Skip to main content

3 Kebiasaan Blogwalking yang Tidak Baik

3 Kebiasaan Blogwalking yang Tidak Baik

Sudah pernah melakukan blogwalking? Khusus yang punya blog, pasti sebagian dari Anda pernah melakukan blogwalking atau semua blogger di dunia ini melakukan blogwalking. Karena tujuan blogwalking sendiri menurut saya tidak hanya sekedar berkunjung dan berkomentar dengan harapan blog yang kita miliki dikunjungi dan dikomentari juga.

Namun dari segi simbiosis mutualisme atau yang saling menguntung, blogwalking dilakukan untuk saling mengunjungi dan mengomentari artikel pada masing-masing blog. Padahal lebih dari itu, banyak sekali manfaat dan tujuan dari mengunjungi blog orang lain tersebut, meski tanpa harus saling mengunjungi

Bukankah jika Anda sebagai seorang blogger harus menemukan sumber konten yang banyak? Dan untuk menemukan konten-konten tersebut, tentunya Anda harus mengunjungi blog-blog orang lain atau website-website berita dan informasi. Jika ada konten yang menarik, tentunya ada inisiatif untuk membuat artikel dengan konten yang ditemukan pada blog atau website tersebut.

That is Blogwalking menurut saya... Membaca artikel blog atau website orang lain dan menemukan ide dari setiap artikel yang saya baca. Jika ada artikel yang menarik, tentunya saya bisa membuat artikel dengan topik yang sama namun dengan cara saya menyampaikan melalui tulisan saya sendiri.

Apakah itu boleh? Tentu saja boleh dan tidak ada larangan karena sudah ditulis sendiri menurut gaya tulisan saya dan bukan langsung menyalin artikel tersebut.

Namun ada dalam melakukan blogwalking atau saling berkunjung ke blog yang lain, ada beberapa hal yang menurut saya kurang baik dan malah menjadi kebiasaan hampir semua blogger melakukan ini yaitu:

1. Hanya Membaca dan Mengomentari Artikel Terbaru

Rata-rata semua blogger yang melakukan blogwalking hanya melihat, membaca, dan mengomentari artikel pertama dari blog yang mereka kunjungi. Seakan-akan artikel yang lainnya diabaikan begitu saja.

2. Membaca Artikel Tapi Tidak Mengomentari

Jika melihat tujuan umum yang sudah banyak diketahui dari blogwalking ini, maka setiap blogger yang membaca artikel blog blogger yang lain maka harus disertai dengan komentar. Karena komentar adalahs alah satu bukti kalau sudah benar-benar mengunjungi blog tersebut.

Sepertinya 2 menu utama ini, membaca dan komentar adalah menu wajib yang harus dilakukan saat blogwalking. Padahal tidak semua blogger harus mengomentari artikel yang sudah dibaca tersebut.

3. Mengomentari Tapi Tidak Membaca

Nah ini yang repot, karena hanya ingin dikunjungi balik, ada blogger yang cuma titip komentar hanya dengan 3 kata: "wah keren artikelnya...", "jangan lupa kunjunganya...", "nice info gan...", "artikelnya menarik mas...", "terimakasih infonya gan..." dan kalimat menarik lainnya yang sangat mudah dimengerti.

Namun apakah mereka membaca artikel blognya?

Padahal artikel yang ditulis itu diharapkan ada respon dari setiap isi artikel tersebut. Dengan adanya respon yang sesuai dengan isi artikel, maka akan ada pembahasan lebih lanjut dalam komentar dan tentunya akan menjadi lebih menarik halaman artikel tersebut.

Tapi yo wis lah, toh setiap blogger memiliki kebiasaan yang unik dalam mengunjungi blog orang lain. Mereka memiliki hak untuk melakukan apa saja selama tidak merugikan. Apalagi blogwalking bukanlah suatu keharusan untuk terjadinya feed back yang baik.

Semoga kebiasaan blogwalking ini menjadi kebiasaan yang baik, bukan hanya sekedar komentar saja tapi membaca artikel sampai selesai guna meningkatkan pagview blog. Semoga bermanfaat.

2 Komentar

  1. Kalau aku suka dengan artikel blog tersebut maka aku baca dan komentari. Kalau aku nggak begitu suka dengan artikel tersebut ya aku cuma lihat dan aku komentari saja. Kadang-kadang juga cuma lihat dan tidak berkomentar.

    BalasHapus