Skip to main content

Apa itu Link Dofollow Nofollow, Bagaimana Cara Membuatnya?

Apa itu Link Dofollow Nofollow, Bagaimana Cara Membuatnya? Link atau tautan masih dianggap sangat penting dalam sebuah blog karena berhubungan optimasi blog itu sendiri yaitu S.E.O. Sedangkan link blog memiliki beberapa sifat yang kami ketahui yaitu link dofollow dan link nofollow. Kedua sifat link blog merupakan sekian strategi dari faktor SEO sebuah blog. Bagaimana cara memaksimalkan atau memanfaatkan kedua sifat link blog ini?

Apa itu Link Dofollow Nofollow Bagaimana Cara Membuatnya
Membuat dan memasang link dofollow dan link nofollow dianggap sebagai salah satu faktor SEO karena ini adalah strategi dalam membangun link pada blog yang disebut sebagai LINK BUILDING.

Strategi dalam membangun link blog sangat penting dan harus benar-benar diperhatikan. Bukan hanya sekedar memasang link apapun dari berbagai URL blog atau URL halaman blog yang lain, karena nantinya penggunaan kedua link ini berhubungan dengan link internal dan eksternal blog. Bahkan uniknya, link eksternal bisa dikategorikan sebagai link internal. Kok bisa? Bisa saja... Yuk kita pelajari bareng-bareng :)

Apa itu Link Dofollow Nofollow?

Kedua link ini jika didefinisikan memiliki pengertian yang berbeda dan dari pengertian tersebut, keduanya memiliki fungsi yang berbeda-beda. Berikut definisi keduanya:

Link Dofollow
Link Dofollow adalah tautan atau link blog baik itu URL link alamat blog atau URL konten blog yang bisa di indeks oleh mesin pencari yang diatur menggunakan tag dofollow pada link tersebut.

Link Dofollow biasanya digunakan untuk memberikan tautan balik pada sebuah blog atau website yang memiliki peringkat dan kualitas yang lebih baik dan memiliki konten dengan kategori yang sama atau mirip. Dengan tujuan, blog yang ditautkan tersebut mendapatkan peringkat yang lebih baik. Misalkan link blog digitalpoin.com dipasang di blognya kompiajaib.com, maka link digitalpoin yang dipasang dianggap sebagai link dofollow jika pemasangannya disertai dengan atribut tag dofollow.

Link Nofollow
Link Dofollow adalah tautan blog yang tidak bisa di indeks oleh mesin pencari yang diatur menggunakan atribut tag nofollow pada link tersebut, namun tetap diketahui sebagai sebuah link. Karena apapun jenis link yang digunakan, mesin pencari tetap mengetahui link tersebut namun memiliki nilai yang berbeda yaitu link nofollow tidak diperioritaskan sebagai link yang benar-benar digunakan untuk optimasi.

Bagaimana Cara Membuat Link Dofollow dan Link Nofollow?

Keberadaan link nofollow dan dofollow sudah ada sejak tahun 2005 dan sampai saat ini kedua link tersebut masih sangat berguna untuk digunakan dalam optimasi blog yaitu dalam membangun bakclink atau link building. Meskipun saat ini banyak yang mengatakan link building bukan lagi sebuah perioritas dalam optimasi SEO, namun keberadaannya tetap dibutuhkan dan dengan perlakuan yang agak berbeda dari sebelumnya.

Jika sebelumnya Google lebih memilih blog-blog yang menggunakan banyak link dengan kategori yang sama dan peringkat blog namun sekarang harus benar-benar disaring dan diperhatikan dalam membangun link blog. Tidak hanya asal memasang link. Begitu juga untuk membuat link dofollow dan nofollow, keduanya memiliki cara yang berbeda yaitu:

Baca Juga: Cara Memasang Link Blog Didalam Artikel

Link Nofollow
Untuk membuat link nofollow maka diperlukan atribut rel nofollow pada tautan atau link yang dipasang kedalam blog. Contohnya seperti dibawah ini:

<a href="https://www.digitalpoin.com" rel="nofollow">Digital Poin</a>

Link Dofollow
Untuk membuat link dofollow boleh atau tidak perlu menggunaka atribut rel dofollow pada tautan atau link yang dipasang kedalam blog. Contohnya seperti dibawah ini:

<a href="https://www.digitalpoin.com" rel="dofollow">Digital Poin</a>
atau tanpa atribut rel dofollow:
<a href="https://www.digitalpoin.com">Digital Poin</a>

Bagaimana Cara Menggunakan Link Dofollow dan Nofollow?
Seperti yang telah kami sebutkan diatas, untuk menggunakan link-link dofollow atau nofollow memang harus memperhatikan beberapa ketentuan karena jika tidak maka akan memperburuk peringkat blog Anda. Berikut beberapa aturan yang bisa digunakan dalam memasang atribut rel nofollow dan dofollow:
  • Gunakan atribut tag nofollow pada tautan affiliasi atau sponsor jika memungkinkan.
  • Gunakan tag nofollow pada blog yang tidak memiliki kategori yang sama.
  • Gunakan tag nofollow pada blog yang memiliki kualitas konten rendah.
  • Gunakan tag dofollow pada situs-situs referal yang berkualitas tinggi.
  • Gunakan tag dofollow pada blog yang memiliki kategori yang sama.
  • Gunakan tag dofollow pada konten asli.
Bagaimana jika tukar link atau melakukan tukar artikel review? Tergantung kesepakatan, jika keduanya sama-sama menginginkan link dengan atribut dofollow meskipun tidak dengan kategori yang sama namun memiliki konten yang aman, silahkan saja dilakukan. Dengan catatan tidak ada dusta diantara kalian untuk selamanya, kecuali blognya sudah tidak diurus.

Itulah sekilas tentang pengertian apa itu link dofollow nofollow dan cara penggunaannya. Semoga bermanafaat dan bisa diterapkan dengan bijak.

Belum ada Komentar

Posting Komentar