--> Skip to main content
Menu

Jenis Website yang Wajib Anda Ketahui

Jenis Website yang Wajib Anda Ketahui

Jenis Website yang Wajib Anda Ketahui - Di dunia internet terdapat berbagai website yang bisa Anda temui, mulai dari website berita, website gosip, musik, web instansi, web jualan atau toko online dan sebagainya. Namun tahukah Anda ternyata hanya ada beberapa jenis website yang ada di internet, tidak sebanyak yang dilihat.

Mengetahui jenis website ini sangat penting untuk dilakukan, baik digunakan untuk baca-baca atau sekedar mencari informasi atau untuk membuat website bagi Anda yang bekerja sebagai web design. Dengan mengetahui jenis web, maka akan memudahkan dalam menentukan apa saja yang terdapat dalam web tersebut.

Begitu juga dengan tampilannya, setiap website memiliki tampilan yang berbeda-beda sesuai dengan fungsi dan jenis dari web tersebut. Misalkan web berita, tentunya akan terdiri dari berbagai kolom, web toko online tentunya memiliki tampilan dengan menampilkan produk dan harga, web instansi memiliki tampilan tentang info-info instansi tersebut, dan sebagainya.

Bagaimana dengan blog? Apakah blog berbeda dengan website? Tentu saja berbeda dan menurut pembagiannya, ada beberapa macam jenis blog yang juga terdapat di internet. Dan pastinya, blog itu merupakan bagian dari jenis website.

Oleh karena itu, mengetahui jenis blog akan membuat Anda menjadi lebih betah untuk selalu membuka dan membaca dari situs online tersebut. Terutama dari jenis tampilan dan kemudahan aksesnya. Untuk mengetahui jenis website yang Anda kunjungi, dibawah ini ada beberapa jenis website yang sudah dibuat untuk Anda:

1. Website Tok Online

Website toko online atau online shop atau ecommerce adalah situs online yang menyediakan berbagai produk untuk dijual secara online. Didalam website ini, terdapat aktifitas jual beli barang dengan berbagai jenis dan harga.

Situs jual beli online yang ada di Indonesis sudah sangat banyak dan ada yang bisa digunakan secara bersama-sama. Toko online seperti ini biasanya disebut dengan marketplace. Dengan adanya marketlace ini , banyak yang memanfaatkan untuk menjual produk.

Dan secara madiri ada juga yang membuat website toko online sendiri dengan menampilkan banyak produk dan bahkan hanya satu produk yang di jual. Situs toko online seperti ini biasanya disebut sebagai dengan landing page, yaitu web halaman penjualan yang hanya menjual satu produk utama saja.

2. Website Profil Perusahaan

Web seperti ini biasanya disebut dengan web company profile, yaitu web yang menampilkan informasi tentang sebuah perusahaan.. Info yang ada pada website jenis ini biasanya menampilkan tentang nama perusahaan, visi misi, produk dan kerja sama.

Sebuah perusahaan yang baik, akan menampilkan semua informasi tentang usahanya kedalam sebuah website yang dimiliki. Dengan adanya website ini, akan memudahkan perusahaan dalam melakukan kerja sama dengan perusahaan yang lain.

3. Blog

Blog adalah bagian dari website. Di blog, Anda bisa membuat tulisan sendiri atau apapun. Baik itu tulisan yang berupa cerita, informasi atau bahkan bisa digunakan untuk jualan juga. Salah satu blog dengan berbagai informasi menarik yaitu Digital Poin ini.

4. Web Instansi

Sesuai namanya, web ini dibuat oleh pemerintah daerah yang menampilkan berbagai informasi tentang wilayah daerah tersebut.

5. Web Portal Berita

Di Indonesia sudah banyak sekali situs-situs berita yang menampilkan berbagai kejadian dan informasi. Saking banyaknya, bahkan web-web berita tersebu mengambil alih konten-konten yang biasanya ada di blog.

Itulah beberapa jenis website yang bisa Anda ketahui, sedangkan untuk pembagiannya, tentu memiliki berbagai jenis lagi. Mulai dari website yang disebut sebagai landingpage, web portofolio, web video, web jurnal dan sebagainya.

Roni
Penulis:
Roni
Tebarkan kebaikan walau hanya sedikit setidaknya itu berman…

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]
statistik blog digital poin