Skip to main content
Menu

Cara Membuat Fuyunghai Ayam

Cara Membuat Fuyunghai Ayam

Meskipun terlihat sederhana namun untuk membuat fuyunghai ayam ini masih belum ada yang benar-benar bisa

Meskipun terlihat sederhana namun untuk membuat fuyunghai ayam ini masih belum ada yang benar-benar bisa. Mulai dari bentuk yang tidak lembut, tidak tebal dan hasilnya terlalu keras.

Masakan yang bahan dasarnya dari telur ini adalah masakan Tionghoa yang dibuat dari telur yang didadar. Isi dari telur dadar ini bermacam-macam, mulai dari sayuran dan daging. Dengan menggunakan tiga bahan ini, sebenarnya sangat mudah untuk membuatnya.

Cara Membuat Fuyunghai Ayam

Apalagi cara membuatnya hampir sama dengan membuat telur dadar biasa, namun ada sedikit perbedaan dalam pengolahannya. Untuk membuat fuyunghai ada beberapa bahan tambahan yang perlu dilakukan. Salah satunya adalah adanya saus asam manis.

Meski makan tanpa menggunakan saus, namun saat mencocol makanan dengan menggunakan saus asam manis ini akan terasa lebih nikmat. Apalagi jika saus yang digunakan bisa terasa pedas, jadi semakin nikmat.

Untuk membuat masakan Tionghoa ini, berikut resep utama masakan fuyunghai yang perlu disiapkan. Bahan utama yang dibutuhkan juga tidak sulit untuk disediakan yaitu:

  1. 3 butir telur
  2. 1 sendok makan tepung sagu
  3. 1 sendok makan tepung terigu
  4. 100 gram ayam cincang
  5. 1-2 lembar kol diiris tipi
  6. 1 wortel diiris tipis
  7. 1 batang daun bawang diiris
  8. 1/2 sendok teh garam
  9. Bubuk merica secukupnya
  10. Minyak goreng secukupnya

Bahan saus asam manis

Untuk membuat saus asam manis fuyunghai ini ada beberapa bahan yang perlu dipersiapkan yaitu:

  1. 150 ml saus tomat
  2. 1 sendok makan tepung meizena dan larutkan dengan sedikit air
  3. 3 sendok makan gula pasir
  4. 100 ml sari jeruk manis
  5. 3 cm jahe
  6. 2 sendok makan kacang polong

Cara membuat fuyunghai ayam

Setelah semua bahan tersedia dan agar hasil olahan sesuai dengan harapan, berikut langkah-langkah cara membuat fuyunghai yang benar:

  1. Campur telur, tepung sagu dan tepung terigu, larutkan dengan air. Setelah kedua bahan ini larut, masukkan telur dan aduk rata. Setelah semuanya tercampur masukkan merica bubuk dan garam lalu aduk rata hingga semuanya tecampur.
  2. Masukkan ayam yang sudah dicincang dan aduk rata. Selanjutnya tambahkan sayuran yang sudah disiapkan yaitu wortel, kol dan daung bawang. Aduk hingga tercampur semuanya menjadi adonan telur.
  3. Panaskan minyak goreng. Goreng adonan telur hingga matang. Dan tiriskan.
  4. Untuk pembuatan saus: Masukan semua bahan yang sudah disediakan yaitu tomat, jahe yang sudah dibersihkan, sari jeruk dan gula. Masak semua bahan hingga mendidih dan masukkan tepung meizena untuk mengentalkan adonan sehingga menjadi saus. Terakhir, masukkan kacag polong dan angkat.
  5. Untuk penyajian: Taruh telur yang sudah digoreng keatas piring dan tuangkan suas diatas.

Untuk membuat fuyunghai lainnya seperti fuyunghai udang, sosi, daging, mie, dan sebagainya cukup menggunakan bahan-bahan yang sudah disebutkan diatas. Hany mengganti bahan-bahan yang digunakan saja atau bisa dicampur.

Baca Juga Artikel Lainya:

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]