--> Skip to main content
Menu

Cara Membangun Backlink yang Berkualitas

Cara Membangun Backlink yang Berkualitas

Cara Membangun Backlink yang Berkualitas - Dari beberapa tahun yang lalu backlink masih digunakan untuk meningkatkan kualitas blog, khususnya di halaman pencarian. Namun mencari cara membangun backlink yang berkualitas dan baik untuk blog itu susahnya minta ampun. Kalau dulu, beberapa tahun yang lalu, membangun dan membuat backlink ke blog atau website itu sangat mudah.

Cara Membangun Backlink yang Berkualitas

Seiring perkembangan sebuah website, akhirnya Google memberikan ketentuan khusus dalam membangun backlink untuk blog. Tidak boleh sembarangan, tidak boleh membabi buta, dan tidak boleh melakukan spam, serta lebih menekankan ke relevansi konten dan link yang dipasang. Jika semua itu dilakukan tanpa mengikuti aturan Google maka akan memperburuk blog atau website Anda, khususnya di halaman pencarian Google!

Oleh karena itu, untuk saat ini sangat dibutuhkan langkah-langkah atau strategi yang tepat untuk membangun backlink ke blog. Lantas bagaimana cara membangun backlink yang baik dan meningkatkan peringkat blog?

Meskipun dewasa ini sudah banyak yang mengartikan kalau keberadaan link-link yang berasal dari luar menuju ke halaman blog kita sudah banyak yang mengabaikan, bahkan ada yang mengatakan kalau backlink sudah tidak penting. Itu salah besar! Keberadaan sebuah link untuk sebuah blog masih sangat penting.

Keberadaan sebuah link yang relevan masih menjadi startegi khusus untuk meningkatkan peringkat sebuah blog di search engine. Backlink masih menjadi metode kuno untuk memaksimalkan SEO blog. Lantas bagaimana cara membuat backlink yang baik untuk blog?

Strategi penting dalam memaksimalkan digital marketing melalui sebuah website atau blog adalah dengan melakukan metode SEO atau Search Engine Optimization. Dan salah satu strategi ini adalah BACKLINK! Lantas apa itu backlink? Mengapa backlink ini masih menjadi priortitas utama dalam memaksimalkan perkembangan blog?

Untuk menjawab semua hal-hal tentang backlink hingga bagamaian cara membangun backlink yang berkualitas itu sudah saya jabarkan satu per satu dibawah ini...

Apa itu Backlink?

Pengertian backlink menurut beberapa sumber yang saya baca yaitu tautan atau link yang dipasang di website atau blog lain yang mengarah ke website atau blog tujuan. Contohnya seperti ini, link blog A dipasang di blog B. Dengan memasangan link blog di blog yang lain maka akan membuat blog tersebut semakin baik.

Dikatakan baik apalabila blog yang memasang link tersebut adalah blog yang memiliki nilai kredibilitas yang tinggi. Khususnya di mata Google. Sehingga akan memberikan pengaruh yang kuat untuk blog tersebut.

Namun untuk pengertian secara luasnya, Backlink itu adalah tautan balik atau link balik yang mengarah ke blog utama yang memiliki relevansi konten yang sama atau memiliki topik konten yang sama dengan link webiste atau blog tersebut.

Misalkan seperti ini, blog Anda membahas atau memiliki topik tentang Kesehatan. Maka Anda harus mencari blog dengan topik Kesehatan untuk membangun backlink blog Anda. Dengan memiliki topik pembahasan yang sama, maka semakin bagus nilai blog Anda.

Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Membangun Backlink

Membangun backlink atau tautan balik tidak hanya sekedar memasang link blog kedalam blog orang lain seenaknya. Ada aturan khusus yang harus dilakukan jika ingin blog atau website Anda memiliki peringkat yang lebih baik. Jika Anda ingin membangun sebuah link yang baik yang mengarah ke blog Anda, ada beberapa hal wajib yang harus diperhatikan yaitu:

  • Relevansi konten: Carilah blog yang memiliki konten topik yang sama dengan blog Anda. Semakin mirip atau sama konten yang sesuai semakin bagus untuk blog Anda
  • Website atau blog yang baik: Blog yang baik adalah blog yang memiliki kredibiltas tinggi, khususnya dengan nilia peringkat yang tinggi. Misalkan memiliki Nilai Domain atau Domain Authority yang tinggi diatas 15 - 30 atau lebih. Semakin tinggi Domain Authority sebuah blog atau website yang memasang link blog Anda maka semakin bagus pengaruhnya.
  • Bukan blog spam: Hati-hati dalam memasukkan link blog Anda. Jangan sampai blog yang memasang link tersebut memiliki skor spam tinggi. Karena akan mempengaruhi dan malah akan membuat blog Anda menurun peringkatnya.
  • Bukan blog yang masih baru: Banyak layanan yang menggunakan sebuah link dari blog-blog yang masih baru, dari blog yang masih belum memiliki peringkat. Tidak ada dampak atau pengaruh yang diberikan oleh blog baru tersebut untuk perkembangan blog Anda. Memang tetap ada, namun pengaruhnya sangat kecil sekali. Kecuali blog baru ini benar-benar dioptimalkan juga, baik dari segi konten dan tampilan.
  • Tidak tergesa-gesa: Membangun sebush link untuk blog itu bukan seperti lomba lari. Jika blog atau website Anda masih berumur 1 bulan, biarkan saja dulu tanpa link. Bangun dan optimalkan blog tersebut secara natural terlebih dulu. Perbaiki kontennya, update secara rutin, perbaiki tampilannya dan lengkapi halaman-halaman khusus untuk blog tersebut.

    Dengan memperhatikan blog Anda sendiri, maka kedepannya akan memudahkan Anda dalam melakukan optimalisasi untuk perkembangan blog Anda. Salah satunya adalah dengan membangun link untuk blog tersebut. Jadi harus bersabar yaa...

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, maka setidaknya Anda sudah memiliki gambaran bagaimana membangun sebuah backlink yang baik untuk blog Anda kedepannya.

Cara Mencari Backlink

Bagaimana sih cara mencari backlink itu? Nah tentunya ini menjadi pertanyaan bagi Anda yang ingin membuat backlink untuk blog Anda. Tentunya bukan hal mudah untuk mencari link yang baik yang benar-benar aman untuk blog Anda. Membangun backlink itu bukan hanya sekedar mendapatkan website yang baik tapi aman nggak wesbite tersebut?

Aman disini maksudnya adalah dari segi konten yang ada didalam blog atau website yang dipasang link blog Anda. Oleh karena itu, untuk mencari blog yang baik yang akan dijadikan backlink, ada cara yang bisa Anda lakukan yaitu:

Tools backlink

Beberapa tool yang biasa digunakan untuk mencari backlink yang baik untuk blog Anda bisa Anda cari melalui Google. Gunakan kata kunci tool bakclink, maka Anda akan menemukan beberapa tool rekomendasi yang bisa digunakan untuk mendapatkan backlink yang sesuai dengan blog Anda.

Mulai dari konten yang relevan, peringkat yang tinggi, serta perkembangan blog atau website tersebut akan mudah diketahui dengan menggunakan tool backlink.

Blog Content Sharing

Jika ingin membangun link yang baik tanpa harus memperhatikan relevansi konten, Anda bisa menggunakan blog yang menyediakan content sharing. Maksudnya adalah blog yang menyediakan kolom untuk menulis artikel didalamnya. Biasanya blog-blog seperti ini sudah memiliki peringkat yang baik.

Dengan memanfaatkan blog seperti ini, maka Anda dengan bebas membuat konten atau artikel yang sama dengan topik blog Anda. Beberapa blog yang menyediakan content sharing yaitu Viva,IDN Times, Medium dan sebagainya.

Guest blogging

Sama halnya dengan blog conten sharing, Anda bisa membuat artikel didalam blog orang lain dan memasukkan link blog didalamnya. Namun untuk guest blogging ini biasanya memang berasal dari blog-blog yang benar-benar diurus dengan baik dan tentunya tidak mudah untuk melakukannya karena harus melalui izin dari pemilik blog.

Blog-blog yang menyediakan halaman guest blogging sudah benar-benar yakin bahwa blognya tersebut memiliki peringkat yang baik. Jadi mereka benar-benar selektif dalam menerima artikel dari blog yang lain.

Trik Mudah Membangun Backlink

Dari ulasan diatas, mungkin Anda masih berpikir ulang untuk mencari backlink itu ternyata tidak semudah yang dilakukan. Benar, butuh keahlian khusus yang Anda miliki yaitu benar-benar memahami ilmu SEO. Tanpa ilmu ini akan sangat sulit untuk membangun blog Anda. Apalagi jika Anda menggunakan layanan jasa backlink diluaran sana yang harga sangat mahal namun belum jelas kualitasnya seperti apa.

Nah jika Anda kesulitan dalam membangun sebuah backlink untuk blog Anda, saya ada trik khusus yang sudah dilakukan oleh banyak website besar. Banyak sekali website-website besar menggunakan trik ini yaitu dengan menggunakan Rajabacklink.com

Dengan menggunakan Raja Backlink ini Anda tidak perlu lagi melakukan riset kata kunci, riset relevansi, riset domain authority, dan sebagainya yang cocok dengan blog Anda. Di Raja Backlink semuanya sudah tersedia dengan lengkap dan jelas. Anda bisa langsung menggunakannya sesuai dengan kriteria blog Anda.

Siapa itu Raja Backlink?

Rajabacklink.com adalah salah satu jasa layanan khusus menyediakan jual backlink murah dan terpercaya. Sebagai marketplace pertama yang ada di Indonesia, jasa backlink yang disediakan oleh digital advertising agency ini tentunya sangat legal dan berkualitas.

Didalam Raja Backlink sendiri sudah terdapat ribuat blogger yang memiliki blog-blog dengan kualitas yang tinggi. Karena untuk menjadi bagian dari layanan ini, tidak semua blog bisa terdaftar didalamnya.

Kenapa Memilih Rajabacklink untuk jasa backlink berkualitas?

Ini yang menjadi poin penting kenapa banyak website besar yang menggunakan jasa backlink dari layanan ini. Tentunya bukan tanpa alasan, meskipun banyak sekali penyedia jasa backlink diluaran sana, dilihat dari berbagai faktor tetap layanan ini yang menjadi pilihan karena:

  • Harga lebih bersaing
  • Pilihan Niche yang beragam
  • Bisa di revisi sesuai keinginan
  • Memiliki metode pembayaran yang aman
  • Terpercaya

Darimana Backlink di RajaBacklink.com?

Sebagai marketplace jasa backlink nomer 1 di Indonesia, Rajabacklink sudah memiliki ribuan link yang berasal dari blog-blog terpercaya dengan Domain Authority tinggi dan dengan kualitas blog terbaik. Blog-blog tersebut adalah blog pilihan sehingga tidak akan menimbulkan kekhawatiran dari pengguna layanan ini.

Link-link yang dijadikan backlink di Raja Backlink berasa dari blog yang terdaftar dan selektif. Untuk blog yang ingin menjadi bagian dari Raja Backlink ini harus memiliki kriteria sebagai berikut:

  1. Memiliki konten blog berkualitas
  2. Sering update rutin
  3. Tampilan website user friendly
  4. Memiliki nilai DA/PA yang tinggi
  5. Miliki niche atau topik yang relavan dan beragam
  6. Blog tidak pernah mendapatkan pinalti dari google
  7. Blog tidak pernah menggunakan tehnik blackhat

Untuk penjelasan mengenai layanan jasa backlink ini mungkin Anda masih berpikir hanya sekedar ulasan saja. Untuk lebih jelasnya agar Anda percaya dengan layanan ini, silahkan kunjungin RajaBacklink.com

Kesimpulan

Untuk membangun backlink yang berkualitas, seperti yang sudah diuraikan diatas, memang tidak mudah. Namun menggunakan sebuah jasa backlink akan membuat semuanya menjadi lebih mudah.

Sebagai saran, yang terpenting adalah sebelum menggunakan jasa jual beli backlink alangkah baiknya untuk mengoptimalkan website atau blog And aterlebih dulu. Agar Anda benar-benar paham dengan blog Anda sendiri yang tidak hanya sekedar di isi konten saja. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]