Skip to main content

Domain Aktif Hanya 1 Tahun dan Maksimal 10 Tahun

Domain adalah bagian terpenting dari sebuah website atau blog. Tanpa adanya domain, maka Anda tidak bisa mengakses, membuat atau menggunakan website tersebut. Atau pun sebaliknya, keberadaan website atau blog tidak akan ada jika tidak ada domain. Sebenarnya apa sih domain itu?


Domain Aktif Hanya 1 Tahun dan Maksimal 10 TahunImage: Digitalpoin.com

Domain itu adalah nama alamat dari sebuah website atau blog yang diidentifikasi dengan menggunakan link atau tautan yang disebut dengan URL atau Uniform Resource Locator. Oleh karena itu dengan adanya link pada domain maka kita bisa mengakses sebuah website.

Bagaimana Cara Mendapatkan Domain?

Domain didapatkan dengan cara melakukan pencarian dan pendaftaran nama domain yang diinginkan di layanan penyedia domain atau registar. Dalam menentukan nama domain ini, Anda bebas memilih nama yang diinginkan. Bisa menggunakan nama sendiri, merek dagang atau brand, atau nama-nama lainnya yang disukai.

Namun yang perlu diperhatikan dalam menggunakan domain adalah jumlah kata yang digunakan. Biasanya nama domain hanya terdiri satu kata atau maksimal 3 kata. Misalkan Google, Digital Poin, Amazon, Okezone, Tabloid Bintang, Djangkaru Bumi, dan sebagainya.

Pada setiap domain yang digunakan memiliki ekstensi domain. Ekstensi domain adalah kata unik yang menyertai nama domain atau akhiran yang terdapat pada nama domain. Dalam penggunaannya ada banyak sekali ekstensi domain yang bisa digunakan misalnya ekstensi com, ekstensi net, ekstensi id, ekstensi org dan sebagainya.

Dalam penulisan ekstensi domain ini diawal dengan tanda titik sehingga ekstensi com menjadi .com [dibaca dot com]. Dan dalam penggunaannya pada nama domain misalnya Google.com, Digitalpoin.com, amazon.com dan sebagainya.

Bagaimana Cara Mendapatkan Nama Domain Secara Lengkap?

Ada banyak layanan yang bisa digunakan untuk mendaftarkan nama domain dengan memilihnya sebagai domain website atau blog Anda. Salah satu yang direkomendasikan untuk mendapatkan dan mendaftarkan domain adalah idwebhost.com. Kenapa memilih idwebhost?

Memilih layanan idwebhost untuk mendaftarkan nama domain karena layanan ini sangat baik, kualitas server juga bagus dan support yang selalu ada buat customernya. Silahkan kunjungi alamat idwebshot diatas.

Apakah untuk Mendapatkan Domain Harus Bayar?

Untuk mendapatkan domain secara lengkap ada yang berbayar dan ada yang gratis. Untuk yang berbayar harga yang dijual sekitar Rp 150.000, Anda bisa menggunakan layanan idwebhost di link atas untuk mendapatkannya. Sedangkan yang gratis atau domain gratisan, Anda bisa mencarinya di Google dengan kata kunci "domain gratis" [tanpa tanda kutip].

Berapa Lama Domain Aktif?

Domain berbayar bisa aktif minimal selama 1 tahun dan jika sudah melewati masa tanggal aktif maka domain harus diperpanjang sesuai dengan harga awal atau bisa bertambah ssuai syarat dan ketentuan yang diberikan registar.

Bahkan jika ingin aktif lebih lama, domain bisa diaktifkan lebih dari 1 tahun. Misalnya 2 tahun, 5 tahun, hingga maksimal 10 tahun [kalau tidak salah]. Cek masa aktif domain google.com dan facebook.com kurang lebih 10 tahun. Jadi domain yang akan Anda gunakan bisa sampai 10 tahun aktif secara langsung. Sehingga tidak perlu melakukan perpanjangan setiap tahunnya. Namun biaya yang dibutuhkan lebih besar jika dibandingkan dengan yang 1 tahun.

Namun rata-rata masa aktif domain yang sering digunakan adalah selama 1 tahun dan 2 tahun. Jadi selalu diperpanjang setelah masa tenggang dari tanggal aktif domain tersebut. Dimana perpanjang domainnya? Tentunya di tempat layanan Anda membeli domain tersebut.

1 Komentar

  1. Kalau saya pribadi belum pd mas kalau mau perpanjangan sampai 10 tahun takutnya baru dapet 2 tahun langsung males hehe,,,ditambah lagi ya mahalnya itu,,,misalkan domain 1 tahun 150ribu di kali 10 tahun audah sejuta setengah,,,apalagi kalau domain yg harganya mahal wah bisa tekor wkwkw,,,

    BalasHapus