Saran Pencarian

Resep Mie Gomak Kuah Khas Batak

Resep Mie Gomak Kuah Khas Batak
Saya baru tahu yang namanya mie gomak ini, ternyata banyaknya budaya yang ada di Indonesia menjadikan negeri ini juga kaya akan aneka kuliner
Resep Mie Gomak Kuah Khas Batak

Saya baru tahu yang namanya mie gomak ini, ternyata banyaknya budaya yang ada di Indonesia menjadikan negeri ini juga kaya akan aneka kuliner. Dan salah satu kuliner istimewa menurut saya meskipun belum pernah mencicipi adalah mi gomak. Kenapa istimewa? Karena mie adalah favorit saya.

Karena penasaran dengan mi yang satu ini, sayapun mulai menelusuri google untuk mencari info tentang mie gomak ini. Ternyata sudah banyak yang membahas tentang mi yang merupakan masakan khas Batak ini yaitu didaerah Sibolga dan Tapanuli.

Kenapa Dinamakan Mie Gomak?

Selidik punya selidik ternyata dinamakan seperti itu karena cara membuat mi gomak yang sebenarnya itu dilakukan dengan digomak atau digenggam dengan tangan. Namun untuk saat ini untuk membuat mi ini sudah menggunakan cara modern yaitu menggunakan pengaduk dari sendok atau lainnya dan bukan dari tangan lagi.

Begitu juga untuk mengkonsumsi mi ini, menurut sembur yang saya baca, mie ini terasa lebih nikmat jika dimakan menggunakan tangan dan bukan menggunakan sendot, garpu atau sumpit.

Untuk penyajiannya dalam pembuatan mie ini ada dua variasi yaitu bisa dengan menggunakan kuah, seperti mie kuah namun tidak terlalu banyak kuahnya. Dan disajikan dalam bentuk keringan seperti mie goreng alias tanpa kuah. Untuk menambah cita rasa pada mie gomak, biasanya untuk bumbunya menggunakan bumbu andaliman yaitu bumbu khas Batak. Andaliman sendiri merupakan merica khas Batak yang sering digunakan disana atau semua kuliner dari Sumatera Utara.

Bagaiman Cara Membuat Mi Gomak?

Dari beberapa sumber yang saya dapati, saya coba untuk membuat mi gomak kuah sendiri dirumah dan hasilnya belum sempurna hihihi karena dalam pembuatannya kurang tepat. Karena saya membuatnya yang berkuah, kuah yang ada lebih banyak sehingga terasa mie kuah :)

Untuk resep mie gomak kuah ini saya dapatkan di Cookpad, disana banyak sekali resep mie gomak dan saya pilih salat satu.

Bahan-bahan untuk membuat mi Gomak:

  • Setengah Kilo mie lidi
  • Santan atau bisa menggunakan santan kara 1 bungkus
  • Air 1 liter
  • Daun bawang diiris
  • 1 butir telur ayam
  • Garam secukupnya

Bahan-bahan untuk ditumis:

  • 2 potong labu, diiris dadu atau sesuai selera
  • 1 ikat sawi, dipotong sesuai selera
  • 3 siung bawang merah
  • 1 siuang bawan putih

Bahan-bahan untuk kuah yang dihaluskan:

  • 10 buah cabe rawit. Jika ingin lebih pedas lagi bisa ditambah sesuai selera
  • 5 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 1 ruas kunyit
  • 1 ruas jahe

Cara membuat

  1. Rembus air sampai mendidih dan masukkan mie kedalam air yang sudah mendidih. Aduk mie hingga agak matang. Jika mie sudah agak matang, angkat dan tiriskan. Lalu cuci mie dengan air bersih. Air hasil rebusan mie jangan dibuang.
  2. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum dan masukkan labu dan sayuran hingga layu. Tambahkan 1/2 sdm garam kedalam tumisan. Masukkan mi dan aduk rata hingga masak. Jika sudah masak, tempatkan mie kedalam mangkok atau piring.
  3. Tumis semua bahan kuah yang sudah dihaluskan dan tambahkan minyak secukupnya. Aduk hingga matang. Lalu masukkan air hasil rebusan mie dan 1 gelas air. Aduk hingga mendidih. Lalu masukkan santan, daun bawang yang sudah diiris, dan telur. Tambahkan garam secukupnya. Lalu aduk hingga rata agar santan tidak pecah.
  4. Cicipi rasa, jika ada yang kurang, bisa ditambah sesuai dengan selera.
  5. Setelah mendidik, masukkan kuah kedalam mangkok yang sudah ada mie.
  6. Mie gomak siap disajikan.

Langkah-langkahnya seperti itu untuk membuat mi gomak khas Batak ini, memang kalau membaca resep dan cara membuatnya agak ribet. Tapi kalau bahan sudah tersedia semua, caranya cukup mudah untuk dilakukan. Selamat mencoba ya...

Belajar untuk menjadi lebih baik lagi...

2 komentar

  1. Rasanya jadi pingin coba resepnya nih..
    1. Silahkan dicoba mas :)