Saran Pencarian

Bagaimana Ukuran Font Mempengaruhi Aksesibilitas Web Pada Penggunaan Ponsel?

Bagaimana Ukuran Font Mempengaruhi Aksesibilitas Web Pada Penggunaan Ponsel?

Pada artikel sebelumnya sudah dibahas mengenai ukuran font untuk aksesibilitas web, namun hanya sekedar penjelasan tanpa menyebutkan besaran ukuran font pada sebuah website atau blog yang digunakan.

Bagaimana Ukuran Font Mempengaruhi Aksesibilitas Web Pada Penggunaan Ponsel?

Aksesibilitas website itu menunjukkan sejauh mana sebuah website dapat digunakan oleh penyandang disabilitas melalui ponsel mereka dengan ukuran font yang digunakan pada sebuah website atau blog.

Ukuran font tentunya sangat penting bagi mereka agar website yang mereka kunjungi dapat bisa diakses dengan baik, terutamanya ketika mereka mengakses melalui ponsel mereka, apakah artikel dari website atau blog tersebut bisa terbaca dengan baik atau tidak.

Tentunya hal ini tergantung dengan ukuran font yang digunakan, jika ukuran font terlalu kecil, pengguna tunanetra akan mengalami kesulitan untuk membaca artikel blog tersebut sehingga hal ini akan berpengaruh pada pengalaman pengguna yang negatif.

Di sisi lain, jika ukuran font terlalu besar, maka pengguna tunanetra mungkin menemukan teks memakan terlalu banyak ruang pada halaman yang menyebabkan tampilan tidak teratur.

Oleh karena itu, penggunaan ukuran font normal akan lebih baik dan membantu mereka dan tentunya akan membuat konten lebih menarik.

Bagaimana Jika Ukuran Font Terlalu Kecil?

Untuk mengubah ukuran font yang terlalu kecil, bisa menggunakan layanan Small Text Generator yang bisa digunakan secara gratis. Dengan layanan ini, Anda bisa mengubah style font sesuai yang Anda inginkan.

Mulai dari ukuran font kecil menjadi ukuran besar, teks terbalik, teks tebal, teks garis bawah, teks miring, teks glicth, dan style lainnya yang bisa Anda akses di https://smalltextgenerator.net

Ukuran Font Mempengaruhi Aksesibilitas Web

Seperti yang telah dibahas pada artikel sebelumnya, penggunaan font yang baik pada sebuah website atau blog dapat berperan penting pada pengalaman pembaca, terutama ketika mereka mengakses menggunakan ponsel.

Mungkin selama ini pemilik website atau blog hanya beranggapan kalau aksesibiltas tidak terlalu penting untuk dilakukan, mungkin hanya non disabilitas saja yang mengakses website yang mereka miliki.

Padahal tidak, semua orang yang melalukan pekerjaannya secara online akan elalu menggunakan internet untuk mengakses kebutuhan mereka. Mulai dari mencari konten dalam bentuk berita artikel, video, atau pun dalam bentuk gambar.

Oleh karena sangat penting untuk memperhatikan tampilan website atau blog yang Anda miliki, karena semua membutuhkan sesuatu yang lebih mudah, lebih nyaman dan aman sangat mengakses website yang mereka kunjungi.

Beberapa Hal yang Mempengaruhi Aksesibilitas Web

Salah satu faktor yang mempengaruhi aksesiblitas pada wesbite adalah penggunaan font, bentuk dan ukuran font yang digunakan setidaknya mudah dipahami oleh pengguna website. Bukan hanya sekedar font yang indah tapi penggunaannya tidak sesuai pada tempatnya.

Jika ukuran font tidak sesuai saat website diakses menggunakan ponsel maka ada beberapa hal yang mempengaruhi tampilan web tersebut yaitu:

  1. Keterbacaan

    Jika ukuran font terlalu kecil, pengguna akan kesulitan membaca teks di layar ponsel. Ini terutama berlaku untuk pengguna dengan gangguan penglihatan atau pengguna yang lebih tua yang mungkin mengalami kesulitan melihat teks kecil.

    Ukuran font yang lebih besar dapat meningkatkan keterbacaan dan memudahkan semua pengguna untuk membaca. Jika font terlalu besar, Anda dapat mengkonversinya menjadi teks ukuran kecil menggunakan layanan smalltextgenerator.net

  2. Ukuran Target Sentuh

    Selain ukuran font, ukuran target sentuh (tombol, tautan, dan elemen interaktif lainnya) juga penting untuk aksesibilitas pada perangkat seluler.

    Jika ukuran font terlalu kecil, dapat membuat target sentuh sulit untuk diketuk secara akurat, terutama bagi pengguna dengan gangguan motorik atau pengguna yang menggunakan perangkat dengan layar lebih kecil.

  3. Memperbesar

    Beberapa pengguna mungkin mencoba memperbesar teks untuk membuatnya lebih besar dan lebih mudah dibaca. Namun, jika ukuran font terlalu kecil, memperbesar mungkin tidak efektif, dan pengguna mungkin terpaksa menggulir secara horizontal untuk membaca teks, yang bisa membuat mereka merasa tidak nyaman.

    Jika keadaan seperti itu yang mereka alami maka hal ini akan berpengaruh pada pengalaman pengguna di website atau blog Anda.

  4. Preferensi Pengguna

    Pengguna memiliki preferensi yang berbeda dalam hal ukuran font, dan beberapa mungkin lebih suka font yang lebih besar daripada yang lain.

    Menawarkan opsi untuk menyesuaikan ukuran font atau menawarkan versi alternatif teks saja dari situs web dapat meningkatkan aksesibilitas dan pengalaman pengguna untuk rentang pengguna yang lebih luas.

Kesimpulan

Ukuran font merupakan faktor penting dalam aksesibilitas situs web di perangkat seluler, dan menggunakan ukuran font yang lebih besar dapat membantu meningkatkan keterbacaan.

Anda dapat mengubah teks besar menjadi kecil dengan bantuan pembuat teks kecil, ukuran target sentuh, dan pengalaman pengguna secara keseluruhan untuk semua pengguna, termasuk mereka yang cacat.

Ambil Kesempatan Selagi Ada Peluang, Walau Peluang itu Tidak Membuatmu Sukses. Setidaknya Kamu Pernah Mendapatkan Kesempatan. ~ DigitalPoin

Posting Komentar