Skip to main content

Cara Memindahkan Atau Menyalin Seluruh Artikel Blog

Jika Anda memiliki blog baru dan ingin mengisi blog tersebut dengan artikel yang ada di blog lama, maka cara memindahkan atau menyalin seluruh artikel blog yang ada didalam tulisan ini bisa Anda terapkan. Namun perlu diketahui terlebih dulu, cara memindahkan artikel ini hanya bisa dilakukan pada Blogspot atau Blogger saja, sedangkan untuk yang lainnya tidak bisa. Kenapa harus memindahkan artikel ke blog yang lainnya?

Cara Memindahkan Atau Menyalin Seluruh Artikel Blog
Banyak alasan dan penyebab kenapa artikel harus di ekspor ke blog yang lainnya. Dan yang saya ketahui beberapa alasan dibawah ini adalah faktor utama yang harus dilakukan untuk memindahkan seluruh isi blog ke blog yang lainnya:
  • Blog di banned oleh Google sehingga seluruh artikel tidak bisa di buka. Bolehkah artikel bekas blog dibanned dipindahkan ke blog baru? Boleh-boleh saja, yang penting harus di edit dulu.
  • Blog tidak terurus dan terbengkalai bertahun-tahun. Blog seperti ini otomatis sudah tidak terindeks lagi oleh Google. Sedangkan isi blog sudah banyak. Daripada membuat artikel baru untuk blog baru, kenapa tidak dipindahkan saja artikel yang ada di blog lama tersebut ke blog baru?
  • Terlalu banyak blog dan yang aktif hanya satu blog sedangkan blog yang lain sudah memiliki artikel yang lumayan banyak. Kenapa tidak dijadikans atu saja artikel blog yang lainnya ke blog yang aktif tersebut?
  • Malas membuat artikel blog dan maunya langsung memiliki ratusan artikel dalam waktu singkat. Caranya? Cobalah bertanya pada blog sebelah ya...
Dan banyak alasan lainnya yang hanya bisa diketahui oleh mereka sendiri yang mau melakukan salin menyalin seluruh artikel blog ini. Sedangkan untuk cara memindahkan seluruh artikel ke blog yang baru, ada 2 cara yang bisa dilakukan yaitu:
  1. Download Artikel Blog
    Untuk mendownload seluruh artikel yang ada blog sendiri atau blog milik sendiri bisa dilakukan di menu Setelan >> Lainnya >> Cadangkan.
    Mendownload seluruh artikel ini sama dengan mencadangkan artikel blog dan tersimpan kedalam penyimpanan di Laptop atau Komputer.
  2. Upload Artikel Blog
    Setelah mendownload atau mencadangkan artikel blog dan ingin memindahkan artikel tersebut ke blog lainnya, maka caranya adalah dengan mengupload file artikel yang telah dicadangkan tersebut kedalam blog yang baru. Untuk melakukan ini buka menu Setelan >> Lainnya >> Import Konten.

    Kedua menu diatas bisa Anda lihat seperti pada gambar dibawah ini:

    Menyalin Seluruh Artikel Blog
Itulah cara memindahkan seluruh artikel blog sekaligus dan tidak membuat Anda harus satu per satu untuk memindahkan artikel yang ada. Kalau hanya 10 artikel masih bisa dilakukan secara manual, bagaimana kalau artikelnya 20 lebih? Tentu akan membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan pemindahan artikel tersebut. Semoga dengan cara diatas lebih memudahkan dalam menyalin seluruh artikel blog yang ada.

7 Komentar

  1. Mantap nih infonya. Kebetulan saya pas mau copy begerapa konten lama blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah semoga bermanfaat ya mbak 🙏

      Hapus
  2. Saya juga suka copy blogspot saya untuk di-backup di blogspot yang satunya. Caranya juga seperti yang dijelaskan ini. Hanya saja, karena tujuannya hanya untuk backup, blogspot yang satunya memang disembunyikan dari google dan orang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak biar tidak terjadi apa-apa di blog utama dan ada cadangannya

      Hapus
  3. Bener banget gan, saya udah nyobain, gagal adsense disini coba yang baru lagi, udah ngetik panjang-panjang. Ya setidaknya memperbanyak artikel aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehee betul mas, bisa dijadikan alternatif

      Hapus
  4. Kapan-kapan saya mau mindahkan artikel lama di blog lama ke blog baru.
    Makaaih indo nya maa Roni.

    BalasHapus