--> Skip to main content
Menu

Bahaya Diet Tidak Makan Nasi atau Karbohidrat

Bahaya Diet Tidak Makan Nasi atau Karbohidrat

Bahaya Diet Tidak Makan Nasi atau Karbohidrat - Banyak orang khusus perempuan yang melakukan diet secara ekstrim. Diet ekstrim yang mereka lakukan dengan berbagai cara. Misalnya hanya makan sayur dan buah, tidak makan dalam beberapa hari dan bahkan melakukan olahraga ekstrim agar lemak-lemak di tubuh cepat menyusut. Dan yang sering dilakukan adalah melakukan diet dengan cara tidak makan nasi atau karbohidrat.

Masih menjadi kepercayaan banyak orang yang melakukan diet, bahwa makan nasi adalah salah satu yang menyebabkan diet menjadi gagal atau sia-sia. Padahal pernyataan seperti itu salah. Karena setiap orang yang melakukan diet tetap membutuhkan energi yang bisa didapatkan dari karbohidrat yang di konsumsi.

Kebutuhan karbohidrat tubuh manusia berbeda-berbeda, begitu juga yang melakukan diet. Untuk melakukan diet yang baik dan sehat, tentunya membutuhkan nilai gizi yang seimbang. Kebutuhan gizi yang seimbang tidak hanya untuk tujuan diet semata tapi juga untuk aktifitas tubuh sehari-hari.

Oleh karena ini, jika ingin melakukan diet lakukan beberapa pertimbangan yang baik agar program diet yang Anda lakukan berhasil dengan baik pula. Bukan hanya sekedar menahan lapar, mengganti asupan makan, atau melakukannya dengan suka-suka asalkan berat badan turun dan tubuh menjadi lebih kurus.

Mungkin anggapan seperti itu benar menurut Anda karena sudah berhasil menurunkan berat badan dan mengecilkan tubuh sesuai keinginan. Namun tanpa disadari, ada sesuatu yang salah yang sebenarnya sudah Anda ketahui. Namun demi satu tujuan, keadaan itu diabaikan begitu saja.

Salah satu yang biasa dilakukan saat diet adalah tidak makan nasi atau diet tanpa karbohidrat. Banyak yang mengamini, jika ingin berhasil diet, jangan makan nasi atau karbohidrat. Padahal karbohidrat adalah sumber energi bagi tubuh dan nutrisi penting bagi organ-organ dalam tubuh.

Apa Saja Bahaya Diet Tidak Makan Nasi atau Karbohidrat?

Diet tanpa nasi atau karbohidrat sebenarnya tidak membahayakan kesehatan asalkan kebutuhan nasi bisa diganti dengan sumber makanan yang lain yang mengandung karbohidrat. Nah, agar tidak salah kaprah, berikut bahaya diet tanpa karbohidrat yang wajib diketahui:

1. Kelelahan

Karbohidrat adalah sumber utama energi tubuh, jika tubuh kekurangan karbohidrat secara terus menerus maka akan menyebabkan tubuh mudah lelah karena tidak ada energi yang digunakan sebagai tenaga. Dan tubuh tidak akan sanggup melakukan aktivitas karena lemas.

Ingat, melakukan diet tidak dilakukan dalam hitungan jam, tapi hari. Jika setiap hari tubuh kekurangan karbohidrat, akan terjadi sesuatu yang bisa membahayakan tubuh Anda.

2. Ketosis

Apa itu ketosis? Ketosis adalah proses perubahan energi didalam tubuh. Ketosis terjadi karena tubuh membakar karbohidrat menjadi lemak dan lemak digunakans ebagai energi. Jika tubuh kekurang karbohidrat, maka lemak cadangan dalam tubuh yang akan di proses menjadi energi.

Jika lemak dalam tubuh sudah berkurang, maka akan ada perubahan metabolisme dalam tubuh yang ditandai dengan pusing, mual, bau mulut, sulit berkonsentrasi, dan nafsu makan menurun.

3. Kehilangan Berat Badan

Mungkin ini tujuan utama dalam melakukan diet, namun tanpa adanya karbohidrat, bukan hanya berat badan yang turun tapi tubuh menjadi tidak stabil karena kekurangan asupan energi.

4. Hipoglikemi

Kekurangan karbohidrat yang berlebih akan menyebabkan gula dalam darah akan menurun sehingga terjadi hipoglikemi. Jika hipoglikemi ini tidak diatasi dengan serius akan menyabkan kematian.

5. Coma

Diet ekstrim yang sering dilakukan bisa menyebabkan mengalami penurunan kesadaran hingga kearah coma alias tidak ada respon sama sekali. Coma ini terjadi karena kebutuhan karbohidrat dalam tubuh tidak ada sama sekali.

Oleh karena itu, jika ingin melakukan diet, lebih baik lakukan secara wajar. Diet yang baik hanya bertujuan untuk menjaga kesehatan, mencegah berbagai penyakit, dan menjalani hidup lebih sehat dengan pola hidup yang baik.

Dan hindari diet tanpa nasi untuk menjaga diet tetap sehat dan aman. Jika tidak ingin makan nasi, ganti saja kebutuhan karbohidrat dengan sumber makanan yang lainnya seperti roti, gandum, dan kentang. Semoga bermanfaat.


Roni
Penulis:
Roni
Tebarkan kebaikan walau hanya sedikit setidaknya itu berman…

2 komentar

  1. Ike Lawbers
    Bener banget mas Roni, diet tanpa makan nasi samasekali menurutku nggak tepat ya.. misalkan memang udah gak mau makan nasi, harus diganti dengan jenis karbohidrat yang lain seperti kentang misalnya.

    Protein harus tetap ada. Buah2an, sayuran. Ya, kalo mau jalankan program diet yang baik, diharapkan konsultasi terlebih dahulu dgn dokter. [Ahli gizi]. Jangan asal diet2an ajah... ntar ada risikonya.

    Thanku info sehatnya ya mas...
    • Hamza Irawan
      Betul mbak, asupan yang lainnya memang harus ada dan seimbang meskipun tanpa nasi.
      Terimakasih banyak atas kunjungannya mbak :)
    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]
statistik blog digital poin