--> Skip to main content
Lampu Marhaban Ya Ramadhan
Info Ramadhan

Formasi PPPK 2021 Untuk Guru dan Tenaga Kesehatan

Formasi PPPK 2021 Untuk Guru dan Tenaga Kesehatan

Formasi PPPK 2021 Untuk Guru dan Tenaga Kesehatan - Seperti tahun-tahun sebelumnya, untuk penerimaan pegawai negeri sipil baru atau CPNS, guru dan tenaga kesehatan menjadi formasi yang paling banyak ditetapkan oleh pemerintah. Penetapan jumlah formasi tersebut tentunya disesuaikan dengan kebutuhan ASN 2021. Kebutuhan ASP atau Aparatur Sipil Negara ini untuk masing-masing formasi tentunya dilakukan seleksi calon pegawai negeri sipil atau CPNS. Begitu juga dengan calon PPPK (P3K), pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja yang saat ini juga sedang ditunggu-tunggu oleh para pegawai honorer yang meliputi guru dan tenaga kesehatan.

Khusus pada tahun ini, penerimaan calon PPPK atau P3k pemerintah akan membuka lowongan baru dengan merekrut satu juta guru PPPK. Dan formasi terbanyak untuk penerimaan P3K untuk tenaga kesehatan. Selain kedua formasi ini, juga ada formasi dari jabatan fungsional lainnya.

Untuk mempersiapkan pelaksanaan penerimaan pegawai baru ini, pemerintah bekerja sama dengan panitia seleksi nasional atau panselnas sedang melakukan koordinasi untuk memastikan kesiapan seleksi ASN pada tahun 2021 ini. Persiapan ini tidak lepas dari kondisi pandemi yang saat ini masih melanda negeri ini. Dengan melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tes calon PNS dan PPPK ini, diharapkan semuanya dapat berjalan dengan baik.

Meskipun sama-sama memiliki peluang untuk menjadi pegawai, namun untuk tahun ini pemerintah lebih banyak mengalokasikan penerimaan calon P3K daripada CPNS. Untuk tahun ini pemerintah akan merekrut PPPK sebanyak 1.111.500 formasi, sedangkan untuk CPNS 2021 sekitar 160.500 formasi.

Tentu dengan banyak formasi yang akan direkrut tersebut menjadi harapan besar bagi guru dan tenaga kesehatan. Khususnya bagi guru, pemerintah memberikan peluang besar dengan jumlah formasi yang lebih banyak yaitu 1.000.000 formasi. Sedangkan sisanya yaitu 70.000 untuk daerah khusus non guru dan 41.500 untuk pusat non guru.

Baca Juga: Syarat Cara Pendaftaran PPPK/P3K Guru dan Tenaga Kesehatan

Sedangkan untuk pelaksaaann penerimaan calon P3K ini, pemerintah sudah melaksanakannya pada bulan Maret ini khusus untuk guru dengan kriteria awal dari formasi K-II yang sebelumnya memang menjadi yang pertama untuk rekrutmen PPPK tahun 2021 ini.

Sedangkan untuk persyaratan penermiaan PPPK disesuaikan dengan masing-masing instansi serta kualifikasi jabatan.

Semoga dengan adanya penerimaan PPPK (P3K) tahun 2021 ini, pemerintah benar-benar memberikan peluang yang lebih besar khususnya bagi mereka yang sudah bekerja lebih dari 10 tahun dengan rentang usia diatas 35 tahun. Bagi itu bagi guru ataupun tenaga kesehatan.

Hamza Irawan
Penulis:
Hamza Irawan
Sosmed optimasi | Video creator | Writer magic

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]