Skip to main content
Menu

Apa itu Perumahan?

Apa itu Perumahan?

Perumahan, sebagai suatu lingkungan, merupakan kumpulan unit bangunan rumah dengan bentuk dan struktur serupa, yang dikelola oleh pengembang

Perumahan, sebagai suatu lingkungan, merupakan kumpulan unit bangunan rumah dengan bentuk dan struktur serupa, yang dikelola oleh pengembang atau developer. Meskipun perumahan biasanya ditemui di daerah perkotaan, tren ini telah merambah wilayah pedesaan.

Lebih dari sekadar sekumpulan bangunan, perumahan menggambarkan kehidupan kompleks yang dijalani oleh masing-masing individu atau keluarga yang tinggal di sana.

Kehidupan di perumahan terasa seperti hidup bersama, namun dinamikanya cenderung mengarah pada sifat individualis dan menjaga privasi. Meskipun terdapat keteraturan bentuk bangunan, setiap rumah tangga mempunyai pengalaman dan kisahnya sendiri. Penghuni perumahan memiliki kebebasan untuk membentuk kehidupan mereka sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pribadi.

Apa itu Perumahan?

Apa itu Perumahan?

Perumahan adalah suatu lingkungan yang terdiri dari beberapa unit bangun rumah dengan bentuk dan struktur yang hampir sama yang dikelola oleh pengembang atau developer. Perumahan ini biasanya berada diarea perkotaan, namun untuk saat ini dibeberapa wilayah pedesaan juga sudah dibangun perumahan.

Perumahan tidak hanya mencakup sebuah atau beberapa bangunan saja, akan tetapi didalam kehidupannya, terdapat kompleksitas yang dijalani oleh masinng-masing orang atau satu rumah tangga yang tinggal disana. Kehidupan diperumahan memang terlihat seperti hidup bersama, akan tetapi sifat individualis dan privasi lebih cenderung terbentuk ditempat tinggal ini.

Didalam lingkungan perumahan, interaksi sosial antarwarga dapat bervariasi. Ada yang memilih hidup lebih tertutup, menjalani rutinitas sehari-hari dengan lebih independen, sementara yang lain aktif terlibat dalam kegiatan komunitas atau bersosial interaksi.

Perumahan menciptakan ruang bagi orang-orang untuk menjalin hubungan tetangga, namun sekaligus memberikan keleluasaan untuk menjaga batas-batas privasi.

Penting untuk dicatat bahwa perumahan bukan hanya sekadar tempat tinggal, tetapi juga menciptakan landasan bagi pertumbuhan keluarga. Dengan keberagaman kehidupan didalamnya, setiap unit rumah menjadi bagian dari kekayaan budaya yang menggambarkan identitas masyarakatnya.

Hal in terbentuk karena adanya berbagai individu yang bertempat tingga disana, sehingga keberagaman budaya terbentuk disana. Ini menunjukkan bahwa meskipun terdapat sifat individualis, perumahan masih menjadi panggung bagi kehidupan bersama, menciptakan keseimbangan antara privasi dan interaksi sosial.

Perbedaan Permukiman dan Perumahan

Bagaimana dengan permukiman? Apakah sama dengan perumahan? Tentu saja tidak, meskipun permukiman dan perumahan seringkali disamakan, tetapi ada perbedaan krusial.

Permukiman adalah area tempat orang tinggal tanpa mengesampingkan aspek keberagaman, sedangkan perumahan mencakup struktur fisik yang dirancang khusus sebagai tempat tinggal, seringkali dengan tata ruang dan fasilitas yang terorganisir.

Jenis-Jenis Perumahan

1. Residence

Residence adalah perumahan umum yang mencakup berbagai jenis rumah, dari ukuran kecil hingga besar. Masyarakat di sini dapat berasal dari beragam latar belakang dan memiliki kebutuhan perumahan yang berbeda.

2. Cluster

Cluster adalah kelompok rumah yang dibangun secara bersamaan dan memiliki desain seragam. Biasanya, cluster menciptakan suasana kecil yang lebih teratur dan terpadu di dalam kompleks perumahan.

3. Townhouse

Townhouse adalah perumahan yang terdiri dari beberapa lantai dan biasanya saling terhubung. Desain vertikal ini memanfaatkan lahan dengan efisien dan menciptakan tata ruang yang unik.

Kekurangan Tinggal di Perumahan

Tanpa disadari oleh hampir semua orang, sebenarnya mereka memiliki bentuk rumah yang sama dengan tata letak yang sama pula didalamnya. Meskipun nantinya desain ini akan diganti namun konsep awal yang mereka dapatka adalah rumah yang sama dengan yang lainnya.

Berikut beberapa kekurangan tinggal di perumahan:

a. Konsep Desain Rumah Serupa

Salah satu kelemahan perumahan adalah terletak pada konsep desain rumah yang serupa, desain yang monoton yang dapat mengurangi keunikan setiap rumah dan kurangnya variasi visual yang ditampilkan pada setiap rumah.

Baca Juga: Kenapa Bentuk Desain Rumah di Perumahan Sama?

b. Biaya Hidup Tinggi

Tinggal di perumahan, terutama yang dilayani dengan berbagai fasilitas, seringkali menyertai biaya hidup yang lebih tinggi. Pajak perumahan, biaya pengelolaan lingkungan, dan biaya asosiasi perumahan dapat memberikan tekanan finansial yang lebih.

c. Tingkat Sosial Kurang

Meskipun terdapat keberagaman masyarakat, terkadang tingkat sosial di perumahan bisa kurang karena orang cenderung terpaku pada lingkaran sosial terdekat atau lebih hidup diri sendiri (individualis).

Kelebihan Tinggal di Perumahan

Selain memiliki kelemahn, tentunya terdapat beberapa kelebihan yang bisa dirasakan oleh setiap penghuni perumahan yaitu:

a. Fasilitas Lengkap

Salah satu kelebihan utama tinggal di perumahan adalah ketersediaan fasilitas lengkap, khususnya perumahan modern. Terdapat beberapa lokasi khusus seperti taman, kolam renang, pusat kebugaran, pusat perbelanjaan, dan area rekreasi yang dapat meningkatkan kualitas hidup penghuninya.

b. Privasi Terjaga

Perumahan sering menyediakan tingkat privasi yang lebih tinggi dibandingkan permukiman umum. Batas-batas jelas dan tata ruang yang terencana dengan baik membantu menjaga privasi penghuninya alias lebih tertutup.

c. Keamanan Terjamin

Keamanan adalah prioritas dalam perumahan. Keberadaan sistem keamanan, penjagaan, dan kerjasama dengan pihak keamanan setempat memberikan rasa aman yang sangat dibutuhkan oleh para penghuni.

Dengan memahami pengertian tentang apa itu perumahan?, perbedaan dengan pemukiman, jenis-jenis perumahan, kekurangan dan kelebihan perumahan, Anda dapat membuat keputusan untuk menentukan apakah memilih perumaham sebagai tempat tinggal atau tidak.

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]

Artikel Terbaru

Baca Juga Artikel Lainya: