tower disetiap wilayah. Namun jangan dikira pemasangan BTS tersebut tidak mengcover sinyal yang ada di masing-masing daerah atau wilayah tersebut, semua sudah tercover namun sesuai dengan padatnya pengguna.

Maksudnya seperti ini, jika di wilayah A dipasang tower sinyal BTS, wilayah B dan C tidak terpasang. Dan sinyal di wilayah B sangat buruk. Kenapa seperti itu? Karena pengguna di wilayah C lebih banyak jika dibandingkan dengan wilayah B. Sehingga jangkauan sinyal lebih diutamakan di wilayah A dan C.

Itulah alasan utama sinyal Telkomsel Orbit, ByU dan Indihome tidak terjangkau di desa atau bahkan di beberapa kota memiliki koneksi sinyal yang kurang baik. Bukan karena masalah layanan yang menjadi kendala tapi layanan tersebut lebih mempriortitaskan banyaknya pengguna aktif disetiap wilayah. Gak mungkin kan sinyal di gunung yang tidak memiliki padat penduduk dan pengguna sedikit menjadi prioritas mendapatkan koneksi internet yang lebih kuat.

Tapi bagaimana kalau penggunanya sudah banyak namun sinyal masih kurang? Kendala yang terjadi mungkin berhubungan dengan batas penggunaan setiap jaringan internet, tempat yang terhalang, didalam ruangan dan hal-hal non teknis yang menyebabkan terganggunya sinyal internet.

Roni
Penulis:
Roni
Tebarkan kebaikan walau hanya sedikit setidaknya itu berman…

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]
statistik blog digital poin