--> Skip to main content
Lampu Marhaban Ya Ramadhan
Info Ramadhan

Cara Mengusir Hewan Pengganggu Di Rumah

Cara Mengusir Hewan Pengganggu Di Rumah

Tikus, Semut, Kecoa, Lalat, bahkan Lipan dan bahkan Ular bisa saja masuk kedalam rumah tanpa sepengetahuan pemilik rumah. Mereka-mereka ini adalah hewan pengganggu yang secara tidak langsung bikin keadaan rumah jadi tidak enak dipandang. Semut saja, hewan kecil ini terdiri dari beragam jenis yaitu semut hitam dengan ukuran yang akan besar, semut kecil warna agak kecoklatan yang sukanya gigit, dan semut putih yang kalau dipites mengeluarkan bau tidak sedap.

Bagaimana dengan yang satu ini, iyes tikus! Hewan pengerat ini selain mengeluarkan aroma yang benar-benar tidak sedap, juga sangat bikin kondisi rumah menjadi tidak sehat. Tikus rumahan ada dua jenis yang biasa kita temukan, mereka ada yang dibawah atau yang biasa disebut tikus curut yang baunya minta ampun. Dan satunya lagi tikus atas. Meskipun dirumah sudah ada kucing belum tentu si kucing mau makan tikus.

Kucing-kucing sekarang itu sudah ngga suka berburu dan makan tikus. Kalau pun ketangkap tikusnya paling hanya dibuat mainan. Wis seperti film Tom and Jerry, si kucing maunya makan tikus terus, dikejar kesana kemari, tapi gak pernah ketangkep. Mulai dari anak saya masih bayi sampai sekarang sudah kelas 1 SMP, masih saja tuh tikus mengganggu kucing. Bahkan sekarang sudah ada film layar lebarnya.

Selain semut dan tikus adal lagi hewan pengganggu di rumah yang bikin jijik untuk menangkapnya yaitu kecoa. Kecoa ini adalah hewan yang sangat kotor, sama dengan lalat, ditubuhnya terdapat ribuan bakteri dan kuman yang selalu mereka bawa dan menempel dimana-mana termasuk di makan dan tempat makan. Kecoak tidak bisa dibasmi dengan apapun kecuali dengan racun serangga.

Apalagi jika sampai ada ular atau lipan yang masuk kedalam rumah, masuk ke kamar tidur atau dimana saja dan bersembunyi didalam sana. Tentu menjadi susaatu yang menakutkan. Kalau kecoa, semuat atau tikus mungkin mereka tidak menggigit atau mengeluarkan racun. Bagaimana dengan ular dan lipan? Selain menggigit, kedua hewan ini jika bisa mengeluarkan racun yang membahayakan bagi tubuh.

Bagaimana Cara Mengusir Hewan Pengganggu ini di Rumah?

Cara termudah adalah dengan membeli racun serangga dalam bentuk semprotan yang biasanya di jual di supermarket. Contohnya adalah merek HIT atau Baygon semprot untuk membasmi atau mengusir hewan-hewan tersebut. Namun jika terlalu sering menggunakan racun serangga ini, juga tidak baik untuk kesehatan.

Untuk mengusir hewan pengganggu tersebut, sebenarnya bisa menggunakan cara alami yang tidak membahayakan anggota keluarga di rumah. Bahkan sangat aman digunakan dan ampuh untuk mengusir serangga. Berikut cara mengusir serangga di rumah:

  1. Cara mengusir tikus : Taburkan serbuk lada hitam atau bubuk kopi ditempat dimana tikus biasanya datang. Dengan menaburkan bahan-bahan ini, tikus akan menjauh. selain itu gunakan bunyi-bunyi seperti jangkrik, maka tikus tidak akan berani datang lagi.
  2. Cara mengusir rayap : Sediakan air kapur sirih, dan semprotkan pada kayu yang ada rayapnya. Rayap akan mati kepanasan. Jika ingin mencegah rayap datang lagi, siram dengan oli bekas ditempat rayap berada. Maka rayap tidak akan mau makan kayu itu lagi.
  3. Cara mengusir lalat : Gunakan daun pandan atau lavendr untuk mengusir lalat. Untuk daun pandan, iris kecil-kecil dan letakkan pada area yang sering dihinggapi lalat. Selain menggunakan daun pandan dan bunga lavender ini, gunakan dan nyalakan lilin lalu tempatkan ditempat lalat biasa hinggap.
  4. Cara mengusir kecoa : Taburkan ditempat kecoa berada dengan irisan daun salam atau serbuk kopi. Kecoa tidak akan bernai datang lagi.
  5. Cara mengusir semut : Gunakan garam, bubuk lada dan bedak talk. Taburkan ditempat semua berada. Selain itu gunakan kapur ajaib yang bisa dibeli di supermarkat. Maka semut tidak akan mau datang lagi.
  6. Cara mengusir nyamuk : Gunakan daun lavender dan daun serai. Letakkan ditempat nyamuk hinggap, maka nyamuk tidak akan mau datang lagi. Selain itu jangan menggunakan warna gelap disemua ruangan agar nyamuk tidak datang lagi.
  7. Cara mengusir lipan : Taburkan garam dan merica untuk mencegah lipan masuk kedalam rumah.
  8. Cara mengusir ular : Caranya sangat mudah, semprotkan selalu parfum didalam rumah karena sebenarnya ular tidak suka dengan bau-bau wangi.
  9. Cara mengusir cecak : Sediakan kapur sirih dan tempelkan kapur diujung lidi. Lalu berikan ke cecak, jika cecak makan kapur sirih tersebut, cecak akan jatuh.
  10. Cara mengusir serangga kecil : Gunakan racun serangga elektrik atau matikan lampu. Karena serangga kecil ini biasanya bergerombol di lampu yang menyala.

Dengan mengusir serangga dari dalam rumah maka rumah menjadi sehat dan aman. Meskipun kecil, ada juga serangga yang tidak enak jika mengeluarkan bau-bau yang tidak sedap. Dengan menggunakan tips cara mengusir hewan pengganggu diatas setidaknya serangga atau hewan yang tidak disukai sudah tidak ada lagi. Semoga bermanfaat.

Roni
Penulis:
Roni
Tebarkan kebaikan walau hanya sedikit setidaknya itu berman…

2 komentar

  1. Pipit Piharsi
    Terimakasih infonya, mas
    kebetulan di rumah lagi banyak lalat seliweran, duh ngeselin.
    • Roni
      Langsung pites saja mbak kalau wis ketangkep, biar gak tuman hehehe
    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]