--> Skip to main content
Lampu Marhaban Ya Ramadhan
Info Ramadhan

Memasang dan Menampilkan Foto Profil Blogger Terbaru

Memasang dan Menampilkan Foto Profil Blogger Terbaru

Memiliki blog dengan menampilkan foto profil secara lengkap sangat besar manfaatnya, salah satunya adalah mudah diketahui pemiliknya. Jika orang lain sudah mengetahui pemilik blog tersebut, maka mereka juga lebih mudah untuk berkenalan dengan memanggail nama sebutan. Meskipun namanya yang dipasang meragukan antara laki atau perempuan, namun jika foto profilnya nampak, maka orang lain akan tahu kalau nama tersebut adalah perempuan atau laki.

Namun jadi bingung juga kalau foto dan nama atau data profilnya membingungkan, misalkan fotonya pemandangan, namanya xyz, jenis kelamin tidak disebutkan atau tidak ada data diri secara lengkap. Untuk menyebut nama, panggilan mbak, panggilan mas, jadi bingung. Akhirnya dipanggil lah dengan sebutan gan atau agan yang dasar katanya berasal kata juragan. Padahal dengan menyebut sesuai nama itu terasa lebih nyaman dan lebih akrab. Misalkan menyebut dengan sebutan mas, mbak, teteh, kang, apalagi disertai dengan namanya mas Roni, mas Sant, teh Vina, mbak Gemul, kang Asep, kang Ujang, kang Maman, lebih enak didengar atau dibaca gitu. Daripada menyebutnya dengan sebutan gan atau agan, apalagi tanpa ada sebutan apap-apa, jadi kaku.

Apalagi seorang blogger aktif, setidaknya menampilkan foto profil yang sesuai dengan jenis kelamin itu lebih baik dilakukan. Atau jika foto yang ditampilkan adalah pemandangan, setidaknya namanya juga jelas, nama cewek atau nama cowok. Seperti foto saya ini, foto profil saya adalah gambar singa dan nama saya yang tampilkan adalah nama saya sendiri yaitu Hamza. Kenapa memilih singa? Karena saya suka singa. :)

Selain bisa mudah dalam penyebutan panggilan, memasang foto profil blogger juga memberikan keuntungan yang lainnya yaitu mudah terkenal dan memudahkan bekerja sama dengan yang lainnya. Misalkan dalam bekerjasama, orang lain tidak akan berpikir 1000x jika foto profil terpasang dengan benar dan sesuai. Jika tanpa foto profil biasanya orang akan merasa khawatir atau ragu untuk bekerjasama karena khawatir di tipu.

Oleh karena itu dengan memasang atau menampilkan foto profil blog ataupun di sosial media seperti facebook, jika tidak ada tujuan apapun, alangkah baiknya untuk menampilkan foto diri sendiri atau paling tidak nama yang ditampilkan adalah nama sendiri. Kecuali ada tujuan atau alasan lain untuk tidak menampilkan foto atau nama profil, yang mungkin adalah privasi yang tidak boleh ditampilkan secara langsung.

Sehungan dengan photo profil ini, ada teman saya yang juga penulis di blog Digital Poin ini, menanyakan ke saya seperti percakapan dibawah ini:

Ning Deasy : "Mas Hamza, kok foto profil saya tidak tampil ya?".

Hamza : "Tidak tampil disebelah mana mbak?".

Ning Deasy : "Dibawah artikel yang saya tulis mas, kalo fotonya mas Hamza dan mas Roni kan tampil tuh, foto saya tidak tampil".

Hamza : "Mbak Ning sudah memasang fotonya belum?".

Ning Deasy : "Sudah mas, saya sudah upload di data pribadi yang ada di akun google yang di kolom info pribadi itu".

Hamza : "Kalau di profil blogger sudah dipasang juga mbak? Karena meskipun sudah memasang foto di akun googlenya itu, belum tentu di blogger juga tampil mbak. Coba mbak Ning pasang juga, untuk masangnya ada di menu Setela blognya mbak, scroll kebawah dan ada link dengan tulisan Profil pengguna, klik saja dan atur profil bloggernya termasuk memasang foto yang akan digunakan."

Ning Deasy :"Oh, kirain sudah bisa tampil juga mas. Oke saya cek dulu mas, terimakasih sebelumnya".

Cara Menampilkan Foto Profil Blogger Terbaru

Jika teman-teman mengalami seperti yang dialami oleh mabk Ning ini yaitu foto profil blogger tidak tampil, dibawah ini ada beberapa langkah yang bisa teman-teman blogger bisa lakukan untuk memasang dan menampilkan foto profil

  • Buka dashboard blogger
  • Klik menu Setelan (Setting)
  • Scroll kebawah dan dibagian menu Umum ada 2 pilihan yaitu Gunakan Draft Blogger dan Profil Pengguna. Silahkan aktifkan dulu Gunakan Draf Blogger dan Klik link pada Profil Pengguna
  • Setelah mengklik pada Profil Pengguna, maka akan terbuka halaman Edit Profil Blogger dengan link https://draft.blogger.com/edit-profile.g
  • Silahkan atur profil blogger di halaman Edit Profil Blogger ini. Banyak opsi yang bisa dilakukan dihalaman ini. Termasuk memasang foto yang ada di menu Foto Profil
  • Upload foto yang sesuai dengan keinginan
    Menampilkan foto profil blog
  • Setiap perubahan yang dilakukan di halamaan Edit Profil ini jangan lupa untuk menyimpan perubahan yang sudah dilakukan dengan cara klik tombol Simpan Profil dibagian bawah.

Untuk melihat hasilnya, silahkan buka salah satu artikel blog Anda jika didalam artikel tersebut dipasang script foto profil blogger atau seperti yang terlihat pada profil mbak Ning dibawah ini:

Sebelum:

memasang foto profil blog

Sesudah:

Memasang dan Menampilkan Foto Profil Blogger Terbaru

Jika tidak memasang script profil blogger maka foto tidak akan bisa tampil. Untuk memasang scriptnya, silahkan baca di artikel Cara Memasang Script Foto Profil Blogger

Tambahan dari saya, saya dan mbak Ning adalah penulis di blog ini. Kami berdua menulis dengan suka-suka saja dan tentunya mendapat undangan dari mas Roni sebagai pemilik blog Digital Poin ini. Jika teman-teman ingin menulis artikel di blog ini, silahkan hubungi kami di halaman contact dan nantinya akan diundang oleh mas Roni.

Hamza Irawan
Penulis:
Hamza Irawan
Sosmed optimasi | Video creator | Writer magic

2 komentar

  1. Andie
    Dulu saya sempat bingung pakai blogger profile yang langsung connect ke G+ paling malas tu dan ga pernah pakai..

    Karena saya blogger jadul, jadi tau bedanya kapan pake google account dan account blogger :))
    • Roni
      Dan bersyukur ya bang sekarang G+ sudah ditutup. Kalau sekarang setidaknya sudah menggunakan yang lebih benar-benar diperlukan untuk menampilkan profil blog.
    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]