Skip to main content
Menu

PAFI Kabupaten Trenggalek Mewujudkan Pelayanan Kefarmasian yang Bemutu dan Berkualitas

PAFI Kabupaten Trenggalek Mewujudkan Pelayanan Kefarmasian yang Bemutu dan Berkualitas

PAFI Kabupaten Trenggalek hadir sebagai organisasi profesi yang mewadahi Tenaga Teknis Kefarmasian (TTK) dan Asisten Tenaga Kefarmasian (ATTK)

Baca Juga

Berdiri di bawah naungan Persatuan Ahli Farmasi Indonesia atau PAFI Pusat, PAFI Kabupaten Trenggalek hadir sebagai organisasi profesi yang mewadahi Tenaga Teknis Kefarmasian (TTK) dan Asisten Tenaga Kefarmasian (ATTK) di wilayah Kabupaten Trenggalek. Tentunya bagi tenaga kesehatan lainnya seperti perawat, dokter dan bidan sudah mengetahui keberadaan organisasi yang satu ini.

PAFI Kabupaten Trenggalek

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia atau PAFI merupakan organisasi profesi yang didirikan pada tanggal 13 Februari 1946 di Yogyakarta. Organisasi ini lahir di masa awal kemerdekaan Indonesia, munculnya PAFI karena didorong oleh kebutuhan akan tenaga kefarmasian yang profesional, semangat kemerdekaan, dukungan pemerintah, dan persiapan menghadapi masa depan.

Pembentukan PAFI pada masa awal kemerdekaan Indonesia merupakan langkah strategis untuk menjawab kebutuhan akan tenaga kefarmasian yang profesional yang telah mendapatkan dukungan dari pemerintah guna mempersiapkan diri menghadapi tantangan masa depan yang begitu kompleks.

Keberadaan PAFI telah memainkan peran penting dalam memajukan pelayanan kefarmasian di Indonesia selama lebih dari 7 dekade. Organisasi ini terus berkembang dan berbenah diri untuk menjawab berbagai tantangan dan peluang di era modern.

Dalam perjalannya hingga saat ini, PAFI menjadi wadah bagi para Tenaga Teknis Kefarmasian (TTK) dan Asisten Tenaga Teknis Kefarmasian (ATTK) di Indonesia untuk bersatu dan memajukan pelayanan kefarmasian. Organisasi ini memainkan peran penting dalam meningkatkan mutu pelayanan kefarmasian, memastikan kompetensi TTK dan ATTK, memperjuangkan hak-hak mereka, dan membangun kerjasama dengan berbagai pihak.

PAFI terus berkembang dan berbenah diri untuk menjawab tantangan dan peluang di era modern. Organisasi ini telah menjadi bagian penting dalam sejarah pelayanan kefarmasian di Indonesia dan terus berkontribusi untuk mewujudkan pelayanan kefarmasian yang bermutu dan berkualitas bagi seluruh rakyat Indonesia.

Visi dan Misi PAFI

PAFI memiliki visi untuk menjadi organisasi profesi TTK dan ATFK yang profesional, mandiri, dan bermartabat dalam mewujudkan pelayanan kefarmasian yang bermutu dan berkualitas. Untuk mencapai visi tersebut, PAFI mengemban misi yaitu :

  1. Meningkatkan mutu pendidikan dan pelatihan TTK dan ATFK.
  2. Meningkatkan kompetensi dan profesionalisme TTK dan ATFK.
  3. Memperjuangkan hak dan kesejahteraan TTK dan ATFK.
  4. Membina kerjasama dengan organisasi profesi lain dan pemangku kepentingan terkait.

Peran Penting PAFI

PAFI memainkan peran penting dalam berbagai aspek pelayanan kefarmasian di Indonesia, di antaranya:

  1. Meningkatkan mutu pelayanan kefarmasian: PAFI aktif dalam pengembangan standar pelayanan kefarmasian dan memastikan agar TTK dan ATFK memiliki kompetensi yang dibutuhkan untuk memberikan pelayanan yang berkualitas.
  2. Memastikan kompetensi dan profesionalisme TTK dan ATFK: PAFI menyelenggarakan berbagai program pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi TTK dan ATFK. Selain itu, PAFI juga mengembangkan kode etik dan pedoman praktik kefarmasian yang harus dipatuhi oleh para anggotanya.
  3. Memperjuangkan hak dan kesejahteraan TTK dan ATFK: PAFI aktif dalam memperjuangkan hak dan kesejahteraan TTK dan ATFK, seperti gaji yang layak, perlindungan kerja, dan akses kepada jaminan kesehatan.
  4. Membangun kerjasama: PAFI menjalin kerjasama dengan organisasi profesi lain dan pemangku kepentingan terkait untuk meningkatkan kualitas pelayanan kefarmasian di Indonesia.

Bagi TTK dan ATTK yang ingin berkontribusi dalam memajukan pelayanan kefarmasian di Indonesia, bergabung dengan PAFI adalah langkah yang tepat. PAFI membuka pintu bagi para profesional farmasi untuk bersama-sama membangun masa depan pelayanan kefarmasian yang lebih baik.

Oleh karena itu untuk meningkatkan mutu pelayanan kefarmasian, dibentuklah pengurus cabang PAFI diberbagai kota dan kabupaten di seluruh Indonesia. Salah satunya adalah PAFI Kabupaten Trenaggalek yang saat ini sudah aktif dalam berbagai kegiatan akademik dan kegiatan sosial.

PAFI Kabupaten Trenggalek

Bagaimana dengan Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Kabupaten Trenggalek? Sejalan dengan Visi, Misi dan Tujuan PAFI Pusat, Organisasi yang berada di kabupate Trenggalek ini didirikan dengan semangat untuk meningkatkan mutu pelayanan kefarmasian dan memajukan profesi TTK dan ATTK.

Hingga sampai sekarang PAFI Trenggalek aktif dalam berbagai kegiatan, seperti:

  • Seminar dan workshop tentang topik yang berhubungan kefarmasian untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensi anggotanya.
  • Menyelenggarakan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan dan keahlian TTK dan ATTK dalam menjalankan tugasnya.
  • Sebagai advokasi untuk memperjuangkan hak dan kesejahteraan TTK dan ATTK.
  • Bekerjasama dengan organisasi profesi lain dan pemangku kepentingan terkait untuk meningkatkan kualitas pelayanan kefarmasian di Trenggalek.

Selain itu PAFI Kabupaten Trenggalek juga aktif dalam kegiatan sosial dan kemanusiaan, seperti:

  • Bakti sosial untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.
  • Penyuluhan kesehatan yang rutin dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan.

Kontribusi PAFI Kabupaten Trenggalek dalam meningkatkan mutu pelayanan kefarmasian di wilayah Trenggalek sangatlah penting. Organisasi ini telah menjadi wadah bagi TTK dan ATTK untuk berkontribusi dalam memajukan kesehatan masyarakat.

Bagi TTK dan ATTK di Trenggalek yang ingin bergabung dengan PAFI Trenggalek, Anda dapat mengunjungi website resmi PAFI Trenggalek atau menghubungi sekretariat PAFI Trenggalek untuk mendapatkan informasi lebih lanjut melalui link https://pafikabupatentrenggalek.org/

Apa saja informasi yang bisa Anda dapatkan di website PAFI Trenggalek ini?

Didalam website ini Anda akan mednapatkan berbagai informas penting yaitu Profil PAFI, Struktur Organisai, Pusat Bantuan, KTAN atau Kartu Tanda Anggota Nasioanl, Persyaratan Rekom STRTTK, Persyaratan Rekom SIP/SIK TTK, berbagai informasi kefarmasian yang bisa Anda dapatkan dan selain itu Anda juga bisa melakukan registrasi keanggotaan.