Skip to main content

Cara Memasang Ekstensi IDM di Browser Chrome

Cara memasang ekstensi IDM di browser Chrome dan Firefox terkadang bikin susah dan apalagi saat penginstalan aplikasi ini selesai dilakukan. Biasanya sesudah memasang aplikasi ini langsung terpasang juga ekstensi IDM di browser Firefox dan Chrome. Namun terkadang untuk browser Chrome sering terjadi kendala, yaitu ekstensi gagal terpasang. Bagaimana agar ekstensi IDM terpasang di Chrome?

Cara Memasang Ekstensi IDM di Browser Chrome

  1. Apa Itu IDM?
    Sedikit mengulas tentang Internet Download Manager atau yang biasa disebut IDM adalah aplikasi yang fungsinya digunakan untuk memudahkan melakukan download atau mengunduh file di Internet. Dengan menggunakan aplikasi pengunduh berbagai macam file ini memudahkan kita mendapatkan semua file yang ingin di download dan menyimpannya secara langsung di file komputer Anda.
  2. Cara Memasang IDM
    Apakah perlu memasang IDM? Terserah Anda karena di browser komputer atau laptop Anda sendiri sudah ada aplikasi downloadnya. Namun aplikasi download bawaan browser ini kurang maksimal untuk mengunduh file-file ukuran besar, terlalu lambat. Sehingga untuk saat ini salah satu aplikasi yang menurut saya sangat baik dalam mengunduh atau mendownload file-file dengan ukuran besar adalah IDM, Internet Download Manager.

    Jika Anda ingin menggunakan IDM untuk proses download, buka di situs resminya yaitu https://internetdownloadmanager.com. Anda bisa menggunakan yang versi Gratisannya dulu, kalau ada uang silahkan beli. Setelah mendownloadnya, langsung pasang (install) di komputer dan ikuti prosesnya sampai selesai.
  3. Cara Memasang Ekstensi IDM
    Meskipun aplikasi IDM sudah terpasang namun masih belum bisa digunakan secara langsung atau secara otomatis. Karena Anda juga harus memasang ekstensi IDM ini. Jika ekstensi ini tidak terpasang maka proses download menjadi tidak lancar dan tidak otomatis. Bahkan bisa menggunakan aplikasi download bawaan yang prosesnya sangat lambat.

    Saya sudah memasang aplikasi IDM tapi ekstensinya tidak terpasang, bagaimana caranya?
    Jika file ekstensi IDM tidak terpasang secara otomatis, bahkan sudah mengikuti beberapa panduan yang sudah ada dengan menggunakan cara drag and drop file IDMGCExt.crx di folder Internet Download Manager. Cara drag and drop file IDMGCExt.crx memang sering digunakan namun lebih sering gagal. Kenapa gagal memasang file IDMGCExt.crx? Karena ada pembatasan dari Chrome sendiri dalam memasang ekstensi secara manual.

    Jika memasang ekstensi IDM dengan cara diatas gagal, maka cara terbaik adalah dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini. Cara ini adalah cara termudah alias gak pake ribet dan gak perlu drap file IDMGCExt.crx, yaitu:
  4. Ekstensi IDM di Browser Chrome Lain
    Jika Anda aktif di lebih dari satu browser Chrome, maka Anda tidak perlu memasang ekstensi IDM dari awal seperti cara yang telah dijelaskan diatas. Anda cukup mengaktifkan ekstensi IDM yang sudah terpasang. Ekstensi IDM hanya aktif secara otomatis pada browser dimana ekstensi tersebut dipasang pertama kali.

    Oleh karena, untuk browser Chrome yang lain Anda cukup mengaktifkannya saja. Caranya seperti berikut:
    Pada browser Chrome yang lain, akan ada notifikasi warna kuning di pojok kanan atas. Buka saja notifikasi tersebut. Notifikasi itu menunjukkan kalau ada ekstensi yang baru dipasang namun belum aktif. Untuk mengaktifkannya, ikuti panduan pada gambar dibawah ini:

    Ekstensi IDM

    Klik pada icon notifikasi

    Ekstensi IDM

    Aktifkan ekstensi

  5. Memasang Ekstensi IDM di Chrome Web Store
    Untuk memasang ekstensi di Chrome sebenarnya bisa langsung dilakukan, begitu juga ekstensi IDM. Namun ekstensi IDM di chrome web store tidak pernah ditemukan meskipun sudah menggunakan pencarian. Di hasil pencarian yang muncul hanya ekstensi IDM yang berbeda. Oleh karena itu, memasang ekstensi IDM di web store tidak bisa dilakukan.
  6. Kesimpulan
    Untuk kenyamanan dalam pengunduhan sebuah file di internet seperti foto, video, atau software maka IDM adalah salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk mendownload file-file tersebut. Dan agar aplikasi IDM bekerja secara maksimal maka ekstensi file IDM untuk browser juga harus terpasang agar proses download bekerja secara otomatis.
Demikian cara memasang ekstensi IDM di browser Chrome yang bisa Anda lakukan dengan baik dan dipastikan 100% berhasil. Selain cara diatas, cara lama seperti yang saya sebutkan dengan mendrag file IDMGCExt.crx ke kolom ekstensi browser, belum tentu berhasil. Semoga bermanfaat.

2 Komentar

  1. Duli saya pasang idm ini. Sekarang mungkin krn udah agak cepet jaringan jadi lupa dgn idm. Hehe.
    Padahal bisa lebih cepet kali ya klo pake idm.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk download menggunakan browser langsung terkadang memang lebih cepat mang

      Hapus