Skip to main content
Menu

5 Tips Agar Sholat Khusyuk dan Pikiran Tidak Kemana-mana

5 Tips Agar Sholat Khusyuk dan Pikiran Tidak Kemana-mana

Melakukannya memanglah tidak mudah karena harus benar-benar ada niat dan melakukan kebiasaaan-kebiasaan baik agar sholat khusyuk

Baca Juga

Selama ini kita sholat tiap 5 waktu, kadang tepat waktu dan sering molor dalam mengerjakannya. Banyak hal yang membuat kita bisa tepat waktu dalam mengerjakan sholat dan lebih banyak lagi alasan yang membuat kita molor dalam mengerjakan sholat. Alasan yang paling utama selalu menunda-nunda untuk sholat adalah pekerjaan.

5 Tips Agar Sholat Khusyuk dan Pikiran Tidak Kemana-mana

Padahal kalau kita sholat 5 waktu selalu tepat waktu memberikan banyak manfaat yang bisa kita rasakan yaitu hati menjadi lebih tenang, bisa melakukan instropeksi diri dan yang paling utama adalah sholat lebih khusyuk.

Kekhusyukan dalam sholat memang menjadi keinginan semua umat Islam, untuk melakukannya memanglah tidak mudah karena harus benar-benar ada niat dan melakukan kebiasaaan-kebiasaan baik agar sholat khusyuk dan benar-benar istiqomah dalam melakukannya.

Tips Agar Sholat Khusyuk

Sholat adalah tiang utama penyangga keimanan umat Islam, diwajibkan untuk dilaksanakan dengan khusyuk. Namun, di tengah hiruk pikuk dunia, kekhusyukan bagaikan mutiara langka yang sulit ditemukan. Pikiran, bagaikan kuda liar, berlari bebas kemana-mana, menjauhkan hati dari esensi sholat.... Itulah yang terjadi saat ini.

Aktivitas sehari-hari yang semakin sibuk dan bahkan pura-pura sibuk menjadikan ibadah sholat bukan lagi yang utama. Rasa penat akibat kesibukan pekerjaan, bayang-bayang masalah keluarga, iri dengki hati akibat perselisihan, dan rasa lapar adalah menjadi rintangan kekhusyukan dalam sholat. Sholatpun terasa hampa, bagaikan raga tanpa jiwa, hanya gerakan tanpa makna, yang penting selesai sholat.

Di tengah gempuran rintangan itu, hadirlah pertanyaan: Mungkinkah mencapai kekhusyukan? Jawabannya: Ya. Meskipun berat, namun bukan berarti mustahil. Kuncinya terletak pada kesadaran diri dan tekad yang kuat.

Jika kita ingin khusyuk dalam sholat, langkah pertama yang harus dilakukan adalah intropeksi diri dan mengidentifikasi permasalahan. Apa yang menjadi biang keladi pikiran kita selama ini sehingga saat sholat pun kita selalu terbayang-bayang dengan pikiran tersebut? Apakah kesibukan, masalah pribadi, atau faktor lainnya? Dengan memahami permasalahannya, solusi yang tepat dapat dicari.

Jika sudah menemukan masalahnya, maka kita harus menyelesaikannya terlebih dulu agar pikiran lebih tenang, tidak gelisah, dan badan lebih rileks. Sehingga ketika sholat semua pikiran-pikiran yang menjadi beban tersebuu sudah tidak dipikirkan lagi.

Dibawah ini ada beberapa tips agar sholat khusyuk yang bisa kita lakukan secara bertahap, pelan-pelan, diniatkan dan istiqomah dalam melakukannya. Memang beberapa tips dibawah ini juga tidak mudah untuk dilakukan, namun jika kita membiasakan diri untuk melakukan pasti akan bisa.

1. Persiapan Diri

Persiapan diri sebelum sholat sangatlah penting agar sholat dapat khusyuk. Hal ini dapat dilakukan dengan cara berwudhu dengan sempurna, memakai pakaian yang bersih dan rapi, serta menenangkan diri sejenak sebelum sholat.

2. Memfokuskan Diri pada Allah SWT

Saat sholat, fokuskan seluruh perhatian hanya kepada Allah SWT. Bayangkan seakan-akan kita sedang berdialog langsung dengan-Nya. Hal ini dapat dilakukan dengan cara membaca ayat-ayat Al- Quran dengan tartil dan memahami maknanya, serta melakukan gerakan sholat dengan tuma'ninah.

3. Menjauhkan Gangguan

Sebelum sholat, singkirkan semua hal-hal yang menjadi perhatian kita, seperti matikan handphone atau alat komunikasi lainnya yang dapat mengganggu fokus. Pilihlah tempat sholat yang tenang dan jauh dari keramaian.

4. Membiasakan Diri Sholat dengan Khusyuk

Khusyuk dalam sholat adalah sebuah kebiasaan yang perlu dilatih. Semakin sering kita sholat dengan khusyuk, maka akan semakin mudah pula kita untuk melakukannya.

5. Berdoa Kepada Allah SWT

Mintalah kepada Allah SWT agar diberikan kekhusyukan dalam sholat, dijauhkan dari godaan Syaitan karena Syaitan adalah musuh yang nyata yang benar-benar mengganggu kita dalam segala kebaikan. Doa ini dapat dibaca sebelum sholat maupun setelah sholat.

Banyak sebenarnya hal-hal yang bikin sholat tidak khusuk, mulai sibuk dengan pekerjaan, masalah keluarga, selisih paham dengan teman, sholat yang tidak tepat waktu, bahkan dalam keadaan lapar bisa menjadi faktor utama sholat tidak khusuk yang menjadi beban pikiran sehingga terbawa saat sholat.

Mencapai kekhusyukan dalam sholat bukanlah perkara mudah. Diperlukan latihan, ketekunan, dan kesabaran. Namun, dengan usaha yang sungguh-sungguh, niscaya kita dapat menembus dimensi kehadiran Ilahi dan merasakan makna sholat yang sesungguhnya. Sholat yang khusyuk akan membawa ketenangan jiwa, kedamaian hati, dan memperkuat keimanan kepada Allah SWT.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, diharapkan kita dapat sholat dengan khusyuk dan pikiran tidak kemana- mana. Sholat khusyuk akan memberikan ketenangan jiwa dan meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT.

Sebagai tambahan, selain tips-tips di atas, kita juga dapat melakukan beberapa hal lain agar sholat lebih khusyuk, seperti membaca Al Quran, menghafalkan doa-doa sholat, membaca buku tentang makna sholat, mengikuti kajian tentang sholat dan bergaul dengan orang-orang yang sholatnya khusyuk. Semoga bermanfaat!