Skip to main content
Menu

Apakah Kurma Selalu Awet dan Bisa Dimakan?

Apakah Kurma Selalu Awet dan Bisa Dimakan?

Meskipun buah yang satu ini adalah buah kesukaan nabi, namun tetap saja memiliki batas waktu konsumsi atau masa kadaluwarsa kurma

Baca Juga

Selama ini banyak yang beranggapan kalau kurma selalu awet dan bisa dimakan, padahal anggapan tersebut tidaklah benar. Sebagai salah satu buah favorit, kurma juga mengalami pembusukan dan tidak layak untuk di makan.

Meskipun buah yang satu ini adalah buah kesukaan nabi, namun tetap saja memiliki batas waktu konsumsi atau masa kadaluwarsa kurma.

Apakah Kurma Selalu Awet dan Bisa Dimakan

Kurma termasuk buah yang berasal dari pohon kurma dan dianggap sebagai buah karena berasal dari ovarium bunga dan mengandung biji di dalamnya. Kurma seringkali dikonsumsi segar atau dikeringkan dan memiliki rasa yang manis.

Selain itu, kurma juga kaya akan nutrisi dan seringkali dikonsumsi sebagai sumber energi yang cepat oleh banyak orang di seluruh dunia.

Buah yang selalu muncul di bulan suci Ramadhan ini memiliki sangat diminati oleh semua orang, bahkan sudah menjadi camilan yang sering disajikan saat berbuka puasa. Apalagi disunnahkan untuk mengkonsumsi dalam jumlah ganjil saat berbuka puasa dan sahur.

Kenapa makan kurma sangat dianjurkan?

Dalam 100 gram kurma atau sekitar 13 biji kurma mengandung sekitar 300 kilo kalo energi dengan kandungan 63,35 gram gula; 8 gram serat; 2,45 gram protein; 0,39 gram lemak; 2 miligram Natrium; dan 656 miligram Kalium.

Dengan kandungan tersebut sudah cukup memenuhi kebutuhan nutrisi sebagai makanan pengganti untuk mengembalikan energi tubuh setelah berpuasa.

Namun sayangnya, banyak yang lebih tahu tentang manfaat daripada memilih buah kurma yang sudah jelek atau tidak layak untuk dikomsumsi. Bahkan ketika membeli buah ini, banyak juga pedagang yang mengatakan kalau buah kurma yang dijualnya masih bagus.

Padahal meskipun kurma itu termasuk buah yang awet atau tidak mudah membusuk, tetap saja ada batas waktu penyimpanan dan daya tahan dari buah itu sendiri. Oleh karena itu tetap teliti dalam memilih dan membeli kurma kusakaan Anda sekalipun terbungkus dalam kemasan atau kurma premium, yang namanya buah tetap ada daya tahannya dan akan membusuk.

Berapa Lama Masa Kadaluwarsa Kurma?

Apapun jenis kurma yang dikomsumsi, tetap memiliki masa kadaluwarsa. Untuk mengetahui kadaluwarsa buah kurma tergantung pada cara penyimpanan dan jenis kurma yang Anda miliki. Dibawah ini 2 jenis kurma dengan batas penyimpanan:

  1. Kurma Kering

    Kurma kering yang disimpan dalam wadah kedap udara dan ditempatkan di tempat yang sejuk dan kering dapat bertahan selama 6 hingga 12 bulan. Jika kurma kering disimpan dalam lemari es, mereka dapat bertahan hingga 1 tahun atau lebih.

  2. Kurma Segar

    Kurma segar biasanya memiliki masa simpan yang lebih pendek. Mereka harus segera dikonsumsi dalam beberapa hari atau dapat disimpan dalam lemari es selama 2-3 minggu.

Meskipun memiliki batas penyimpanan yang lama, tetap melakukan cek kondisi kurma yang disimpan. Periksa tanda-tanda kerusakan atau jamur saat menyimpan dan mengonsumsi kurma. Jika kurma tampak berjamur, berbau asam, atau memiliki tanda-tanda lain dari kerusakan, sebaiknya jangan dikonsumsi.

Tanda dan Ciri-ciri Kurma Busuk atau Tidak Layak Makan

Kurma yang sudah busuk atau tidak layak dikonsumsi akan menunjukkan beberapa tanda dan ciri-ciri berikut:

  1. Perubahan Warna

    Kurma yang sudah busuk biasanya akan berubah warna menjadi coklat tua atau hitam pada bagian-bagian tertentu. Jadi pastikan Anda benar-benar meneliti dalam memlih dan membeli buah kurma.

    Jika tidak memahami kondisi buah ini, Anda akan salah memilih. Karena memang kebanyakan kondisi daging buah kurma antara yang sudah busuk dan segar atau yang masih baru sangat sulit dibedakan.

  2. Tekstur yang Lunak atau Lembut

    Banyak yang mengatakan kalau buah kurma yang lunak dan lembut itu masih segar dan baru, hati-hati karena kurma yang sudah tidak segar biasanya akan memiliki tekstur yang lebih lunak atau lembek dibandingkan dengan kurma segar.

  3. Bau Asam atau Bau Amis

    Kurma yang sudah busuk akan memiliki aroma yang tidak sedap, seperti bau asam atau bau amis. Anda bisa langsung mengetahui dengan cara meminta unuk mencicipi satu buah kurma saat membeli.

  4. Tanda-tanda Jamur

    Kurma yang sudah tidak layak konsumsi akan tumbuh jamur, yang dapat dikenali dari bercak-bercak berbulu putih, hijau, atau berwarna lainnya. Pastikan benar-benar diteliti saat membeli meskipun dalam kemasan kotak.

  5. Kurang Bersinar

    Kurma segar biasanya memiliki kilau atau kelembaban alami pada permukaannya. Kurma yang sudah tidak segar mungkin tampak kusam atau kehilangan kilau tersebut.

  6. Berkembang Biaknya Lalat Buah

    Kurma yang sudah busuk bisa menarik lalat buah yang berkembang biak di dalamnya. Oleh karena itu alangkah baiknya setiap makan buah ini selalu membukanya menjadi 2 bagian untuk mengetahui kondisi daging kurma.

Jika Anda melihat salah satu atau beberapa dari ciri-ciri di atas pada kurma Anda, sebaiknya jangan dikonsumsi. Lebih baik membuangnya untuk menghindari masalah kesehatan yang mungkin timbul akibat konsumsi makanan yang tidak layak.

Selalu penting untuk memeriksa kualitas kurma sebelum dikonsumsi, terutama jika kurma telah disimpan untuk waktu yang lama atau tidak disimpan dengan benar.

Oleh karena itu, semua buah dan apapun jenis buahnya tetap memiliki batas waktu untuk dikonsumsi, begitu juga dengan buah kurm. Masa kadaluwarsa kurma tergantung dari kondisi buahnya dan cara penyimpanannya.

Agar kurma selalu segar dan bertahan lebih lama, salah satu cara yang mudah dilakukan adalah jangan menyimpan kurma dalam wadah terbuka dan simpan kurma dalam wadah tertutup di kulkas.

Untuk menemukan artikel lainnya, gunakan kolom pencarian :

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]

Artikel Terbaru

Baca Juga Artikel Lainya: