--> Skip to main content
Menu

Gaji Tukang Parkir Pesawat

Gaji Tukang Parkir Pesawat

Gaji Tukang Parkir Pesawat - Sudah tahu kan gaji tukang parkir pesawat? Berbeda dengan tukang parkir lainnya yang biasanya

Gaji Tukang Parkir Pesawat

Gaji Tukang Parkir Pesawat - Sudah tahu kan gaji tukang parkir pesawat? Berbeda dengan tukang parkir lainnya yang biasanya mendapatkan gaji dengan caranya sendiri bahkan diatur oleh preman penguasa kawasan, gaji tukang parkir pesawat benar-benar sangat fantastis.

Sebutan untuk tukang parkir kendaraan ternyata memiliki penyebutan yang berbeda. Untuk tukang parkir kendaraan bermotor seperti mobil, kita sering menyebutnya sebagai juru parkir atau jukir. Sedangkan untuk juru parkir pesawat disebut sebagai Marshaller.

Meski memiliki profesi yang sama dengan tujuan yang sama, yaitu sama-sama mengatur tata tertib kendaraan agar tidak terjadi kesalahan baik dalam mengatur posisi kendaraan atau agar tidak terjadi tabrakan. Namun untuk juru parkir pesawat mungkin terbilang lebih beresiko karena pesawat sebesar itu jika salah parkir atau posisi waktu parkir tidak benar maka akan menyebabkan insiden yang tidak diinginkan.

Beberapa insiden yang mungkin terjadi ketika salah memarkirkan pesawat adalah terjadinya benturan dengan pesawat yang lain atau membentur bangun disekitar bandara. Bayangin saja, jika bangunan tersebut disenggol pesawat, pasti roboh...

Dengan adanya kemiripan tanggungjawab tersebut, tentu untuk tunjangan atau gaji yang didapatkan sangatlah berbeda. Seperti yang disebutkan diatas, juru parkir kendaraan bermotor bisa saja hanya didapatkan dari sejumlah kendaraan yang parkir ditempat ia bekerja atau kalau pun berada dibawah naungan dinas perhubungan, mungkin gajinya tidak seberapa dan juga tidak mungkin gajinya setara dengan UMR, upah minimum regional.

Sedangkan untuk gaji tukang parkir pesawat, dari berbagai informasi yang saya baca, ternyata gajinya bisa sampai Rp 500 juta. Dan tentunya gaji sebesar itu tidak ada di Indonesia, Di negeri ini rata-rata gaji seorang marshaller sekitara Rp 4 - Rp 6 juta. Dan itu pun tergantung dari maskapai penerbangan yang menaunginya. Semakin besar maskapai penerbangan dimana ia bekerja, besar kemungkinan gaji yang didapat juga besar.

Dengan gaji sebesar itu tentunya sesuai dengan tanggungjawab yang mereka pikul. Tidak sembarangan juga dalam memarkir sebuah pesawat dengan body besar seperti itu. Sepadai-pandainya pilot yang mengatur kemudi jika tukang parkirnya tidak benar, bisa menyebabkan ternjadinya masalah.

Tertarik untuk menjadi seorang marshaller? Silahkan baca di Cara Menjadi Tukang Parkir Pesawat (Marshaller)

2 komentar

  1. Justcherry
    Postingan yang menarik. Mungkin setelah baca inj banyak peminatnya karena syaratnya hanya lulusan SMA. Jadi menjadi peluang besar bagi orang banyak.
    • Roni
      Iya mbak, semoga banyak yang tertarik untuk mencoba menjadi marshaller ini
    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]