Skip to main content

Harga Domain Premium Ternyata Sangat Mahal Banget!

Harga Domain Premium Ternyata Sangat Mahal Banget! Apa itu domain premium? Pengertian dari domain sendiri adalah sebuah nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi alamat server dalam jaringan internet dengan ekstensi sebagai identitasnya. Domain ini ibarat sebuah petak tanah kavling dan bangunan rumahnya merupakan websitenya. Jadi setiap kavling rumah memiliki karakteristik bangunan yang berbeda. Begitu juga domain. Domain memiliki nama yang unik meskipun memiliki ekstensi yang sama.

Harga Domain Premium Ternyata Sangat Mahal Banget
Begitu pun juga dengan harga, ibarat sebuah tanah kavling dengan ukuran yang berbeda, atau dengan lokasi yang berbeda. Begitu juga dengan harga domain memiliki harga yang berbeda sesuai dengan ekstensi yang digunakan. Setiap domain memiliki ekstensi yang berbeda dengan harga yang berbeda pula. Beberapa ekstensi domain yang banyak digunakan .com, .net, .org, .edu, .us, .me dan lain sebagainya. Ekstensi domain seperti ini termasuk dalam top level domain dengan kategori global. Sedangkan ekstensi domain seperti .id, .co.id, web.id, .my.id adalah ekstensi domain yang digunakan per wilayah suatu negara. Atau disebut juga Country Code Level Domain.

Bagaimana dengan Domain Premium? Apakah sama dengan domain-domain biasanya? Atau seperti apakah domain premium tersebut? Berbayar? Atau ada sesuatu yang istimewa pada domain tersebut? Yuk kita bahas satu per satu mengenai domain premium dibawah ini.

  1. Apa itu Domain Premium ?

    Domain premium adalah domain yang ditawarkan untuk dijual kembali dengan harga yang sangat mahal (premium). Jadi jenis domain seperti ini sudah ada yang memiliki namun belum aktif. Dan bisa dimiliki oleh siapa saja jika mau membelinya dengan harga yang telah ditentukan.
  2. Harga Domain Premium
    Berbeda dengan harga domain pada umumnya, harga domain premium sangat mahal meskipun sama-sama memiliki ekstensi yang sama dengan domain pada umumnya. Namun ada keistimewaan pada domain premium ini. Misalkan nama domainnya unik.
  3. Cara Mengetahui Domain Premium
    Bagaimana cara mengetahui sebuah domain termasuk domain premium? Caranya sangat mudah, Anda cukup menggunakan 2 layanan penyedia domain ini dibawah ini dan melakukan pengecekan nama domain yang Anda inginkan.
    • Google Domains
      Buka https://domains.google.com/ dan carilah nama domain yang Anda inginkan. Misalkan saya mencari nama domain "jejakdigital", jika nama domain ini termasuk premium maka hasilnya akan terlihat seperti gambar dibawah ini:

      domain premium
    • Godaddy
      Begitu juga dengan di Godaddy, buka https://id.godaddy.com/ dan lakukan pengecekan nama domain yang diinginkan. Jika domain tersebut termasuk dalam domain premium maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini:

      domain premium
  4. Cara Mendapatkan Domain Premium

    Untuk mendapatkan domain premium caranya seperti yang telah disebutkan diatas. Lakukan pengecekan menggunakan layanan Google Domain atau Godaddy, untuk layanan lokal sepertinya belum bisa. Jika Anda menggunakan layanan lokal penyedia domain, maka akan muncul pemberitahuan kalau domain tersebut tidak tersedia. Tapi jika Anda menggunakan layanan Google Domain atau Godaddy maka akan ada opsi pemberitahuan kalau domain tersebut ada yang memiliki dan bisa dimiliki dengan syarat dengan ketentuan yang berlaku.
  5. Kenapa Harga Domain Premium Mahal?
    Banyak faktor yang menyebabkan harga domain premium menjadi mahal. Salah satunya adalah karena unik.
  6. Daftar Domain Premium
    Dibawah ini adalah beberapa nama domain yang saya temukan dengan menggunakan layanan pencarian di Google Domain dan Godaddy. Nama-nama domain ini sangat istimewa dan tentunya semua blogger pasti ingin memiliki nama-nama domain dibawah ini. Nama-nama domain ini masih belum digunakan tapi bukan berarti tidak ada yang punya. Domain ini sudah ada yang punya tapi dijual kembali dengan harga yang sangat mahal.

    ayobaca.com, bacaonline.com, info.online, infointernet.com, hijaudaun.com, majalahku.com, majalahindonesia.com, serdadu.com, jejakdigital.com, zonamerah.com, cewekjakarta.com, smart.site, infosmart.co, sahabatpena.com, klikbaca.com, kliklink.com, embunpagi.com, rumahbaca.com, kopimanis.com

    Apakah Anda ingin memiliki domain-domain diatas? Silahkan lakukan pengecekan untuk mengetahui pemiliknya menggunakan layanan penyedia domain yang telah disebutkan diatas.
Ada 2 Jenis Domain Premium
  1. Domain Premium Purnajual
    Tipe domain seperti ini adalah yang ditawarkan untuk dijual kembali oleh pemilik dengan harga yang sangat mahal untuk harga awal. Sedangkan untuk harga domain selanjutnya atau harga perpanjang, mengkuti harga reguler yang ada pada layanan domain tersebut (registar). Misalkan harga domain premium yang dibeli Rp 20.000.000 maka harga perpanjangan domain adalah Rp 200.000,.
  2. Domain Premium Pegistry
    Harga domain saat melakukan pendaftaran domain baru dan mendapatkan domain yang diinginkan. Namun harga domain tersebut dibanderol dengan harga mahal. Biasanya yang masuk kedalam domain seperti ini adalah domain-domain dengan nama singkat atau hanya terdiri dari 3 - 4 huruf.
Semoga bermanfaat. Jika Anda ingin membeli domain dengan harga yang sangat murah dan ada harga promo, silahkan baca di Cara Membeli Domain dan Hosting Untuk Membuat Blog atau Website