Skip to main content
Menu

Cara Membuat Blog di Blogspot (Blogger.com)

Cara Membuat Blog di Blogspot (Blogger.com)

Cara Membuat Blog di Blogspot (Blogger.com) Terlengkap & Terbaru - Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat blog terkadang sering diabaikan oleh mereka yang masih baru dan ingin memiliki blog

Baca Juga

Cara Membuat Blog di Blogspot (Blogger.com) Terlengkap & Terbaru - Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat blog terkadang sering diabaikan oleh mereka yang masih baru dan ingin memiliki blog. Untuk itu, bagi Anda yang ingin punya blog perhatikan beberapa ulasan berikut ini agar proses pembuatan blog Anda berjalan dengan lancar dan tidak macet atau terhenti dan ujung-ujungnya blog tidak dikelola dengan baik.

Ingat, yang perlu Anda perhatikan dan benar-benar serius untuk dilakukan adalah pola pikir Anda tentang blog. Jika keinginan dan tujuan awal Anda dalam memiliki blog adalah UANG, maka langkah awal Anda adalah salah. Ubah lah tujuan awal Anda dalam memiliki blog, memang dengan memiliki blog bisa menghasilkan uang jika blog tersebut dikelola dan dipersiapkan mulai dari awal. Jika dari awal blog tidak dikelola dengan baik, bagaimana bisa menghasilkan uang?

Cara Membuat Blog di Blogspot (Blogger.com) Terlengkap & Terbaru
Begitu juga dengan Anda yang menggunakan jasa pembuatan blog, meskipun Anda langsung memiliki blog dan blog langsung jadi, Anda tetap harus mengurus dan mengelolanya dengan baik. Membuat dan memiliki blog yang sudah jadi, tidak hanya sekedar membiarkan blog tersebut begitu saja, tidak hanya membiarkan blog tersebut sudah tayang atau bisa di akses di internet. Bukan seperti itu, memiliki blog itu bukan masalah jangka pendek tapi jangka panjang yang perlu diperhatikan dan dikelola dengan baik.

Untuk lebih jelasnya mengenai tata cara mengelola blog dengan baik agar tetap eksis dan bisa menghasilkan uang secara rutin, silahkan baca Persiapan Sebelum Membuat Blog yang Wajib Diketahui

Cara Membuat Blog di Blogspot (Blogger.com) Terlengkap & Terbaru

Kenapa memilih Blogspot (Blogger.com) dalam membuat blog? Karena untuk yang masih pemula salah satu platform untuk membuat blog yang paling dan sangat mudah dibuat adalah menggunakan Blogspot. Meskipun Anda benar-benar masih baru, dengan menggunakan Blogspot, Anda pasti bisa membuat dan memiliki blog dengan sangat mudah. Jika tidak percaya, silahkan ikuti panduan cara membuat blog di Blogspot berikut ini, dalam 1 menit Anda sudah bisa membuat dan memiliki blog!

Sebelum membuat blog di Blogspot, pastikan Anda sudah memiliki email. Karena Blogspot ini miliknya Google, jadi Anda wajib memiliki email di Gmail.com, jika belum punya silahkan buat email dulu dan jika belum tahu caranya, silahkan baca: Cara Membuat Email di Google Mail (Gmail.com). Dalam membuat blog di Blogger ini, kami pastikan Anda sudah memiliki email.

Berikut Panduan Membuat Blog di Blogspot:
  1. Buka browser di laptop dan login di akun email yang telah Anda buat di https://mail.google.com/mail/
    Cara Membuat Blog
  2. Klik menu Masuk
    Cara Membuat Blog
  3. Masukkan alamat email dan klik Berikutnya
    Cara Membuat Blog
    Cara Membuat Blog
  4. Masukkan kata sandi atau password dan klik Berikutnya
    Cara Membuat Blog
    Cara Membuat Blog
  5. Jika sudah berhasil masuk, biarkan Anda tetap login dengan akun email Anda
  6. Sekarang buka link https://www.blogger.com
    Setelah link https://www.blogger.com terbuka, tampil halaman seperti berikut ini
    Cara Membuat Blog
    Cara Membuat Blog
    Klik menu MASUK atau BUAT BLOG
  7. Anda akan diarahkan untuk login dengan akun Anda, klik saja akun tersebut
    Cara Membuat Blog
    Cara Membuat Blog
  8. Jika anda dalam keadaan Login, klik Berikutnya. Jika tidak dalam keadaan login, masukkan kata sandi atau passwordnya.
    Cara Membuat Blog
  9. Selanjutnya Anda akan masuk kehalaman Selamat datang di Blogger.
    Dihalaman ini, Anda disuruh untuk memilih profil tampilan untuk akun Anda, apakah menggunakan profil Blogger atau profil Google+. Saran kami, lebih baik Anda memilih profil Google+ (Google Plus)
    Cara Membuat Blog
    Cara Membuat Blog
  10. Anda langsung diarahkan ke halaman profil Google+ Anda, langsung saja klik BUAT PROFIL
    Silahkan ganti gambar profil Google+ Anda dan klik SIMPAN
    Cara Membuat Blog
    Cara Membuat Blog
    Cara Membuat Blog
    Cara Membuat Blog
  11. Anda akan diarahkan kembali ke halaman Selamat datang di Blogger
    Isi nama tampilan pada klolm dan klik tombol Lanjutkan ke Blogger
    Cara Membuat Blog
    Cara Membuat Blog
  12. Kini Anda sudah berada dihalaman depan akun Blogger Anda yang disebut Dashboard, seperti tampilan berikut ini:
    Cara Membuat Blog
  13. Biar tampilannya lebih bersih, close atau tutup bagian kolom atas yang berisi tulisan "Undang-undang...."
    Cara Membuat Blog
    Cara Membuat Blog
    Dan klik tombol BUAT BLOG BARU
  14. Selanjutnya akan tampilan halaman seperti berikut:
    Cara Membuat Blog
    1. Judul: Isi dengan judul blog Anda tentang apa? Misalnya blog Anda membahas tentang Bunga, maka judulnya bisa diisi dengan Bunga, Jenis Bunga, Bunga Plastik, Macam Macam Bunga, dan sebagainya. Baca: Cara Memilih Topik (Niche) Blog Agar Blog Dikelola Dengan Baik
    2. Alamat: Isi dengan alamat blog Anda. Alamat pastikan sesuai dengan Judul agar sesuai dengan topik (niche) yang akan dibahas pada blog yang akan Anda kelola. Pastikan Alamat blog tersedia. Alamat blog ini adalah blog Anda dengan subdomain dari Blogspot.
    3. Template: Adalah tampilan dari blog Anda. Pilih saja template sembarang, nanti akan diganti agar tampilan blog lebih baik lagi. Atau baca: Cara Mengganti Template Blog di Blogspot
    Lihat contoh pada gambar berikut:
    Cara Membuat Blog
    Cara Membuat Blog
    Klik BUAT BLOG
  15. Blog Anda sudah jadi, dan langsung masuk ke dashboard blog Anda.
    Jika ada tampilan gambar seperti berikut ini, tutup saja.
    Cara Membuat Blog
  16. Dan berikut tampilan lengkap dashboard blog Anda.
    Cara Membuat Blog
  17. Dalam panduan ini, blog yang sudah berhasil dibuat bisa Anda lihat tampilannya di https://jenisbungafavorit.blogspot.com atau bisa dibuka di jenisbungafavorit.blogspot.com
    Berikut tampilannya
    Cara Membuat Blog
  18. Blog masih belum ada isinya, belum ada artikelnya, belum ada gambarnya, dan belum ada videonya. Untuk lebih lengkapnya, silahkan baca; Panduan Lengkap Membuat Blog
Itulah cara membuat blog di Blogspot yang bisa Anda praktekkan langsung. Namun pastikna sebelum membuat blog, Anda harus menyiapkan terlebih beberapa hal yang dibutuhkan agar Anda tetap semangat dan blog tetap terurus dengan baik.
Untuk menemukan artikel lainnya, gunakan kolom pencarian :

Artikel Terbaru

Baca Juga Artikel Lainya: