Skip to main content
Cara Membuat Atau Menambahkan Tanda Centang Judul Artikel Blog di Penelusuran Google

Cara Membuat Atau Menambahkan Tanda Centang Judul Artikel Blog di Penelusuran Google

Cara Membuat Atau Menambahkan Tanda Centang Judul Artikel Blog di Penelusuran Google - Pernah melihat sebuah judul blog di halaman hasil pencarian Google atau search engine lainnya yang ada tanda centang atau checknya? Bagaimana tanggapan Anda ketika melihat dengan hasil pencarian yang unik pada salah satu judul artikel tersebut? Mungkin Anda beranggapan kalau yang dengan adanya tanda centang, blog tersebut seakan-akan diperioritaskan untuk muncul dan harus di klik untuk di lihat.

Cara Membuat Atau Menambahkan Tanda Centang Judul Artikel Blog di Penelusuran Google
Jika Anda beranggapan seperti itu, itu artinya Anda sama dengan kami. Iya, kami awalnya beranggapan blog tersebut diutamakan tampil di halaman pertama Google dan yang memberi tanda centang tersebut adalah Google dengan mungkin ada aturan terbaru dari Algoritma mereka. Ternyata setelah kami selidik blog tersebut, ternyata tanda centang yang berada di judul artikel tersebut adalah buatan sendiri atau ditambahkan oleh sendiri oleh pemilik blog tersebut.

Bagaimana Cara Membuat Atau Menambahkan Tanda Centang Judul Artikel Blog di Penelusuran Google?

Tidak sulit kok untuk menambahkan tanda centang di judul artikel ini, bahkan tanda centang ini bisa diganti dengan tanda lainnya yang lebih menarik, namun jika Anda lebih tertarik untuk membuat tanda centang pada judul artikel, silahkan ikuti caranya berikut ini:
  • Buka menu Tema >> Edit HTML
  • Cari kode <data:blog.pageName/>
  • Tambahkan kode &#8730; tepat didepan kode <data:blog.pageName/>. Sehingga hasilnya seperti ini: &#8730; <data:blog.pageName/>
  • Simpan.
  • Untuk kode &#8730; bisa langsung menggunakan tanda √
Baca Cara Mengganti Kode Template Blog, Menambah, Menghapus dan Mencari

Untuk melihat hasilnya, memang tidak akan langsung tampil di halaman penelusuran Google karena butuh indeks terlebih dulu namun untuk hasil cepatnya bisa Anda lihat dibagian tab browser. Jika artikel sudah terindeks, makan tampilan tanda centang tersebut akan muncul juga di halaman pencarian Google atau yang lainnya.

Cara Membuat Atau Menambahkan Tanda Centang Judul Artikel Blog

Untuk mempercepat indeks, jangan gunakan fitur fetch as Google di webmaster tools karena fitur ini sudah tidak bisa digunakan dan sebagai gantinya menggunakan fitur terbaru yaitu Inspeksi Url di Google Search Console yang terbaru.

Baca Cara Menggunakan Fitur Inspeksi URL di Google Search Console Terbaru

Apa Fungsi Menambahkan Tanda Centang Pada Judul Artikel?

Masih ingat dengan Google Rich Snippets? Fitur rate bintang yang bisa muncul di halaman penelusuran pada zaman dulu. Fitur rate bintang ini sangat digemari oleh para blogger termasuk kami, karena dengan adanya reat bintang ini akan menambah daya tarik tersendiri dan adanya skor yang bisa dibuat secara manual. Semakin tinggi skornya semakin menunjukkan kalau artikel tersebut layak untuk dilihat.

Bagaimana dengan tanda centang? Apakah fungsinya untuk menggantikan Google Rich Snippets? Tentu saja tidak, namun jika dilihat secara tampilan memang lebih menarik dan lebih menonjol jika dibandingkan dengan yang lainnya yang ada di halaman penelusuran Google. Fungsinya mungkin hanya sekedar estetika dan daya tari saja.

Apakah dengan menambahkan tanda centang pada judul artikel ini akan meningkatkan visitor atau trafik blog? Tentu saja tidak, tidak ada pengaruh apapun terhadap jumlah trafik blog dengan menggunakan tanda centang ini. Atau bisa Anda buktikan sendiri dengan menambahkan tanda centang pada judul artikel blog Anda. Selamat mencoba :)
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.