Saran Pencarian

Template Sora Cart Toko Online Dengan Mata Uang Rupiah dan Whatsapp

Template Sora Cart Toko Online Dengan Mata Uang Rupiah dan Whatsapp
Ada yang mau gratis template toko online Blogspot dan dilengkapi dengan cart rupiah, order via Whatsapp dan email. Mau? Download saja langsung.
Ada yang mau template Sora Cart dengan mata uang rupiah dan order via Whatsapp? Mau? Download saja langsung. Eits tapi ada syaratnya loh. Apa syaratnya? Baca saja dulu artikel ini ya.. Syarat dan cara downloadnya ada dibawah kok. Jadi baca saja dulu pelan-pelan artikelnya karena ada panduan khusus yang harus kalian ikuti. Yaitu panduan cara melakukan setting pada template toko online ini.

Template Sora Cart Toko Online Dengan Mata Uang Rupiah, Whatsapp, dan Email
Sebelumnya saya beri tahu dulu ya, template ini bukan milik saya, bukan saya yang bikin. Template ini adalah template toko online Sora Cart yang terkenal itu. Kalau belum tahu, coba deh search di Google, Template Sora Cart, pasti akan ditemukan banyak blog yang membahas template ini. Termasuk pemilik template blog ini yang membahas secara langsung di blognya. Namun ada beberapa settingan yang membuat penggunaan template ini menjadi tidak sesuai dengan blogger Indonesia yaitu mata uang dan proses pembayaran produk.

Jika Anda menggunakan versi asli dari template Sora Cart ini maka mata uang yang digunakan pada setiap produk adalah dollar dan mata uang lainnya. Sedangkan mata uang rupaih tidak digunakan. Begitu juga dengan proses pembayaran, di template Sora Cart menggunakan metode pembayaran PayPal. Dengan adanya 2 opsi ini, maka template Sora Cart tidak bisa digunakan di Indonesia.

Oleh karena itu, saya coba melakukan edit untuk menambahkan mata uang rupiah dan mengganti link ke PayPal menjadi link ke Whatsapp. Sehingga dengan adanya perubahan ini membuat template toko online ini bisa digunakan oleh blogger-blogger Indonesia. Namun perubahan untuk ke link Whatsapp tidak seperti toko online yang menggunakan form Whatsapp yang sudah saya share sebelumnya. Hanya berupa link pesan saja.

Selain mengganti mata uang dan metode pembayaran, saya juga mengganti menu vertikal dan mega menu yang digunakan pada template ini. Karena pada bagian menu ini juga membuat pengguna template bingung cara menggunakannya. Untuk menu blog saya ganti dengan tampilan sederhana yaitu menu horizontal dropdown.

Download Template Toko Online Blogspot Gratis

Template toko online Sora Cart ini bisa Anda dapatkan secara gratis, tis. Tidak perlu bayar namun Anda juga harus berkomitmen untuk tidak meperjualbelikan template ini karena template ini memang awalnya gratis meskipun ada versi premiumnya. Dan yang saya edit ini bukan versi premium tapi versi Gratis. Kalau yang versi gratis di edit-edit kan gak apa-apa ya? hehehe. Anggap saja gak apa-apa dan sebagai proses saya belajar dan saya tidak menjualnya.

Demo Homepage Download Demo Produk

Cara Setting Template
Penggunaan template ini sebenarnya sangat mudah dilakukan daripada mengeditnya, begitu juga untuk setting pada bagian-bagian yang ada pada template ini. Mulai dari bagian header sampai footer, semuanya bisa dilakukan. Namun masih banyak yang mengalami masalah dan bingung untuk mengatur settingan dan tampilannya. Oleh karena itu, dibawah ini sudah saya sertakan cara mengatur tampilan template Sora Cart versi saya ini. Silahkan baca-baca panduannya dibawah ini

Berikut langkah-langkah dalam melakukan setting atau pengaturan pada template ini:
  1. Download dulu kode templatenya, ada di tombol atas tuh
  2. Buat blog toko onlinenya di Blogger ini. Baca panduan Cara Membuat Blog
  3. Jika sudah selesai membuat blog. Langsung lakukan pengaturan pada deskripsi blog yaitu dengan mengaktifkan deskripsi blog. Baca panduan Cara Mengaktifkan Deskripsi Blog.
  4. Buat Halaman baru untuk 2 halaman Pembayaran dan Halaman Daftar Belanja. Untuk membuat Halaman ini, buka menu Halaman (Pages) dan buat halaman dengan judul Daftar Belanja dan halaman yang lain dengan judul Pembayaran.

    Ingat, hanya membuat halaman saja dan tanpa perlu mengisi apapun di kolom artikel. Dan dibagian Pengaturan sebelah kanan, tandai bagian Komentar untuk Jangan Bolehkan. Pengaturan seperti gambar dibawah ini:

    Pengaturan Halaman Pembayaran
    halaman pembayaran

    Pengaturan Halaman Daftar Belanja
    halaman daftar belanja

    Dan contoh hasil link halaman keduanya seperti berikut:
    https://namablognya.blogspot.com/p/pembayaran.html
    https://namablognya.blogspot.com/p/daftar-belanja.html
  5. Ekspor contoh artikel produk. Sebelum melakukan ekspor, download dulu filenya Disini.
    Selanjutnya lakukan ekspor file kedalam blog. Baca panduannya Cara Memindahkan Seluruh Artikel Blog.
  6. Pasang template blog di menu Tema. Baca panduan Cara Memasang Template Blog.
  7. Setelah memasang template. Cari dan ganti kode-kode dibawah ini. Panduan cara mencari kode template baca Cara Mencari dan Mengganti Kode Template Blog.

    Cari kode gantidenganemailmu@gmail.com, ada 2 kode yang harus diganti dan ganti dengan email Anda. Setelah diganti, Simpan tema. Perhatikan hasil pencariannya pada gambar dibawah ini:

    kode template sora cart

    Cari kode 62821122334455. Ada 2 kode yang harus diganti. Kode ini adalah nomor ponsel yang harus diganti dengan nomor ponsel Anda yang sudah memiliki akun Whatsapp. Kode lengkap dari kode 62821122334455 adalah seperti berikut:
    https://wa.me/62821122334455?text=Saya%20ingin%20memesan%20bajunya%2C%20bagaimana%20caranya%3F

    kode template toko online

    Simpan tema setelah mengganti kode template.
  8. Jika berhasil dilakukan dengan baik, mulai dari membuat blog, ekspor artikel blog, dan mengganti kode template blog seperti yang telah dijelaskan diatas, maka Anda sudah memiliki toko online dengan tampilan yang sama seperti contoh demo diatas. Jika tidak berhasil, maka ada yang salah dan silahkan lakukan lagi sampai berhasil.
  9. Membuat artikel produk
    Untuk membuat artikel produk, buka halaman Postingan. Disana sudah ada contoh-contoh artikel produk yang bisa Anda contoh untuk membuat artikel produk Anda sendiri. Perhatikan cara penulisannya dan pemasangan gambar dalam artikel. Begitu juga kolom pengaturan artikel yang ada disebelah kanan. Pemasangan harga, pemberian diskon pada produk dan deskripsi produk ada di pengaturan tersebut.

    halaman artikel produk

    Penulisan harga terdapat pada kolom Label dengan menulis seperti ini price_Rp1700000, tidak perlu menambahkan tanda titik atau koma di angka rupiah!. Dan jika ada produk dengan kategori yang sama, tulis pada kolom dengan kata yang sama. Misalkan produknya adalah sepatu wanita maka tulis dengan sepatu wanita. Untuk pemberian diskon ditulis seperti ini off@-50% pada kolom Label.
  10. Pengaturan lainnya bisa dilakukan di menu Tata Letak. Silahkan dilihat bagian menu Tata Letak. Beberapa tampilan seperti link sosial media, nomor ponsel, alamat toko online dan mengganti logo bisa dilakukan di menu Tata Letak.

    Untuk mengganti logo. Siapkan dulu logo dengan ukuran 200 x 46 dan Upload Logo di menu Tata Letak

Fitur Template Toko Online Blogspot

Semua fitur yang ada pada template ini masih sama dengan versi aslinya seperti adanya penambahan keranjang belanja produk, daftar belanjaan dan proses pembayaran. Dan ada beberapa fitur yang saya hapus dan saya ganti. Karena fitur-fitur ini membuat pengguna template toko online bingung. Fitur yang saya hapus adalah Mega Menu dan mengganti fitur mata uang serta proses order produk dan menghapus nomor halaman atau Number Page Navigation.
  1. Mata Uang Rupiah
  2. Proses Order Menggunakan Email
  3. Proses Order Menggunakan Whatsapp
  4. Tampilan Responsive atau Mobile Friendly
  5. Struktur Data Template Valid
  6. Tampilan Keren dan Sederhana
  7. Lebih Mudah Digunakan
  8. Gratis
Fitur lainnya? Kalau ada waktu santai, kemungkinan besar akan saya update menjadi lebih baik lagi seperti memperbaiki loading blog menjadi lebih cepat lagi, mengganti tampilan menjadi lebih bagus lagi, mengurangi penggunaan script, dan sebagainya. Semoga saja kalau gak lagi males hehehe.

Support
Tidak ada support, gunakan saja template yang sudah saya berikan di link download diatas dan ikuti panduannya. Jangan Baper ya.. Template ini gratis dan tidak ada support langsung dari saya. Jika ingin bertanya-tanya silahkan melalui form komentar dibawah ini.

Update

File template sudah di update dengan pembaruan hanya menggunakan Whatsapp untuk proses checkout.
Ambil Kesempatan Selagi Ada Peluang, Walau Peluang itu Tidak Membuatmu Sukses. Setidaknya Kamu Pernah Mendapatkan Kesempatan. ~ DigitalPoin

35 komentar

  1. wah keren juga ya... ide bagus untuk memulai sebuah usaha onlime dari yang kecil.. :) nice post

    don'forget to follow back om :)
    1. Betul, sedikit demi sedikit akhirnya besae juga usahanya..

      Siap... :)
  2. Wah, jadi minat nih punya took online sendiri...apalagi pake web and template free..
    1. Silahkan dicoba-coba dulu hehee
  3. Cocok banget untuk yang punya toko online, berhubung saya belum punya dan templatenya gratis. Nggak ada salahnya untuk comot dulu templatenya haha.. siapa tau mau ngerintis perdagangan online
    1. Hehehee... Silahkan mas.. Btw, terimakasih sudah masuk listnya mas
  4. mantap jaya, untuk pemilik toko melihatnya dimana kalau ada order?
    1. Ada 2 opsi:
      1. Jika pembeli mengisi form di halaman Pembayaran dan akan masuk ke email penjual.
      2. Jika pembeli mengklik tombol kirim di halaman Pembayaran dan akan terhubung dengan Whatsapp penjual.
  5. siang mas, buat komentar kayak gini ada panduannya kah mas?.

    ini bisa d gunakan blog1 yg belum pakai versi widget 2 kah?
    1. Sore mas Azid,
      Maaf mas, belum bisa buat panduannya, khawatir tidak cocok dengan kode template yang digunakan yang lain meski sama-sama menggunakan template dasar dari Kompi Flexible.

      Bisa mas
  6. mas cara memposting produk baru dengan harga gimana ya
    1. Sudah saya contohkan didalam artikel mas
  7. kok pas mau checkou pake email dia redirect ke wa mulu ya mas, gimana buat ke emailnya?
    1. Karena script yang terpasang adalah script paypal dan belum diganti ke script email.
  8. Bang, Punya saya erro ketika klik kirim pembayaran
    1. Apakah kodenya sudah benar seperti yg saya jelaskan di artikel mas?
  9. Prevez.id
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  10. kok eror ya mas pas mau klik bayar
    1. Sudah saya update file downloadnya, silahkan di download ulang dan pasang ulang file templatenya.
      File update terbaru hanya menggunakan Whatsapp saja untuk proses ordernya.
  11. Gan ... thumbnail pada chart, jika diklik BELI dari halaman posting .. thumbnail nya tidak muncul ... bgmn solusinya Gan ?

    Tks.
    bambang heda
    1. Nanti akan saya update lagi scriptnya karena ada script yang tidak bekerja
    2. Siap Gan ... ane tungguin nih update script nya ..
  12. [img] https://hanyastore.blogspot.com/2021/03/undefined [/img] ...
    di my chart 1 item(s) ... tidak muncul thumbnail nya ...
  13. Thumbnail tidak muncul di : Chart, Daftar Belanja dan Pembayaran .. jika klik beli dari LIHAT DETAIL ..

    https://www.hanyastore.com/p/daftar-belanja.html
    https://www.hanyastore.com/p/pembayaran.html
  14. izin pake pak... oh ia, kalo biar post ada harganya gmn y pak...?
    1. Silahkan mas
      Untuk post silahkan lihat di poin No. 5 diatas.
      Ada contoh post yang harus di upload yang memudahkan untuk mengedit post
  15. mas, support pasang iklan kah template nya..?
    1. Support mas, silahkan digunakan
  16. mas, bikinin artikel ttng cara rubah slider nya dong,,, klw saya gx import konten, slider nya gx ada,, tp klw import konten, slide nya muncul
    1. udah mas,, udah bisa,,,

  17. Maaf mas .. waktu bayar via whatsapp hanya nyambung ke nomor yg saya cantumkan, tapi tidak menyertakan daftar belanjaanya sebagaimana dlm daftar checkout ... mohon pencerahan agar pesan yg dikirim ke wa menyertakan daftar yg dibeli beserta harganya..
    Terima kasih
    1. Kalau untuk menampilkan detail produknya di Whatsapp maka mengganti kode scriptnya mas.

      Saya hanya sebatas memudahkan checkout sederhana saja yang awalnya menggunakan PayPal diganti ke Whatsapp.

      Kalau saya mengganti kodenya semua, maka template ini tidak saya bagikan secara gratis. Maaf sebelumnya 🙏
  18. Maaf mau nanya, ini data order dari pembeli masuknya ke mana?
    ke email kita kok gak ada?
    ke WA malah yg terkirim Bagaimana cara order

    Mohon pencercahannya
    Makasih Mas
  19. Semuanya telah saya ikuti, tapi menu pembayaran n chekout tidak bisa, mohon petunjuk dan terima kasih
    1. Untuk yang tidak bisanya yang mana ini mas?