Skip to main content
Menu

Apa Perbedaan Glamping dan Camping?

Apa Perbedaan Glamping dan Camping?

Baca Juga

Sudah pada tahu ngga' apa perbedaan glamping dan camping? Jika belum tahu, pada artikel ini akan dibahas mengenai perbedaan keduanya. Atau jika ingin lansung tahu perbedaan dan contohnya, kamu bisa membaca artikel sebelumnya. Pada artikel sebelumnya sudah dibahas tentang Tempat Wisata Glamping dan Kopi Legendaris di Bandung.

Apa Perbedaan Glamping dan Camping?

Diartikel tersebut kamu bisa langsung mengetahui tentang glamping, salah satu tempat wisata yang ada di kota Bandung yang bisa kamu jelajahi dengan berbagai fasiltas yang bisa kamu dapatkan.

Wisata glamping sebenarnya bukalah hal yang baru, istilah ini glamping ini sebenarnya meruapakn kependekan dari Glamour Camping. Jika dijabarkan secara bebas yaitu glamour adalah mempesona, mewah, glamor, gemerlapan dan camping adalah berkemah atau melakukan kegiatan dialam terbuka.

Dengan begitu, glamour camping atau yang disingkat glamping adalah berkemah yang glamor yang disediakan dibeberapa tempat wisata. Misalakan salah satu tempat wisata glamping adalah The Lodge Maribaya yang ada di Bandung.

Nah jika dibandingkan dengan camping, apakah ada perbedaan dengan glamping? Kedua istilah ini sebenarnya memiliki persamaan yaitu sama-sama sebagai tempat untuk berwisata. Namun yang membedakan keduanya adalah fasilitas yang digunakan atau yang disediakan oleh pengelola tempat wisata.

Salah satu fasilitas utama yang digunakan untuk glamping adalah menggunakan tenda yang lebih aman, nyaman dan lebih mahal daripada tenda-tenda yang digunakan untuk camping biasa.

Selain itu, juga terdapat ruang-ruang tambahan yang ada didalam tenda-tenda untuk glamping. Sedangkan untuk camping, hanya digunakan untuk beristirahat, berteduh atau berdiam diri bersama teman-teman yang terkadang hanya cukup untuk tidur saja.

Baca Juga: Menikmati Keindahan Glamping di Bandung

Perbedaan Glamping dan Camping

Dari segi fasilitas dan keamanan yang diberikan, tentunya ada banyak perbedaan diantara keduanya. Bahkan lokasi yang digunakan usebagai wisata glamping dan camping juga berbeda. Dibawah ini beberapa perbedaan glamping dan camping:

  1. Fasilitas Glamping dan Camping

    Fasilitas yang diberikan untuk glamping hampir sama dengan fasilitas yang ada dirumah, atau bahkan seperti hotel yang lengkap dengan perabotannya. Tempat yang nyaman, ada tempat tidur, kursi atau sofa yang nyaman, ada hiburannya, makanan disediakan dan tentunya ada kamar mandi.

    Berbeda dengan wisata camping, untuk lokasi memang disediakan tapi harus memilih sendiri tempat dan membangun tenda sendiri. Fasilitas yang disediakan juga hampir tidak ada karena harus membawa sendiri.

    Bahkan untuk kebutuhan air dan mandi pun sangat susah untuk didapatkan kecuali lokasi camping berada didekat pinggiran sungai atau danau. Begitu juga kebutuhan makanan yang harus membawa sendiri.

  2. Pelayanan Glamping dan Camping

    Untuk glamping memang sudah disiapkan sedemikian rupa agar para wisatawan nyaman dan bisa langsung menikmati pemandangan yang tujuan utamannya adalah refreshing. Wisata kemah dengan cara glamping ini benar-benar sudah disiapkan segala sesuatunya.

    Sedangan untuk camping, tidak ada layanan istimewa yang diberikan, yang hanyalah lokasi camping dan mendirikan tenda disana. Untuk fasilitas dan layanan tetap dilakukan sendiri sampai camping selesai.

  3. Bentuk Tenda Glamping dan Camping

    Dengan segala fasilitas yang disediakan, tentunta tenda yang digunakan untuk glamping lebih besar, kuat, aman dan bagus. Sehingga butuh beberapa orang untuk mendirikan tenda glamping ini.

    Untuk tenda camping, meskipun ada yang berukuran besar, namun untuk mendirikannya relatif lebih mudah, meskipun harganya juga ada yang mahal. Namun tenda camping memiliki bentuk yang lebih sederhana dan ringakas, sehingga sangat mudah dibawa kemana-mana.

  4. Keamanan Glamping dan Camping

    Kemanan yang dimaksud disini adalah kualitas tenda yang digunakan, tenda yang digunakan untuk glamping tentunya memiliki kualitas yang lebih bagus dan kuat. Serta tidak mudah untuk dirusak oleh binatang buas.

    Sedangkan untuk keamanan dari segi lokasi, kalau untuk wisata glamping tentunya lebih aman karena diawasi oleh pemilik fasilitas dan lokasi. Sedangkan camping, kemanan lokasi tergantung dari tempat yang dipilih sendiri.

  5. Biaya Glamping dan Camping

    Untuk biaya, tentunya glamping lebih mahal karena memiliki fasilitas yang lebih lengkap dengan layanan yang beragam. Bayangin saja, kemah dan tidur diatas kasur yang empuk sambil menikmati langit malam diatas bukit dan ada api unggun kecil, ada makanan minuman, dan ada layar video. Pastinya lebih seru dari sekedar camping biasa.

Itulah beberapa perbedaan camping dan glamping, jika ingin menikmati liburan lebih lama di alam terbuka, glamping adalah pilihan yang tepat namun harus menyiapkan budget yang tidak sedikit.

Wisata glamping ini hampir sama dengan menginap di hotel namun dikemas di alam terbuka dengan fasilitas yang lengkap. Namun, perbedaan mendasar dari keduanya adalah kalau untuk camping memiliki aktivitas yang lebih menantang dari glamping.