Skip to main content
➜ Cooming Soon.. Hosting Murah Berkualitas!

Apakah Blog Digital Poin Kena Google Penalty?

Apakah Blog Digital Poin Kena Google Penalty?
Apakah Blog Digital Poin Kena Google Penalty? Pertanyaan ini muncul setelah 1 bulan ini blog kami mengalami penurunan trafik yang sangat luar biasa, awalnya kami berpikir kalau blog ini sudah Koit karena beberapa waktu yang lalu jarang Update tapi tidak update artikel baru sekitar 1 mingguan dan sebenarnya itu bukan waktu yang lama. Namun kami keliru, bukan masalah tidak update yang membuat blog kena Google Penalty meskipun itu adalah salah satu faktornya.

Apakah Blog Digital Poin Kena Google Penalty
Setelah kami ingat-ingat apa yang kami lakukan pada blog ini, ternyata itulah penyebab trafik blog ini menurun. Apa yang telah kami lakukan pada blog ini? Membuat backlink yang tidak berkualitas secara berlebihan dengan menggunakan blog-blog baru atau dengan layanan-layanan submit blogging! Meskipun blog-blog tersebut menggunakan konten tang relevan namun sepertinya Google memiliki penilaian tersendiri dengan penggunaan backlink tersebut.

Selain trafik yang menurun rank blog juga mengalami penurunan setelah kami cek di Alexa dan begitu juga dengan Sitelink blog ini, benarkah semua itu disebabkan oleh Google Penalty? Bisa iya karena jika dilihat dari permasalahan yang dialami oleh blog ini yaitu trafik blog menurun dengan drastis. Dan selain itu target keyword yang kami bidik di beberapa artikel blog ini juga lenyap padahal sebelumnya keyword-keyword tersebut sangat nyaman berada di halaman satu dan atau halaman 3, namun kini semuanya sudah hilang.

Sebenarnya Apa sih Google Penalty itu?
Sebenarnya sudah banyak penjelasan mengenai Google Penalty ini, mulai dari jenis dari penalti yang diberikan oleh Google pada blog yang terindikasi melakukan pelanggaran sampai cara mengatasi masalah penalti dari Google ini. Dan artikel ini sendiri adalah artikel pengingat diri bahwa jangan terlalu berlebihan dalam melakukan optimasi selama masih ada Google apalagi blog yang dibuat juga numpang di layanannya Google!

Google Penalty adalah hukuman yang diberikan kepada blog atau web yang melanggar ketentuan dari Google, khususnya aturan dalam melakukan optimasi web atau blog. Penalty yang diberikan oleh Google akan menyebabkan web atau blog tersebut akan mengalami penurunan ranking dan trafik blog menurun dengan cepat, dan bahkan blog atau web hilang dari hasil penelusuran mesin pencari.

Meskipun menurunnya trafik atau ranking blog bukan disebabkan oleh karena penalti dari Google sepenuhnya, ada beberapa faktor yang menyebabkan trafik blog menurun yaitu:
  1. Blog di blokir oleh robots.txt, blog tidak cepat di crawler oleh Google, atau karena faktor teknis dari blog tersebut seperti gangguan pada server.
  2. Mengganti domain blog dan template blog secara terus menerus.
  3. Blog atau website masih baru dibuat.
Jika ketiga poin diatas terjadi pada blog Anda maka besar kemungkinan blog tidak kena Google Penalty, atau mungkin juga karena salah satu ketiga poin tersebut blog kami ini mengalami penurunan trafik dan ranking, salah satunya adalah mengganti tampilan blog. Awal blog ini dibuat menggunakan tampilan List di halaman homepage dan mengganti dengan tampilan Grid seperti yang terlihat saat ini di halaman homepage.

Google Penguin?
Namun kami juga curiga dengan algoritma yang satu ini, jangan-jangan blog ini juga kena Google Penguin yang membekukan beberapa konten blog sehingga berimbas pada konten yang lainnya. Karena secara konsep Google Pengiun memantau masalah penggunaan anchor text dan backlink.

Ah entahlah yang pastinya trafik blog ini mengalami penurunan yang sangat drastis dan besar kemungkinan kami menduga blog ini kena hukuman dari Google dengan segala algoritma mereka yang selalu mengawasi setiap blog atau website secara berkala dan otomatis melakukan tindakan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang telah mereka tetapkan.

Terkait penalti dari Google, kami juga menduga kemungkinan besar blog ini terkena penalti manual, yaitu penalti yang diberikan oleh Google secara langsung karena melakukan pelanggaran terhadap konten. Dan juga terkena penalti karena algoritma yaitu adanya perubahan Algoritma Google yang menemukan adanya pelanggaran dalam konten blog ini. Ini analisa kami, benar atau tidaknya kemungkinan lebih banyak benarnya karena trafik dan ranking blog ini benar-benar menurun.

Apalagi jika dilihat dari tanda-tanda keseluruhan dari dampak Google Penalti yang dialami oleh blog ini yaitu:
  • Trafik blog menurun drastis di beberapa laman.
  • Trafik blog menurun drastis untuk beberapa kata kunci.
  • Halaman konten blog tidak tidak tampil di hasil pencarian untuk beberapa kata kunci.
Dengan adanya permasalahan trafik blog yang menurun ini, kami mulai melakukan pembenahan secara bertahap dan memulainya dari awal. Perbaikan yang kami lakukan diantaranya adalah:
  • Memperbaiki apa yang menjadi masalah utama yaitu backlink yang terlalu berlebihan.
  • Melakukan ping ulang ke Google setelah melakukan perbaikan.
  • Membuat konten lebih baik lagi meskipun konten blog ini secara keseluruhan adalah hasil tulisan sendiri.
  • Tidak membuat backlink secara membabibuta dengan cara apapun.
  • Dan beberapa tindakan lainnya.
Memulai dari awal untuk semua yang telah dilakukan dan menatanya kembali adalah menjadi pelajaran penting yang memang harus dialami oleh siapapun, tidak ada yang sempurna bisa dilalui dengan baik, sekalipun sudah mengetahui dampak. Dan itu resiko rasional yang juga harus ditanggung dan harus dihadapi dengan tenang dan menjadi lebih baik lagi. Semoga artikel tentang Google Penalty ini menjadi materi berharga buat kami untuk tetap berada dalam aturan membuat konten yang baik. Bagi kami membuat konten itu bukan hanya sekedar menulis artikel, memasang gambar atau video tapi konten secara keseluruhan yang dibutuhkan oleh blog ini, termasuk didalamnya adalah backlink.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.