Skip to main content
Perbedaan Hosting Gratis dan Berbayar Untuk Blog

Perbedaan Hosting Gratis dan Berbayar Untuk Blog

Perbedaan Hosting Gratis dan Berbayar Untuk Blog - Hosting sangat dibutuhkan dalam membuat blog, khususnya blog dengan self hosting, blog dengan fitur penyimpanan sendiri. Hosting adalah tempat untuk menyimpan berbagai file yang akan ditampilkan kedalam website. Tanpa hosting, website tidak akan bisa tampil, kecuali website atau blog yang tidak menggunakan hosting. Karena fungsinya sangat penting untuk sebuah blog atau website, keberadaan hosting harus benar-benar stabil.

Dalam penggunaannya, hosting sendiri terbagi menjadi 2 yaitu Hosting Gratis dan Berbayar. Hosting gratis atau berbaya, sama-sama disediakan oleh pihak penyedia hosting, baik dari lokal ataupun internasional. Bagaimana dengan kualitasnya? Tentu saja sangat jauh berbeda. Hosting yang terbaik adalah hosting berbayar, meskipun ada beberapa penyedia (provider) yang menyediakan hosting dengan kualitas rendah dan sering tidak stabil. Namun bagaimanapun hosting berbayar tetap terbaik jika dibandingkan dengan hosting gratis.

Perbedaan Hosting Gratis dan Berbayar Untuk Blog
Beberapa penyedia hosting gratis bisa Anda temukan di Google, namun yang paling populer digunakan adalah 000webhost.com. Sedangkan untuk hosting lokal yang gratis yang sering digunakan adalah dobelhost.com yang memberikan hosting gratis tanpa iklan. Namun sayangnya, setiap layanan hosting gratis, tentu saja tidak serta mendapatkan kecepatan dan akses yang cukup memuaskan, terkadang ada kendala. Berbeda dengan yang berbayar yang tentunya lebih baik. Intinya, setiap pembelian untuk mendapatkan kualitas terbaik, tentunya tidak berasal dari produk gratisan.

Perbedaan Hosting Gratis dan Berbayar Untuk Blog

Berikut beberapa perbedaan antara hosting berbayar dan gratis yang perlu Anda ketahui sebelum menggunakan keduanya untuk blog atau website Anda:
1. Iklan
Jika menggunakan hosting gratis biasanya pada tampilan blog atau website Anda akan muncul iklan dari penyedia hosting tersebut. Sedangkan hosting berbayar tidak ada iklan.

2. Fitur
Untuk hosting gratis memiliki fitur-fitur yang sangat terbatas, seperti tidak adanya email untuk domain, batas penyimpanan terbatas (storage), tidak mendapatkan support penuh, sering mengalami gangguan, dan sebagainya. Berbeda dengan hosting berbayar, meskipun batas penyimpanan terbatas namun kecepatan tetap menjadi yang utama.

3. Stabilitas Server
Namanya juga gratisan, tentunya untuk masalah stabilitas akses pada blog atau website yang menggunakan hosting gratis akan sering mengalami gangguan. Berbeda dengan yang berbayar, tentunya lebih stabil.

4. Security
Nah, ini yang paling penting. Biasanya pada hosting gratis tidak menyediakan keamanan untuk akses kontrol pada cpanel atau server. Misalnya server sering gangguan dan blog tidak bisa diakses. Jika blog sudah tidak bisa di akses sedangkan konten atau artikel blog sudah banyak, tiba-tiba hilang karena masalah server pada hosting. Siapa yang akan disalahkan?

Kecuali Anda menggunakan hosting berbayar, Anda bisa menuntut atau ganti rugi jika seluruh konten blog atau web Anda hilang.

5. Garansi
Kalau hosting gratis tentu saja tidak akan mendapatkan garansi apapun. Sedangkan hosting berbayar, Anda bisa mendapatkan apa yang telah ditentukan oleh penyedia hosting. Setiap penyedia memiliki ketentuan yang berbeda terkait garansi yang ditetapkan.

Demikian, ulasan ringkas tentang perbedaan hosting gratis dan berbayar untuk blog atau website diatas semoga bermanfaat. Sebagai tambahan info, jika Anda ingin mencari penyedia domain dan hosting terbaik dan full support, silahkan pilih Dracoola. Dracoola adalah salah satu provider domain dan hosting terbaik Indonesia dengan harga terjangkau, kualitas terbaik, unlimited, kaya fitur, garansi, full support bahkan masalah non teknis sangat dibantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.