Skip to main content
Menu

Mengatur Gaji Bulanan yang Minim Agar Irit

Mengatur Gaji Bulanan yang Minim Agar Irit

Jika kita memiliki gaji atau penghasilan pas-pasan, mungkin kita akan mengalami kesulitan dalam mengatur gaji bulanan

Baca Juga

Jika kita memiliki gaji atau penghasilan pas-pasan, mungkin kita akan mengalami kesulitan dalam mengatur gaji bulanan. Untuk menggunakannya pun hanya sebatas memenuhi kebutuhan yang paling utama saja, tidak bisa digunakan untuk ini dan itu. Dengan memiliki gaji yang minim atau pas-pasan tersebut, tentunya kita akan sering kehabisan uang belanjaan dan tidak mencukupi sampai akhir bulan.

Jadi serba bingung dalam mengatur gaji bulanan yang minim untuk segala kebutuhan yang kita inginkan. Kalau buat yang masih single atau jomblo, mungkin masih bisa tidak terlalu peduli dengan segala kebutuhan hidup, namun bagi yang sudah berkeluarga apalagi yang mempunyai anak, kebutuhan uang tentunya menjadi perioritas utama yang harus terpenuhi karena banyaknya kebutuhan yang diperlukan.

Namun bagaimana jika gaji bulanan yang dimiliki terlalu minim sehingga tidak bisa memenuhi segala kebutuhan yang diharapkan? Untuk mengatur keuangan dari hasil gaji yang terlalu minim mungkin juga terlalu sulit, namun bagaimanapun juga mengatur keuangan keluarga atau diri sendiri sangat perlu dilakukan. Jika gaji bulanan terlalu minim untuk digunakan, dibawah ini ada beberapa cara dalam mengatur gaji bulanan agar bisa digunakan secara maksimal dan mungkin juga bisa memenuhi kebutuhan lainnya yang diinginkan;

Mengatur Gaji Bulanan yang Minim Agar Irit

Cara Mengatur Gaji Bulanan Agar Irit

1. Membuat Anggaran Bulan

Mengatur keuangan dalam anggaran bulanan sangat perlu dilakukan meskipun keuangan kita mepet atau pas-pasan. Dengan membuat anggaran bulanan akan mudah diketahui kebutuhan apa saja yang perlu dilakukan sehingga akan meminimalkan pengeluaran yang tidak perlu dilakukan. Untuk daftar anggaran sendiri setiap orang atau rumah tangga tentunya berbeda-beda, misalnya anggaran untuk lauk pauk, tagihan listrik, cicilan-cicilan dan kebutuhan anak.

2. Bayar Tagihan

Setiap orang hampir semuanya memiliki hutang piutang yang berupa tagihan atau cicilan harta benda. Jika memiliki tagihan apapun itu bentuknya, alangkah baiknya untuk didahulukan dalam pembayarannya, jangan ditunda, jangan menunggu penghasilan tambahan lainnya. Setiap gaji bulanan keluar, segera bayar tagihan atau cicilan tersebut agar tidak menambah beban keuangan.

3. Menabung

Menabung adalah wajib hukumnya dilakukan, menabung adalah salah satu cara terbaik yang sampai saat ini masih digunakan dalam mengatur keuangan. Jangan malas menabung ya, karena menabung juga untuk kebaikan diri sendiri atau keluarga.

4. Perbandingan Pengeluaran Setiap Bulan

Melakukan perbandingan dari setiap pengeluaran yang dilakukan juga sangat membantu dalam mengatur keuangan, misalnya bulan ini pengeluaran yang dilakukan lebih sedikit daripada bulan sebelumnya, maka kita akan mengatur lagi anggaran yang memang benar-benar perlu dilakukan. Sehingga anggaran yang tidak terpakai bisa digunakan untuk tabungan.

Melakukan perbandingan pengeluaran ini juga akan mengetahui kebutuhan atau anggaran yang memerlukan dana yang besar atau kecil. Jika ada anggaran yang terlalu besar yang digunakan untuk satu keperluan, setidaknya bisa mengurangi kebutuhan anggaran tersebut.

5. Bijaklah Menggunakan Gaji

Ketika gajian sudah tiba, tentunya kita sudah membuat banyak perencanaan, sampai-sampai kebutuhan utama terlupakan. Untuk itu, setiap menerima gaji atau penghasilan lainnya, lebih baik gunakan gaji tersebut secara baik-baik. Mentraktir teman atau mengajak teman untuk berakhir pekan lebih baik ditunda dulu, lebih baik dahulukan kepentingan utama.

Itulah beberapa cara dalam mengatur gaji bulanan, meskipun gaji yang didapatkan tidak terlalu banyak, disyukuri dan atur cara penggunaannya seperti yang telah dijelaskan diatas. Semoga bermanfaat.