--> Skip to main content
Lampu Marhaban Ya Ramadhan
Info Ramadhan

Tanya Veronika Asisten Virtual Untuk Mengatasi Sinyal Telkomsel

Tanya Veronika Asisten Virtual Untuk Mengatasi Sinyal Telkomsel

Tanya Veronika Asisten Virtual Untuk Mengatasi Sinyal Telkomsel - Pada bulan Desember 2020 saya mengajukan keluhan saya terkait sinyal yang sangat buruk sekali di rumah saya. Perubahan sinyal buruk ini terjadi beberapa bulan belakang ini, tepatnya 3 bulan. Padahal sebelumnya tidak terjadi kendala apapun, berinternet selalu lancar, baik itu digunakan untuk akses internet di ponsel ataupun sebagai hotspot untuk laptop. Karena sinyal semakin lemot, akhirnya saya buka mesenger di Facebook untuk menghubungi customer service.

Di messenger tersebut, chat saya langsung disambut oleh customer service dengan pesan yang menarik dan menanyakan keluhan yang bisa dibantu. Ternyata layanan ini canggih loh, dia bisa merespon apapun yang menjadi kendala atau keluhan dari pelanggan. Nggak percaya? Di artikel ini saya akan bercerita bagaimana customer service ini merespon keluhan saya dengan baik...

Apa sih Veronika itu?

Veronika ini adalah customer service (CS) yang berfungsi sebagai asisten virtual Telkomsel yang membantu melayani pelanggan agar mudah dalam melakukan pembelian pulsa, menanyakan paket kuota internet, menanyakan info tentang GraPARI, menanyakan tentang Poin, menanyangkan settingan internet di ponsel, dan sebagainya. Bahkan bisa untuk teman curhat loh

Apakah CS ini orang? Meskipun memiliki icon dengan tampilan seorang cewek, tentu saja layanan ini bukanlah, ia adalah bot atau mesin chatting yang dibuat untuk membantu merespon keluhan pelanggan dengan cepat. Dan untuk panggilannya, saya menyebutnya dengan panggilan mbak Vero, :)

Layanan yang berbasis chatting ini dibuat untuk memberikan layanan secara online yang bisa di akses atau digunakan oleh semua pelanggan. Kecuali pelanggan KartuHalo masih belum bisa menggunakan layanan ini. Layanan asisten virtual ini, bisa diakses di beberapa media sosail seperti Facebook Messenger, Line, Whatsapp, Telegram, Aplikasi dan di website yang disediakan.

Fungsi dan Fitur Veronika

Sebagai asisten virtual dari layanan komunikasi, layanan dalam bentuk chatting ini memilik fungsi dan fitur yang sangat menarik yaitu:

  1. Sebagai asisten yang bekerja secara online yang bisa digunakan untuk berinteraksi dengan pelanggan.
  2. Membantu menjawab keluhan pelanggan.
  3. Sangat mudah di akses dan tersedia dalam 24 jam.
  4. Respon sangat cepat dalam berinteraksi dengan pelanggan
  5. Bisa digunakan di beberapa media sosial atau channel seperti di Whatsapp, Facebook Messenger, Line, Telegram, di aplikasi, dan di website.

Dari fitur dan fungsi tersebut, ada keunikan tersendiri yang terdapat pada asisten ini yaitu bila tidak bisa menemukan solusi dari keluhan pelanggan maka ia akan mengalihkan ke Customer Service. Berbeda dengan asisten ini yang hanya sebuah bot dan memiliki keterbatasan dalam menjawab keluhan pelanggan, untuk customer service adalah orang sebenarnya yang akan menjawab semua keluhan pelanggan.

Bagaimana Cara Tanya Veronika Asisten Virtual?

Telkomsel selalu memberikan kemudahan dalam layanan yang mereka berikan, begitu juga dengan keluhan-keluhan atau pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan mereka dengan cepat memberikan respon. Untuk merespon semua pertanyaan dari pelanggan tersebut, Layanan komunikasi nomor 1 di Indonesia menghadirkan asisten virtual ini untuk membantu semua permasalahan pelanggan yang berhubungan dengan layanan.

Untuk menghubungi asisten ini, pelanggan bisa tanya Veronika cukup melalui ponsel dengan menggunakan aplikasi sosial media atau melalui website. Dan berikut cara menggunakan layanan ini melalui beberapa layanan sosial media:

1. Whatsapp

Untuk menghubungi atau menggunakan layanan ini di Whatsapp cara sangat mudah yaitu:

  1. Simpan dulu nomor ini +6281111111111 dan beri nama Veronika Telkomsel.
  2. Buka aplikasi Whatsapp Anda dan lakukan chatting langsung.
  3. Tulis pesan chat dengan mengetik Halo atau Hai. Maka pesan Anda akan dibalas dengan cepat oleh asisten virtual ini. Silahkan baca terlebih dulu pesan balasan tersebut. Biasanya ada info yang menarik yang disampaikan disana.
  4. Untuk melanjutkan chat, Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang sudah diberikan sesuai dengan keluhan atau permasalahan yang ingin disampaikan. Beberapa layanan yang diberikan oleh asisten ini yaitu:
    1. Isi pulsa
    2. Beli paket
    3. Tukar poin
    4. Kirim paket untuk teman
    5. Ganti Kartu
    6. Bantuan lainnya

Misalkan Anda ingin menyampaikan keluhan, balas chat dengan mengetikkan Bantuan. Maka si asisten ini akan membalas chat tersebut. Balas chat dengan pilihan yang diberikan untuk respon selanjutnya.

Veronika di Whatsapp

2. Telegram

Begitu juga aplikasi chatting yang satu ini, untuk menghubungi layanan chatting ini, Anda harus memasang aplikasi Telegram terlebih dulu. Berikut caranya:

  1. Buka aplikasi Telegram di ponsel Anda
  2. Cari nama telkomsel_official_bot di kolom pencarian yang ada di bagian atas (lihat gambar dibawah)
  3. Setelah melakukan pencarian akan muncul nama Telkomsel_Care. Klik akun tersebut
  4. Lalu klik tombol Mulai. Dengan mengklik tombol mulai, akan ada pesan balasan dari mbak Vero. Silahkan ikuti petunjuk selanjutnya untuk memulai percakapan dengan si asisten ini. Biasanya dimulai dengan meminta Anda untuk memasukkan nomor ponsel Anda yang aktif. Dengan memasukkan nomor ponsel, nantinya akan ada link atau kode melalui SMS yang harus di kirim kedalam chatting Telegram tersebut untuk verifikasi.
  5. Setelah berhasil verifikasi, lanjutkan chatting dan Anda bisa menyampaikan semua keluhan Anda.
  6. Atau ketikkan menu untuk memilih layanan yang Anda butuhkan.
Veronika di Telegram

Veronika di Telegram

3. Line

Jika Anda pengguna aplikasi Line, Anda bisa menghubungi asisten ini dan caranya juga sangat mudah sekali yaitu:

  1. Buka aplikasi Line di ponsel Anda.
  2. Cari id @telkomsel di kolom pencarian (lihat gambar dibawah)
  3. Maka akan tampil akun Telkomsel. Klik tombol Tambah agar Anda bisa terhubung dengan layanan customer mereka.
  4. Dengan mengklik Tambah akan muncul pesan langsung yang menyapa Anda. Dan seperti biasa, Anda harus memasukkan nomor ponsel terlebih dulu untuk verifikasi. Dan akan ada SMS berisi kode rahasia. Masukkan kode tersebut kedalam percakapan untuk verifikasi.
  5. Oiya untuk memasukkan nomor ponsel di percakapan Line, tulis nomor dengan kode negara yaitu +6282XXXXX.
  6. Atau untuk memunculkan semua menu chat, Anda bisa membalas chat dengan mengetikkan Menu. Maka akan muncul menu pilhan yang Anda inginkan.
Veronika di Line

4. Facebook Messenger

Untuk menghubungi asisten ini melalui facebook messenger, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi messenger di ponsel atau laptop Anda.
  2. Cari akun Telkomsel di menu pencarian. Maka akan muncul akun messenger yang Anda cari tersebut. Di akun ini si asisten akan membantu semua permasalahan Anda.
  3. Selanjutnya sapa mbak Vero dengan mengetikkan Halo atau Hai. Dan pesan Anda akan dibalas secara langsung.
  4. Ada balasan dengan beberapa pilhan yang diberikan oleh mbak Vero untuk melanjutkan chatting. Pilih sesuai dengan keinginan yang ingin disampaikan. Namun sebelum melanjutkan chatting, biasanya mbak Vero meminta nomor ponsel untuk mengirimkan kode verifikasi melalui SMS.
  5. Masukkan kode untuk melanjutkkan chatting bersama mbak Vero
  6. Setelah itu Anda bisa bertanya sesuai dengan petunjuk yang diberikan atau ketik Menu untuk memilih layanan yang Anda inginkan.

5. MyTelkomsel

Untuk menggunakan aplikasi ini dan menghubungi asisten virtual, Anda harus memasangnya terlebih dulu. Oiya ada keuntungan tersendiri memasang aplikasi MyTelkomsel yaitu paket kuota Internet lebih murah jika jika dibandingkan dengan mengakses menggunakan kode *363#. Tidak percaya? Pasang aplikasi ini gratis...

  1. Setelah aplikasinya terpasang, Anda bisa menggunakan asisten ini dengan menggunakan 2 cara yaitu:
    • Pertama, buka aplikasi MyTelkomsel dan scroll kebawah, maka akan ada menu dengan icon Tanya Veronika. Klik menu tersebut.
    • Kedua, buka Menu dengan icon garis tiga dibagian bawah kanan. Pilih menu Help Center dan pilih Chat with Veronika
  2. Untuk menghubungi asisten ini di aplikasi, buka menu Veronika dan lakukan chat dengannya. Atau Anda bisa langsung mengetikkan Menu dan Anda akan menerima pesan dengan isi berbagai menu yang bisa Anda gunakan untuk membantu permasalahan Anda sehubungan dengan layanan atau gangguan.
Veronika di MyTelkomsel

6. Website Telkomsel.com

Untuk menggunakan asisten ini di website, silahkan ikuti beberapa langkah mudah berikut ini:

  1. Buka www.telkomsel.com di browser ponsel atau laptop Anda.
  2. Dan menu Tanya Veronika ada disebelah pojok kanan bawah dengan icona mbak Vero. Klik icon tersebut.
  3. Masukkan nama Anda untuk melanjutkan chatting.
  4. Sapa mbak Vero dengan mengetikkan halo. Maka pesan Anda akan dibalas langsung dengan isi pesan yang bisa Anda ikuti.
  5. Seperti biasa, Anda harus memasukkan nomor ponsel untuk interaksi selanjutnya.
  6. Lakukan chatting untuk menyampaikan semua keluhan Anda sehubungan dengan layanan terlkomsel.

Dari keterangan diatas, apakah tidak bisa menghubungi customer service Telkomsel langsung? Bisa dan sangat bisa. Namun Anda harus tetap bertanya ke asisten ini terlebih dulu untuk membantu keluhan Anda. Jika asisten ini tidak bisa membantu maka ia akan meneruskan pesan Anda ke customer service.

Pengalaman Tanya Veronika Mengatasi Sinyal Telkomsel

Beberapa waktu yang lalu, tepatnya pada tanggal 8 Desember 2020 saya menghubungi customer service di Facebook Messenger. Tujuan saya waktu itu adalah menanyakan permasalahan sehubungan dengan sinyal yang sangat buruk sekali.

Di messenger tersebut, keluhan saya langsung di respon dengan sangat cepat. Awalnya saya tidak tahu kalau yang merespon chat saya tersebut adalah asisten yang bisa menjawab otomatis. Akhirnya saya tahu setelah asisten ini memperkenalkan diri.

Ternyata untuk bertanya ke asisten virtual ini, kita tidak serta merta langsung menanyakan begitu saja, tapi ada prosedur yang sudah ditetapkan untuk berinteraksi secara menarik dengan asisten ini. Artinya, sudah ada petunjuk yang harus diikuti.

Bagaimana jika asisten ini tidak bisa membantu? Jika asisten ini sudah tidak bisa membantu maka ia akan mengarahkan ke customer service langsung.

Nah sesuai pengalam saya waktu itu, saya menyampaikan permasalahan mengenai sinyal dan tentunya sangat dibantu oleh Veronika. Namun karena ada beberapa yang tidak bisa dijawab oleh dia, akhirnya chat saya dialihkan untuk terhubung dengan customer service langsung.

Akhirnya saya chat dengan customer service yang waktu itu bernama Arin. Chat pun berlangsung sangat menarik dan kendala saya yang mengalami masalah sinyal juga diselesaikan dengan baik dengan memberikan beberapa data terkait masalah sinyal tersebut. Beberapa data yang diminta adalah nominal isi ulang terakhir, lokasi, titik koordinat, dans ebagainya.

Saya pun mengirimkan semua data tersebut melalui chatting. Dan penyelesaian masalah sinyal ini harus harus menunggu 72 jam.

Setelah menunggu selama 72 jam saya menghubungi lagi via facebook messenger dan ternyata disambut lagi oleh mbak Vero lagi. Ternyata, mbak Vero ini masih mengenali saya melalui nomor ponsel yang saya gunakan. Singkat cerita, saya pun dialihkan lagi untuk chat bersama customer service yang waktu itu bernama Adjie.

Dengan mas Adjie ini, saya sampaikan keluhan saya, termasuk semua data pengaduan yang saya sampaikan pada chatting sebelumnya. mas Adjie sendiri juga membantu dan merespon sangat baik dan untuk realnya, mas Adjie ini menyampaikan akan menghubungi tim terkait untuk mengatasi masalah sinyal yang saya alami.

Tim Teknisi Ke Rumah Saya

Tepatnya pada tanggal 23 Desember 2020 saya kaget ternyata ada dari tim lapangan yang datang ke rumah saya untuk melakukan pengecekan masalah sinyal ini. Mereka menghubungi saya via Whatsapp dan menyampaikan kalau mereka dari Telkomsel dan ingin melakukan pengecekan mengenai masalah sinyal yang saya alami.

Tim Teknisi Telkomsel

Benar-benar kaget, ternyata responnya untuk pelanggannya benar-benar diluar dugaan dan tentunya saya sangat senang sekali dengan kedatangan mereka.

Waktu ada 2 orang yang ke rumah saya, sedangkan yang dilapangan atau lebih tepatnya di tower sinyal ada 2 orang. Tower ini berjarak kurang lebih 1 km dari rumah saya.

Kurang lebih 3 jam saya bersama mereka dan tentunya ada percakapan yang sangat membantu saya mengenai masalah sinyal ini. Saya sendiri pun tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk bertanya banyak hal mengenai beberapa layanan yang disediakan oleh perusahaan komunikasi ini.

Setelah 3 jam lebih, pihak tim teknisi ini pun selesai membantu permasalah saya. Namun sebelum pulang, mereka juga tetap membantu saya untuk mengecek kekuatan sinyal apakah sudah perubahan atau belum. Dan Alhamdulillah, sinyal di rumah saya mulai bagus dan sudah tidak lemot lagi. Dan sampai tulisan ini saya buat, kendala atau masalah sinyal yang saya alami sudah teratasi dengan baik.

Ternyata setelah tanya Veronika asisten virtual, dan dibantu oleh customer service, pihak Telkomsel juga benar-benar real membantu pelanggannya dengan mendatangkan tim terkait ke rumah saya.

Sebuah layanan yang benar-benar sangat memudahkan pelanggangnya. Terimakasih banyak.

Roni
Penulis:
Roni
Tebarkan kebaikan walau hanya sedikit setidaknya itu berman…

2 komentar

  1. t h y a
    wah, asiknya jadi pelanggan telkomsel, sekarang udah ada tanya veronika. jadi lebih mudah ya kalo ada kendala..
    • Roni
      Betul banget mbak Thya, dengan adanya Veronika ini semua pelanggan akan lebih mudah dalam menyampaikan semua keluhannya
    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]