--> Skip to main content
Lampu Marhaban Ya Ramadhan
Info Ramadhan

Kenapa Harus Puasa Ramadhan

Kenapa Harus Puasa Ramadhan

Kenapa Harus Puasa Ramadhan? - Pertanyaan mungkin pernah terbesit dipikiran kita, kenapa sih? Menahan lapar dan haus selama 1 bulan penuh? Kenapa harus puasa, apa sih manfaatnya? Apakah semua wajib berpuasa di bulan ramadan?

Puasa berasal dari bahasa Arab yaitu "Shiyam" atau "Shaum" yang bermakna Menahan. Sedangkan menurut arti dalam bahasa figh, Puasa adalah menahan diri sepanjang hari dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari dengan niat tertentu, menahan dari segala sesuatu yang menyebabkan batalnya puasa bagi orang islam yang berakal, sehat, dan suci dari haid dan nifas bagi seorang wanita Islam atau muslimah

Baca Juga: Siapa yang Wajib Berpuasa Ramadhan?

Kenapa Harus Puasa Ramadhan?

Ramadhan merupakan sebuah nama bulan yang kesembilan dalam kalender Islam. Sebelum bulan Ramadhan adalah bulan Sya'ban dan diikuti oleh bulan Syawal. Jadi puasa Ramadhan adalah puasa yang dilaksanakan pada bulan Ramadhan yang wajib dilakukan oleh orang-orang Islam. Karena puasa Ramadhan termasuk salah satu rukun Islam yang keempat. Dan rukun Islam ini harus dilakukan oleh semua umat Islam di dunia, kecuali rukun Islam yang kelima yang masih menjadi pengecualian.

Rukun Islam

  1. Mengucap dua kalimat syahadat
  2. Menunaikan sholat lima waktu dalam sehari semalam
  3. Mengeluarkan zakat
  4. Berpuasa pada bulan Ramadhan
  5. Melaksanakan haji bagi mereka yang mampu

Puasa Ramadhan hukumnya wajib untuk semua muslim yang memenuhi syarat untuk melakukannya. Kewajiban berpuasa di bulan Ramadhan berdasarkan nash al-Qur’an yang sifatnya qot’i dalam kajian ilmu fiqh seperti yang termaktub dalam ayat Qur'an berikut ini:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya:

Hai orang-orang yang beriman diwajibkan bagimu ibadah puasa, sebagaimana diwajibkan bagi orang-orang sebelum kalian, agar kalian menjadi orang-orang yang bertaqwa (QS. al-Baqarah, 2 : 183).

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَانِ ۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۖ وَمَنْ كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۗ يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya:

Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). karena itu, Barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, Maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu(QS. al-Baqarah, 2 : 185).

Itulah kenapa harus puasa Ramadhan, karena aktivitas ibadah yang satu ini merupakan salahs atu kewajiban yang harus dilakukan dan melalui artikel singkat ini semoga kita sudah mengenal apa itu puasa bulan Ramadhan dan selanjutnya sebagai seorang Muslin, kita wajib melaksanakan ibadah puasa tersebut.

Ning Deasy
Penulis:
Ning Deasy
Belajar untuk menjadi lebih baik lagi...

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]