Skip to main content

Manfaat Menggeliat (Stretching) Saat Bangun Tidur

Apa yang kamu lakukan saat bangun tidur? Beda orang beda aktivitas yang langsung dilakukaan saat bangun tidur. Ada yang langsung ke kamar mandi, cuci muka atau langsung mandi. Ada yang langsung duduk-duduk, bikin kopi dan rokokan (biasanya anak kost nih) dan ada yang tetap males-malesan ditempat tidur.

Manfaat Menggeliat (Stretching) Saat Bangun TidurFoto: Pixabay.com

Padahal dalam kondisi tidur normal, setiap bangun tidur orang langsung bangun dan melakukan peregangan atau menggeliat sesaat. Namun jika kualitas tidur yang kurang, maka rasa males dan enggan untuk bangun pasti selalu terjadi. Dan efek sampingnya jika males bangun tidur adalah badan menjadi lemas.

Oleh karena itu, mengatur kualitas tidur dengan tidur tepat waktu secara rutin setiap hari akan membuat badan menjadi lebih sehat karena kebutuhan istirahat terpenuhi dengan baik. 

Nah dari setiap aktivitas yang dilakukan setelah tidur, ternyata ada salah satu yang memiliki manfaat bagi tubuh yaitu stretching. Apa itu stretching? Stretching adalah Peregangan yang biasanya dilakukan saat akan berolahraga atau setelah olahraga. Peregangan dilakukan pada saat olahraga bertujuan untuk melemaskan otot sehingga mengurngi terjadinya resiko cidera.

Selain dilakukan pada saat olahraga, ternyata stretching bisa dilakukan sesudah tidur atau menggeliat. Apa manfaat menggeliat (stretching) dilakukan saat bangun tidur?

Kebiasaan saat ini yang dilakukan setelah tidur adalah menarik kembali selimut dan melanjutkan tidur. Apalagi dengan cuaca yang dingin atau di kamar tidur menggunakan AC atau kipas angin tentu menarik selimut adalah pilihan untuk melanjutkan tidur hingga matahari agak tinggi.

Padahal bangun pagi-pagi, langsung mandi dilanjutkan minum teh hangat atau susu dan olahraga jalan-jalan santai lebih bermanfaat dari hanya sekedar menarik selimut. Menikmati indahnya pagi hari. Selain itu ada manfaat lain yang bisa didapatkan setelah bangun tidur yang mungkin belum pernah Anda sadari sebelumnya. Apa itu? Menggeliat!

Menggeliat atau stretching atau peregangan diatas tempat tidur itu memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Gerak sederhana ini bisa dilakukan selama 5 - 10 menit dan bisa dilakukan diatas tempat tidur, bisa dilakukan sambil berbaring, atau bisa dilakukan sambil duduk. Namun belum bagusnya lagi dilakukan sambil berdiri.

Tidak perlu keluar kamar, bangun dari tempat tidur, buka jendela kamar dan lakukan stretching. Sambil melihat indahnya pagi hari dari balik jendela kamar. Sungguh sangat indah dan menenangkan dan membuat tubuh terasa lebih nyaman.

Apa Manfaat Stretching?
Sama halnya saat dilakukan pada waktu olahraga, stretching setelah bangun tidur memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh diantaranya:

1. Melancarkan Peredaran Darah
Melakukan peregangang di pagi hari sangat bagus setelah bangun tidur. Karena tubuh sudah beristiraha dalam beberapa jam. Dengan melakukan stretching sederhana saat bangun tidur akan membeuat peredaran darah dalam tubuh menjadi lebih lancar dan tubuh terasa lebih segar.

Pernah kan saat tidur menggeliat dan merasakan tubuh lebih nyaman? Itu tandanya karena peredaran darah lebih maksimal ke seluruh tubuh.

2. Memperbaiki Postur Tubuh
Sering duduk dan menulis artikel di blog? Dan merasakan punggung terasa nyeri atau kaku? Itu terjadi karena kebiasaan duduk yang terlalu lama yang mmebuat postur tubuh mejadi lebih bungkuk. Solusinya adalah lakukan peregangan. Dengan melakukan peregangan setiap hari, maka kondisi punggung akan menjadi lebih baik.

Solusi lain untuk nyeri punggung karena terlalu lama duduk adalah atur posisi duduk dengan tidak sering-sering membungkuk. Sekali-kali posisi tegap saat duduk dan berdiri setelah duduk terlalu lama.

3. Mengurangi Nyeri
Nyeri yang ditimbulkan saat bangun tidur terjadi karena posisi tidur yang kurang tepat. Dengan melakukan stretching atau menggeliat akan membuat tubuh lebih nyaman. Emangnya posisi tidurmu seperti apa, kok sampai nyeri? Jungkir balik tah? 

4. Melenturkan Otot dan Sendi
Pernah merasa kram saat bangun tidur? Kalau iya itu tandanya tubuh Anda kaku. Kaku yang terjadi pada bagian-bagian otot atau sendi yang terjadi karena kurang berolahraga, kurang cairan tubuh, lebih sering pada satu posisi, dan jarang pijat.

Jika Anda menggeliat saat bangun tidur akan membuat otot menjadi lebih lentur. Apalagi jika menggeliat dilakukan pada posisi yang berbeda, ke kanan dan ke kiri maka Anda akan merasakan lebih nyaman pada tubuh Anda.

5. Tubuh Menjadi Lebih Fit
Setelah melakukan stretching saat bangun tidur, jangan kembali tidur karena itu akan membuat Anda tertidur lagi. Segeralah bangun dan lakukan stretching sambil berdiri saat bangun tidur. Dengan begitu tubuh akan kembali fit dan segar setelah mandi. Mandi yaa...

Ternyata menggeliat yang dilakukan setelah bangun tidur memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Menggeliat memang termasuk salah satu stretching sederhana, melakukan stretching selama 5 - 10 menit akan membut tubuh menjadi lebih fit dan sehat. Semoga bermanfaat.

6 Komentar

  1. Wah... Ternyata menggeliat di pagi hari banyak manfaatnya juga ya.

    Makasih buat informasinya Mas. šŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mas Rudi, semoga semakin rajin dalam menggeliat hehe

      Hapus
  2. selama ini kalau bangun tidur saya jarang stretching kang. Biasanya langsung jalan ke kamar mandi buat cuci muka :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hampir sama dengan saya kalau gitu kang, cuci muka, pipis dan balik lagi tidur hehehe

      Hapus
  3. Wedew, tak kusangka, ternyata banyak manfaatnya yak...

    Emang paling enak sh bangun tdr terus mengeliyatšŸ˜‚rasanya seger, terus di badan gak pegelšŸ¤£dah kek tawuran aja tdurnya sampe pegel kwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tawuran masih mending mbak Bintang, lha ini dikejar-kejar si kunti serem sampe jatuh dari tempat tidur hehehe

      Hapus