Skip to main content
Kelas Online: Belajar Website!

Manfaat Penting Melakukan Promosi Pada Bisnis Online

Manfaat Penting Melakukan Promosi Pada Bisnis Online
Manfaat Penting Melakukan Promosi Pada Bisnis Online - Jangan abaikan promosi, promosi itu penting, jika ingin jualan laku atau laris manis segera lakukan promosi jangan diam. Apapun produk atau jasa yang dimiliki atau menjadi bagian dari Anda, segera lakukan promosi. Apalagi melakukan penjualan di internet, promosi adalah wajib hukumnya dilakukan karena jualan di internet atau secara online sangat berbeda dengan juala offline.

Di internet cakupannya sanga luas, jika hanya ingin menjual produk di sekitar rumah atau 500 meter dari rumah cukup buka tempat dan beri tahu tetangga sebelah maka orang pun langsung tahu kalau Anda jualan. Tapi kalau di internet, Anda buka laptop browsing sosial media dan pasang status disana maka teman sosmed pun juga tahu dan pasti mereka akan tanya-tanya. Beli? Belum tentu.

Manfaat Penting Melakukan Promosi Pada Bisnis Online
Butuh proses agar orang lain mau membeli produk Anda. Dan inilah bagian strategi promosi yang harus dipelajari dan diterapkan. Bagaimana caranya? Sebelum mempelajari strategi dalam promosi, kita pelajari dan cara tahu dulu manfaat melakukan promosi. Dengan mengetahui manfaat promosi bisnis online maka akan menjadi penyemangat untuk selalu berpromosi dan menghasilkan. Karena sesuatu yang dilakukan tanpa mengetahui manfaatnya sangat enggan untuk dilakukan.

Manfaat Penting Melakukan Promosi Pada Bisnis Online

Pengertian promosi adalah sebuah usaha yang dilakukan untuk memberikan informasi dan sekaligus mempengaruhi orang lain dengan informasi yang disampaikan agar mendapat respon yang baik. Jadi didalam promosi itu ada informasi dan pengaruh yang harus dilakukan. Selain itu, ada manfaat penting yang bisa didapatkan yaitu:

Mengenalkan & Membangun Merek
Poin pertama yang didapatkan jika Anda memiliki usaha dan produk sendiri adalah jangan terlebih dulu mencari untung tapi kenalkan dulu produk yang akan dijual, apa mereknya, apa jenisnya, apa manfaatnya, berapa harganya, seberapa banyak ketersediaan produknya (stok), dan sebagainya. Jadi kenalkan dulu nama produk atau mereknya karena berpromosi bukan hanya sekedar menjual barang dan mencari untung tapi juga menjual nama merek atau nama produk kepada orang lain.

Bagaimana jika hanya menjual produk orang lain? Perlakukan sama, seakan-akan produk itu milik Anda, Anda harus mengetahui produknya karena orang pertama yang dihubungi oleh calon pembeli adalah yang melakukan promosi.

Media Komunikasi
Sangat penting menyampaikan informasi produk yang akan dijual karena calon konsumen akan mengetahui apa yang dijual dan apa manfaatnya yang bisa disampaikan secara langsung atau melalui media lainnya seperti tulisan atau video.

Customer Seeking and Loyalty
Promosi dilakukan untuk mencari calon kustomer atau pembeli yang benar-benar membutuhkan produk atau jasa yang dijual atau yang disebut sebagai customer atau pembeli tertarget. Dan selanjutnya menjadikan customer tersebut sebagai pelanggan setia yang selalu membeli produk-produk terbaru bukan hanya dari produk pertama saja.

Bagaimana mempertahankan itu semua? Ada caranya, salah satunya adalah memanjakan customer dengan berbagai bonus atau diskon terbaik atau mengajak mereka melakukan test terhadap produk terbaru yang akan dijual.

Mengetahui Minat Pembeli
Promosi yang dilakukan tidak hanya dilakukan satu arah tapi buatlah calon customer atau pembeli juga dapat berinteraksi dengan produk yang akan dijual. Cara ini sangat sederhana dan tidak ribet yaitu dengan dengan menanyakan atau memberitahukan kepada mereka.

Pernah melihat atau membaca status teman Anda di facebook dengan status seperti ini:

Ketik "MAU" jika ada 50 komentar yang "MAU" saya akan memberikan bonus potongan 50% untuk produk yang akan saya lauching...

Itu adalah promosi sederhana namun hasilnya sangat luar biasa dan bisa mengetahui seberapa besar minat mereka dengan informasi yang disampaikan. Jika informasi yang disampaikan saja tidak ada yang minat atau tertarik, bagaimana dengan produk yang akan dijual?

Mengetahui Cara Promosi & Persaingan Produk
Tidak dapat dipungkiri, saat melakukan promosi ternyata ada produk yang sama yang dipromosikan oleh orang lain dengan tehnik yang berbeda. Dengan mengetahui produk orang lain dan cara promosi yang dilakukan, Anda bisa melakukan cara yang sama yaitu Tiru dan Modifikasi sesuai dengan karakter usaha yang Anda miliki.

Itulah beberapa manfaat promosi pada bisnis online untuk produk atau usaha yang Anda lakukan. Memang tidak mudah atau mungkin menimbulkan gengsi tersendiri namun jika ingat cita-cita untuk sukses dan membahagiakan orang-orang yang kita sayangi, apapun harus dilakukan selama itu benar dan baik. Stop Dreaming Start Action!
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.